Belum Seminggu Jadi Wakil Rakyat, Mulan Jameela Digugat Tiga Kader Gerindra

Jakarta, Akuratnews.com - Baru tiga hari duduk sebagai wakil rakyat di Senayan, Mulan Jameela digugat tiga orang kader Partai Gerindra, yakni Sigit Ibnugroho Sarasprono, Yusid Toyib, dan Fahrul Rozi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ketiganya melakukan perlawanan terhadap putusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra soal penetapan anggota legislatif terpilih yang belum genap seminggu berkantor di Senayan ini.

"Ada dua berkas, yang satu perlawanan atau bantahan terhadap putusan tersebut, yang satu gugatan," kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Achmad Guntur, Rabu (2/10).

Achmad menjelaskan, persidangan perkara gugatan itu dilakukan Kamis, 3 Oktober 2019. Selain Mulan, mereka yang juga menjadi tergugat adalah Adnani Taufiq, Adam Muhamad, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A. OE, Irene, Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya, dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya.

Di sidang perdana kemarin, Mulan Jameela tak hadir di PN Jakarta Selatan. Sidang pun akhirnya ditunda.

Kuasa hukum Sigit, Aris Septiono, menyatakan bahwa Mulan menolak menandatangani surat pemanggilan dirinya. Meski demikian, dia masih berharap istri dari musisi Ahmad Dhani itu masih memiliki itikad baik.

"Mulan sudah menerima, tapi tidak mau menandatangani relaas. Dia menolak panggilan itu. Dengan kondisi begini, kami berharap semua beritikad baik dan mengikuti proses hukum," ujar Aris di PN Jakarta Selatan, Kamis (3/10).

Aris menjelaskan, pihak pengadilan akan kembali melayangkan surat pemanggilan untuk Mulan sebanyak dua kali. Jika Mulan masih terus menolak untuk menandatangani surat tersebut, Aris mengatakan sidang gugatan akan tetap dilanjutkan.

"Sesuai hukum acara, dipanggil dua kali. Kalau (Mulan) berturut-turut tidak hadir, maka perkara akan tetap berlanjut," kata Aris.

Sebelumnya, Mulan Jameela dan delapan caleg Gerindra lebih dulu menggugat partainya. Mereka menuntut ditetapkan sebagai anggota legislatif terpilih berdasarkan jumlah suara yang berhasil mereka raih dalam pemilihan legislatif lalu. Gugatan perdata diajukan pada 26 Juni 2019.

Awalnya, gugatan mengatasnamakan 14 caleg yang tak terpilih dalam pemilihan legislatif lalu. Namun saat proses sidang bergulir, lima caleg mencabut gugatannya. Di antara yang batal menggugat itu adalah Rahayu Saraswati D.Djojohadikusumo, keponakan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Gugatan Mulan Jameela cs ternyata dikabulkan seluruhnya. PN Jakarta Selatan mengharuskan Partai Gerindra dan Komisi Pemilihan Umum menetapkan istri dari musikus Ahmad Dhani serta delapan lainnya itu menjadi anggota legislatif terpilih.

"Menyatakan tergugat 1 dan tergugat 2 berhak melaksanakan langkah administrasi internal dengan para penggugat, dan menetapkannya menjadi anggota legislatif di daerah pemilihannya masing-masing," ujar Hakim Ketua, Zulkifli.

Rangkaian dari vonis itu adalah Mulan Jameela dilantik menjadi anggota DPR RI pada 1 Oktober 2019.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga