Beli Rumah – Dapat Rumah, Jurus Pengembang Saat Harbolnas

Rumah Bukit Pratama Residence
Perumahan Bukit Pratama Residence, Bekasi. (Foto Istimewa)

Jakarta, Akuratnews - Semarak Hari Belanja Nasional 1212 tak hanya diramaikan oleh para pelaku bisnis online. Bukit Pratama Residence, salah satu perumahan papan atas di Timur Jakarta, turut memeriahkan momentum dengan memberikan kesempatan kepada keluarga Indonesia yang ingin mewujudkan impian memiliki rumah sendiri pada tahun 2019.

Tak tanggung-tanggung, Bukit Pratama Residence menawarkan bonus beli 1 rumah dapat rumah baru lagi di kawasan sunrise atau berkembang pesat, tanpa diundi. Pembeli juga mendapatkan mobil dan motor secara langsung tanpa diundi, dengan nilai total bonus lebih dari 400 juta.

“Para orangtua saat ini memiliki tantangan besar dalam berkarier sekaligus mengasuh anak-anak mereka di dunia yang serba cepat. Di Bukit Pratama Residence, kami berharap para orangtua ini dapat fokus berkarier dan anak-anak semangat meraih impian mereka. Karena kami menyediakan fasilitas serba lengkap, seperti koneksi internet dengan fiber optik, teknologi smarthome untuk keamanan rumah, taman serta rumah ibadah dalam kompleks, dengan lokasi yang super-strategis,” ujar Umar Taslim, pengembang Bukit Pratama Residence yang juga mengembangkan Arya Townhouse 1, 2 dan 3 dan perumahan lain di Cileungsi, Depok dan Bekasi.

Berbeda dengan gaya promosi akhir tahun developer umumnya, Bukit Pratama Residences menyediakan bonus rumah sebagai hadiah langsung untuk pembelian rumah dua lantai tipe Jasmine atau Tulip. Bonus rumah senilai 180 Juta tersebut berada di kawasan paling berkembang di Timur Jakarta, yaitu Cileungsi. Saat ini, harga properti di kawasan Cileungsi terus meroket karena pembangunan jalan tol Cibitung-Cibubur dan realisasi Stasiun LRT Cibubur.

Tak hanya itu, konsumen yang membeli rumah 1 lantai tipe Lavender akan memperoleh hadiah langsung berupa mobil New Agya baru senilai 135 Juta rupiah. Pembeli tipe Lily akan memperoleh diskon 5% senilai lebih dari60 Juta rupiah plus motor NMax 2018 senilai 26 Juta, atau total sekitar 86 Juta rupiah. Selain itu, semua pembeli juga mendapat voucher belanja langsung senilai 5 juta rupiah.

Seperti para pelaku e-commerce lain, calon konsumen yang berniat membeli hunian di perumahan ini dan ingin merebut bonus langsung harus mengunjungi situs bukit pratama residence dan memasukkan data untuk registrasi. Calon pembeli hanya bisa mendaftar secara online hingga 16 Desember2018, masa akhir promo.

Para calon pembeli yang telah terdaftar kemudian dapat mengunjungi open house di lokasi yang berada di Kranggan, Bekasi, hingga 23Desember 2018, masa akhir promo.

“Jika tak ingin mengambil bonusnya, pembeli juga dapat
menggantinya dengan potongan diskon senilai bonus tersebut. Biasanya ini yang
dipilih konsumen,” tambah Umar.

Saat pembelian properti, seperti di Bukit Pratama Residence, konsumen dapat bernegosiasi dengan developer. Ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh konsumen sebaik-baiknya untuk mendapatkan diskon atau peralatan rumah tangga dari developer.

Proses negosiasi dengan developer umumnya dilakukan padasaat pembayaran booking. Sebelum pembayaran, konsumen dapat membuat suratpengajuan yang berisi permintaan tambahan.

"Untuk perumahan, konsumenproperti di Indonesia biasanya mengajukan AC, wallpaper, kompor tanam, kanopidan perubahan minor pada desain. Lalu developer akan memperhitungkan permintaantersebut. Tak jarang, permintaan itu diloloskan oleh developer yang kooperatifsehingga konsumen tidak ada biaya tambahan lagi,” ujar Umar.

Developer bisa saja tidak memenuhi permintaan konsumen
tersebut, misalnya karena permintaan yang diajukan membutuhkan biaya terlalu
besar dan konsumen tidak mau membayar biaya tambahan. Pada kasus ini, booking
fee dapat dikembalikan akibat tidak terjadi kesepakatan dan sudah tercantum
dalam perjanjian bahwa uang tersebut dapat ditarik kembali.

Namun jika developer sudah memenuhi pengajuan konsumen dan
terjadi kesepakatan, tetapi konsumen membatalkan transaksi, maka booking fee
tidak dapat dikembalikan. "Saat konsumen dan developer sudah sepakat, maka
developer akan melanjutkan proses ke bank yang melibatkan biaya cukup besar.
Karena itu, booking fee tidak dapat dikembalikan jika konsumen menggagalkan
transaksi," tambah Umar. (LH)

Penulis:

Baca Juga