Belajar dari Konsultan Bisnis Suhendro Bangun Kerajaan Bisnisnya

Pebisnis dan Konsultan Bisnis Suhendro, S.E., M.M.

Yang lainnya PT. Sahabat Unggul Bersama merupakan perusahaan impor-ekspor di bidang trading, fokusnya di alat-alat teknik industri, dan PT Citra Rasa Palembang yang bergerak di bidang industri makanan beku yaitu empek-empek. Menurut Suhendro, perusahaan pertamanya (PT Cipta Terang Bersama) yang memberi income paling besar.

Sepak terjangnya di dunia bisnis telah dijalaninya puluhan tahun, tepatnya di bulan Februari 2020 kemarin genap 30 tahun. Suhendro tidak tertarik lagi membangun usaha lain, karena menurutnya membangun satu usaha baru itu butuh 10 tahun untuk standing power time. Jadi, tak mudah. Saat ini dirinya hanya ingin fokus pada keluarga, terutama pada 2 anaknya.

Disinggung soal awetnya membangun bisnis Suhendro menegaskan kuncinya ialah dalam memilih mitra. Ada pribahasa tionghoa yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya begini, “Kalau mau tahu kecepatan kuda kita ukur dengan jarak, tetapi kalau mau tahu hati manusia kita ukur dengan waktu”.

Pribahasa tersebut menegaskan orang harus berhati-hati dalam memilih mitra bisnis. Sebab, waktu yang bisa membuktikan bahwa mitra kita benar atau tidak.

“Hanya waktu yang bisa membuktikan, apakah partner kita itu bisa kita ajak lari lebih jauh. Kalau tidak bisa diajak lari jauh ya sudah putus kongsi saja,” tegasnya.

Berpegang pada pribahasa di atas Suhendro pun merekrut teman-teman gerejanya yang dulu satu pelayanan dengannya menjadi partner bisnis. Mereka sudah berteman 7-10 tahun. Menurutnya, teman-temannya itu konsisten, mempunyai karakter yang bagus.

“Kita rekrut dari situ, tapi jika ada perubahan di lain hari ya sudah kita terima nasib,” ujarnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi

Baca Juga