Kumpulan Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Makin Rajin

Sebagai umat muslim, setiap harinya Anda melakukan ibadah lima waktu atau shalat fardhu mulai dari Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib, hingga Isya. Daripada langsung menyelesaikan shalat setelah salam, alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk membaca dzikir dan doa setelah sholat fardhu sebagai tambahan amalan. 

Doa bisa menjadi perantara mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta yaitu Allah Swt. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan hajat atau keinginan yang terpendam di dalam hati melalui doa. Apalagi, sangat dianjurkan untuk berdoa setelah menunaikan shalat karena berpeluang agar cepat dikabulkan. 

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Sebenarnya, membaca dzikir maupun doa selepas shalat fardhu bukanlah sesuatu yang hukumnya wajib untuk Anda lakukan. Akan tetapi, rasanya masih kurang lengkap jika mengakhiri shalat tanpa memanjatkan doa terlebih dahulu. 

Bukan hanya itu, Al Quran dan hadist juga menyarankan untuk membaca doa setelah sholat fardhu. Berikut adalah beberapa bacaan doa yang bisa Anda praktekkan ketika sedang shalat sendirian di rumah:

1. Membaca Istighfar

Bacaan istigfar identik dengan permohonan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang pernah Anda perbuat sebelumnya. Makna istigfar sendiri merujuk ke kalimat taubat yang secara khusus seorang hamba panjatkan kepada Tuhannya untuk meminta maaf atas dosa yang telah dilakukan. 

Contoh istighfar yang paling sering orang-orang lantunkan adalah “astagfirullah” atau “astaghfirullahaladzim”. Keduanya sama-sama mengandung arti memohon ampun kepada Allah SWT. Banyak sekali keutamaan yang akan Anda dapatkan dengan membaca kalimat istigfar. 

Baca Juga:  Doa Nabi Musa yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Misalnya, seperti mendapatkan pengampunan, membukakan pintu rezeki, dipermudah urusannya, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, Anda perlu membaca istighfar tidak hanya ketika selesai salat, tetapi juga kapan saja untuk selalu mengingat Allah SWT. 

Berikut adalah bacaan istighfar yang bisa Anda baca selepas salat: 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal’adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaiih

Terjemahan lafal istighfar di atas adalah: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”. 

2. Membaca Doa Perlindungan dari Siksa Neraka

Setiap manusia yang beragama, pastinya akrab dengan konsep surga dan neraka. Secara sederhana, surga adalah tempat bagi orang-orang bertakwa yang  selama hidupnya melakukan hal baik dan sebaliknya.

Mayoritas orang tentunya tidak mau masuk neraka. Terlebih lagi dengan gambaran isinya yang penuh siksaan mengerikan. Pada dasarnya, manusia memang tidak luput dari kesalahan. 

Adanya nafsu di dalam diri manusia memicu perbuatan-perbuatan yang melanggar ketentuan Allah SWT. Untuk itulah, manusia harus segera memohon ampun selagi sempat dan membaca doa perlindungan dari siksa neraka setelah shalat fardhu sebagai bentuk usaha. Doanya antara lain sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma Ajirni Minan-Naar

Arti bacaan doa singkat di atas adalah: “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”. Bacaan doa setelah sholat fardhu tersebut bisa Anda baca sebanyak tiga kali atau tujuh kali. 

3. Membaca Ayat Kursi

Anda bisa menemukan bacaan ayat kursi di Al Quran pada surat Al Baqarah ayat 255. Isi ayat kursi menggambarkan kebesaran kekuasaan Allah SWT sebagai Dzat yang Paling Tinggi lagi Maha Agung. Anda pastinya sudah tidak asing dengan bacaan ayat kursi karena sering dilantunkan di mana-mana. Misalnya, di pengajian. 

Baca Juga:  Doa dan Niat Sholat Tahajud, beserta Tata Caranya

Salah satu waktu terbaik untuk membaca ayat kursi adalah setelah menunaikan shalat fardhu. Banyak keutamaan yang akan Anda dapatkan dari rutin membaca ayat kursi setelah shalat. Berikut adalah bacaan ayat kursi yang perlu Anda ingat:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. 

Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim

Arti lafal ayat kursi di atas adalah: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Miliknya apa yang ada di langit dan apa yang ada di Bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. 

Dia mengetahui apa yang di hadapan dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.”

4. Membaca Dzikir (Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil)

Amalan doa setelah sholat fardhu berikutnya yaitu membaca dzikir yang meliputi bacaan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Ketika sedang shalat berjamaah di masjid, Anda pastinya tidak asing dengan kalimat-kalimat dzikir ini ketika imam mulai melantunkannya. 

Baca Juga:  Doa Agar Haid Cepat Keluar dan Tips Supaya Haid Anda Lancar

Masing-masing bacaan tasbih, tahmid, takbir, hingga tahlil bisa Anda panjatkan sebanyak 33 kali. Berikut adalah masing-masing bunyi doanya beserta terjemahan artinya: 

  • Tasbih 

سُبْحَانَ اللهِ Subhanallah artinya Maha Suci Allah. 

  • Tahmid

الْحَمْدُلِلهِ Alhamdulillah artinya Segala Puji bagi Allah. 

  • Takbir

اللهُ اَكْبَرُ Allahu akbar artinya Allah Maha Besar.

  • Tahlil

لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ Lailaha Illallah artinya Tiada Tuhan selain Allah. 

5. Membaca Doa Setelah Sholat Fardhu, Doa Sapu Jagat

Pernahkah Anda mendengar tentang doa sapu jagat? Doa sapu jagat atau sebutan lainnya doa untuk kebaikan dunia dan akhirat terdapat di dalam surat Al Baqarah ayat 201. Berikut adalah bunyi doa sapu jagat yang bisa Anda baca setelah selesai sholat fardhu:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār 

Terjemahan lafal doa sapu jagat di atas yaitu: “Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

Sudahkah Anda Mengamalkan Doa Setelah Sholat Fardhu?

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui contoh sebagian doa setelah sholat fardhu yang bisa Anda amalkan setiap harinya. Perlu membiasakan diri untuk memanjatkan dzikir dan doa selesai menunaikan salat. Pertama-tama, ingat dan hafalkan terlebih dahulu doa-doa yang ingin Anda panjatkan. 

Membacanya rutin setiap hari akan membantu Anda untuk mengingat doa tersebut di luar kepala. Selain itu, masih ada beberapa contoh doa lainnya yang bisa Anda panjatkan ketika selesai shalat. Jadikan doa-doa di atas sebagai salah satu referensi bacaan untuk Anda praktekkan nantinya. 

Jangan lupa untuk meminta bimbingan dan pengajaran kepada guru agama yang ahli di bidangnya untuk Anda tanyakan terkait lafal doa yang tepat. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan, ya!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait