Doa Ayat Kursi Lengkap dengan Artinya serta Keutamaannya

Makin Rajin

Doa ayat kursi merupakan salah satu doa yang memiliki banyak keistimewaan yang tidak ternilai. Ayat ini juga merupakan ayat paling mulia dan merupakan raja diantara ayat lainnya. 

Pelajari mengenai ayat kursi beserta artinya dan segala manfaat atau keutamaannya dengan membaca artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Doa Ayat Kursi Beserta Artinya

Berikut adalah doa ayat kursi lengkap beserta bacaan latin dan artinya

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil-ard, man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum, Wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’, Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya’uuduhuu hifdzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhlukNya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. MilikNyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izinNya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmuNya, kecuali apa yang Dia kehendaki. KursiNya (ilmu dan kekuasaanNya) meliputi langit dan bumi.  Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Baca Juga:  Doa Adzan: Sebelum dan Sesudah Adzan serta Keistimewaannya

10 Keutamaan Doa Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan bacaan yang memiliki keutamaan luar biasa dan kedudukan sebagai pemimpin ayat Al-Qur’an lainnya. Ayat kursi termasuk ayat paling agung dan sering dipanjatkan untuk mendapatkan balasan surga, pahala mati syahid, dan memohon rezeki. Berikut ini 10 keutamaan doa ayat kursi dalam kehidupan, yaitu:

1. Membuka Pintu Rezeki dan Pintu Hikmah

Allah SWT menjamin banyaknya rezeki dunia dan akhirat bagi umatnya serta membuka pintu hikmah bagi siapapun yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setiap harinya.

Selain itu, Allah juga akan senantiasa menjaga orang tersebut dari bencana yang akan menimpanya.

2. Ayat Paling Agung di Al-Qur’an

Ayat kursi termasuk ayat yang paling agung. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Muslim yang berbunyi:

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش   (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ

Artinya:

“Dari Ubay bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui.” Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “ayat kursi.” Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi Anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu Anda. Demi yang jiwaku yang ada di tanganNya. Sesungguhnya (ayat kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  Bacaan Doa Mimpi Buruk Agar Mendapat Perlindungan Allah SWT

Dengan membaca ayat tersebut, umat muslim akan mendapatkan manfaat yang luar biasa karena didalamnya menyebutkan nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Ayat kursi juga disebut sebagai raja dari sebagian ayat yang ada di Al-Qur’an.

3. Ayat untuk Pertolongan bagi Umat Muslim

Keutamaan doa ayat kursi yang lain adalah sebagai sebuah pertolongan untuk semua umat muslim. Allah SWT akan mendatangkan pertolongan dan kemudahan bagi seseorang ketika mereka dalam kesulitan. 

Di samping itu, Allah juga akan melindungi mereka dari segala hal yang tidak diinginkan, hanya dengan membaca ayat kursi.

4. Memudahkan Sakaratul Maut

Allah SWT akan memudahkan seseorang ketika menghadapi sakaratul mautnya. Umatnya hanya perlu untuk membaca ayat kursi maka Allah SWT akan mendatangkan sesuatu yang istimewa termasuk dalam memudahkan mereka dalam menghadapi sakaratul maut.

5. Terhindar dari Godaan Jin dan Syaitan

Dengan membaca ayat kursi umat Islam akan terhindar dari godaan setan dan jin yang akan menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Sehingga, membaca doa ayat kursi akan memberikan sebuah perisai untuk melindungi umat islam dari syaitan dan jin.

6. Doa Ayat Kursi sebagai Perlindungan dari Dua Malaikat

Allah SWT akan memerintahkan dua malaikat untuk berjaga selama tidur, jika seseorang membaca ayat kursi sebelum tidurnya. Ayat tersebut juga bisa menjadi penghalang bagi syaitan untuk mengganggu tidur seseorang. Sehingga, membaca ayat kursi sangat penting untuk mengusir syaitan yang mengganggu tidur.

Baca Juga:  Doa Sujud Syukur beserta Tata Cara dan Fadhilahnya

7. Memudahkan untuk Memahami Sesuatu

Keutamaan ayat kursi yang lain adalah memudahkan seseorang untuk memahami sesuatu. Jika seseorang secara rutin membaca ayat kursi, akan membuat otak dan akal mereka menjadi lebih mudah untuk memahami pengetahuan baru. 

Sebagai contoh, sebelum ujian sebaiknya rutin membaca ayat kursi di sela-sela belajar karena akan memudahkan seseorang untuk mengingat materi untuk esok hari.

8. Menghapuskan Kekafiran

Seseorang yang membaca ayat kursi secara rutin akan mendapatkan berbagai macam keistimewaan dan keutamaan dari Allah untuk terhindar dari kekafiran. Allah SWT akan senantiasa menghapuskan seluruh kekafiran yang ada di sekitar seseorang yang rutin membaca ayat kursi.

9. Doa Ayat Kursi Melancarkan Perkara Jodoh

Dengan membaca ayat kursi secara rutin maka membuat seseorang mendapatkan kelancaran dalam mencari jodoh, bagi mereka yang belum menikah. Allah SWT akan memudahkan jalannya untuk mendapat jodoh yang baik dan saleh dengan cara mengamalkan dan membaca ayat kursi secara rutin.

10. Ayat Paling Istimewa

Ayat kursi merupakan sebuah bacaan yang memiliki berkah yang luar biasa dan sangat istimewa. Sehingga, hanya dengan membaca dan mengamalkannya, seorang umat muslim akan mendapatkan berkah dan akan jauh dari kesulitan, terhindar dari bencana, dan menghapuskan segala kesedihan. 

Pernyataan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah dari HR. Imam Abu Hamid bin Muhammad Al Ghazali yang memiliki arti sebagai berikut.

“Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi” (HR. Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Ghazali).

Jadi Lebih Paham Tentang Doa Ayat Kursi?

Doa ayat kursi merupakan doa yang sangat istimewa yang dapat menimbulkan banyak manfaat baik hanya dengan membacanya. Umat muslim hendaknya selalu melafalkan dan mengamalkan ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan berkah yang tiada tara.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait