Berita Kesehatan

Bau Kaki Menusuk Hidung? Hilangkan dengan Tips Ini

Bau kaki. (Foto ilustrasi).

Jakarta, Akuratnews.com - Pernah mengalami bau kaki yang menganggu kenyamanan sehari-hari? Ada banyak faktor yang mempengaruhi bau kaki seseorang sehingga cukup menganggu dalam pekerjaan. Hal ini tidak bisa disepelekan. Selain menimbulkan rasa tidak percaya diri, tak jarang kondisi ini kurang disadari oleh orang yang mengidapnya.

Biasanya bau akan terdeteksi saat seseorang membuka alas kaki, dan menimbulkan aroma kurang sedap. Jika anda mengalami permasalahan ini, redaksi Akuratnews.com menyuguhkan berbagai tips menarik yang mudah dilakukan untuk mengatasi bau kaki. Lakukan secara konsisten maka bau kaki dapat dihilangkan dengan cepat.

Berikut Tips 5 langkah hilangkan bau kaki yang dikutip dari beberapa sumber::

1. Rendam Kaki Dengan Air Yang di Beri Cuka

Cuka dapat membuat bakteri yang tumbuh di kaki menghilang. Agar mendapatkan manfaat maksimal campurkan cuka dan air, perbandingan 1:2 dengan jumlah air lebih banyak. Rendam kaki selama 30 menit, lakukan kegiatan ini secara rutin, sekali seminggu. Dengan terus melakukan perawatan ini, dijamin kaki menjadi tempat yang tidak nyaman untuk bakteri karena kondisi kaki tidak mudah lembap. Tapi sebelum merendam, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki.

2. Manfaatkan Kantung Teh

Bahan lain dari dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki adalah kantung teh. Cukup gunakan dua kantung teh hitam lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. Rendam kaki selama 30 menit, lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki membantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

3. Gunakan Kaos Kaki yang Tepat

Selain perawatan mendalam, perhatikan kebiasaan sehari-hari. Selain mengganti kaos kaki rutin setiap hari, bahan kaos kaki pun ikut berpengaruh terhadap aroma kaki. Bahan nylon dapat membuat kaki terasa lembap karena tidak menyerap keringat. Bahan katun dapat membantu kaki bernafas karena materialnya mudah menyerap keringat.

4. Taburi Kaki dengan Bedak Bayi

Jika tidak memiliki waktu lebih untuk merendam kaki dalam cuka atau teh atau malas membeli pengharum kaki karena merasa tidak terlalu berpengaruh, manfaatkan bedak bayi sebagai penyelamat. Caranya mudah, cukup taburi bedak bayi pada kaki. Bubuk bedak bayi berguna untuk menyerap keringat, sehingga kaki tidak mudah lembap. Selain itu keharuman lembut yang umumnya dimiliki bedak bayi bisa menjadi pengharum bagi kaki.

5. Rendam dengan Garam Laut

Garam laut tidak hanya memiliki ragam manfaat untuk wajah, garam laut pun memiliki manfaat untuk mengurangi bau kaki. Garam kaki dapat menyerap kelembapan sehingga bakteri tidak mudah tinggal. Caranya, larutkan 1/2 – 1 sendok makan garam laut, rendam kaki selama 20 menit. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari selama 2 minggu, dijamin kaki akan kembali bersih dan segera terbebas dari bau kaki.

Penulis: Ahmad Ahyar

Baca Juga