Sembilan Orang Ikuti Penyaringan Calon Pegawai Desa Margomulyo

Foto dok. Akuratnews.com.

Posisi staf Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan di Desa Margomulyo Kecamatan Glenmore Banyuwangi, Jawa Timur sedang diperebutkan oleh 9 orang yang mendaftar. Ke-9 orang itu kini sedang mengikuti seleksi ketat.

Banyuwangi, Akuratnews.com - Sembilan calon staf Kaur Pembangunan Desa Margomulyo ini nantinya akan ditempatkan di 4 dusun. Untuk mendapatkan jabatan itu, Ketua Panitia Seleksi Hendra Setiawan mengatakan, proses seleksi dilakukan dengan transparan dan tentunya juga dengan pengawasan yang ketat.

Proses seleksi diawali dengan Ujian tulis, dilanjutkan tes Komputer, yang mana dilaksanakan di Pendopo Balai Desa.

Dalam jadwal pelaksanaan penjaringan calon ini diawali pendaftaran seleksi untuk tertib administrasi.

Hal ini bertujuan untuk menjaga transparansi pelaksanaan penyaringan. Sementara itu panitia memperketat pengawasan, diantaranya mengambil satu orang anggota staf desa untuk membuat soal ujian dan tidak melibatkan anggota lainnya, hal ini juga untuk menjaga kerahasian soal ujian." ujar Ketua Panitia Seleksi, Hendra Setiawan, Rabu (3/72019).

Hendra menjelaskan nanti yang yang dinyatakan lulus administrasi akan ditempatkan satu orang di satu dusun. Dia juga menjelaskan, penyaringan Pegawai Desa ini terdiri peserta laki-laki,perampuan, masing-masing memiliki pendidikan yang mumpuni.

"Saat pelaksanaan tes Jumlah soal yang disiapkan ada 100 pertanyaan berupa pilihan ganda. Adapun materi soal terdiri dari UUD 45, Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Matematika serta keagamaan" imbuhnya.

Hasil akhir ujian tertulis Panitia Penjaringan dan Penyaringan Pegawai Desa saat itu juga langsung merekap nilai ujian. Menurut data yang diperoleh nilai tertinggi dari jumlah keseluruhan nilai yang diraih peserta sudah ditambahkan nilai pengabdian, dedikasi, loyalitas dan sifat tidak tercela (PDLT).

Rangkuman nilai tersebut juga akan dilaporkan panitia penjaringan dan penyaringan kepada Kepala Desa Margomulyo saat hari itu juga.

Panitia juga akan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kepala Desa Margomulyo Aji selaku penanggungjawab mengatakan, jika panitia Penjaringan dan Penyaringan Pegawai Desa betul-betul secara transparan dan tidak ada rekayasa apapun.

Beliau juga berharap Calon Pegawai Desa terpilih untuk siap bekerja dan siap melayani masyarakat, serta segera menyesuaikan dan untuk segera melaksanakan tugasnya secara baik.

Penulis: Daffid

Baca Juga