Akibat Virus Corona, Korban Meninggal di AS Mencapai 6 Orang

Jakarta, Akuratnews.com - Pada Senin (2/3/2020), pihak berwenang melaporkan bahwa empat orang meninggal akibat wabah coronavirus jenis baru di Negara Bagian Washington, Amerika Serikat, sehingga total kematian di negara itu meningkat jadi enam.

Lima kasus kematian terjadi di King County. Sejauh ini, ada 18 kasus penularan yang dikonfirmasi di wilayah tersebut dan banyak pihak khawatir bahwa wabah itu akan merebak secara lebih luas.

Sejumlah peneliti yang mempelajari dua kasus kematian pertama yang dilaporkan di Washington menilai bahwa coronavirus jenis baru mungkin telah menyebar secara tidak terdeteksi di negara bagian tersebut selama berminggu-minggu. Mereka memperingatkan bahwa kemungkinan hampir 1.500 penduduk telah terinfeksi.

Pejabat kesehatan di Washington, Kathy Lofy, mengatakan bahwa wabah secara aktif menyebar di dua wilayah di negara bagian itu yakni di King County dan Snohomish. Dia menambahkan, ada kemungkinan virus telah merebak ke wilayah-wilayah lainnya.

Delapan dari 18 kasus infeksi serta empat kematian di King County terkait dengan satu fasilitas perawatan di Seattle. Sebagian besar dari pasien yang meninggal merupakan orang-orang lansia atau memiliki riwayat penyakit lain sebelum terjangkit coronavirus jenis baru.

Otoritas King County dilaporkan akan membeli sebuah hotel sehingga dapat mengisolasi pasien terinfeksi di wilayah tersebut. Sejumlah sekolah di Kota Seattle tutup pada Senin (2/3) demi mencegah penyebaran coronavirus jenis baru.

Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Seattle dan King County Jeff Duchin menegaskan bahwa tidak akan ada penutupan sekolah secara besar-besaran dan otoritas juga tidak akan membatalkan acara-acara publik.

"Kami menangani situasi ini dengan sangat serius," tutur dia dalam konferensi pers pada Senin.

Namun, dia menyebut bahwa jumlah kasus terinfeksi diprediksi akan terus meningkat.

"Kami memprediksi jumlah kasus akan terus meningkat dalam beberapa hari dan minggu mendatang," lanjut Duchin, menambahkan bahwa sebagian besar pasien terinfeksi di AS memiliki gejala ringan dan tidak memerlukan rawat inap.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS melaporkan bahwa sejauh ini ada 102 kasus penularan yang terdeteksi di Negeri Paman Sam. Setidaknya 10 negara bagian, termasuk California, New York, Oregon, Florida, dan Rhode Island, telah mencatat kasus coronavirus jenis baru.

Pada Selasa, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan bahwa per Senin, angka kematian nasional akibat wabah coronavirus jenis baru menyentuh 2.943. Secara global, jumlah fatalitas melampaui 3.000.

Wabah coronavirus jenis baru telah menginfeksi lebih dari 90.000 orang di seluruh dunia.

Penulis: Redaksi

Baca Juga