Bersama Kenalkan Destinasi Wisata, TNI AL dan PWI Sinergi di Pulau Payung

AKURATNEWS - Sebuah sinergitas dilakukan TNI Angkatan Laut (AL) bersama Unit Pengelola Angkutan Perairan Dishub DKI Jakarta, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, Forum Wartawan Olahraga dan Hiburan serta Libre Indonesia.

Sinergitas ini irangkum dalam kegiatan Bakti Sosial, Penyelaman Terumbu Karang dan Pelepasan Tukik di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu-Minggu (26-27/3) di kawasan Pulau Payung, Kepulauan Seribu.

"Kegiatan observasi terumbu karang ini bertujuan untuk menjaga dan merawat terumbu karang yang sudah kita transplantasi dan kita tanam di dasar laut agar bisa bertumbuh kembang sesuai yang diharapkan," ujar Letkol Mar Eddy dari Satuan Penyelaman Bawah Air (Satlambair) Dinas Potensi Maritim TNI AL di sela-sela kegiatan di Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Sabtu (26/3).

Dijelaskan Letkol Edy, kegiatan ini juga dalam rangka bagian sinergitas TNI AL beserta instansi pemerintah dan masyarakat sesuai arahan KASAL Laksamana TNI, Yudo Margono tentang penetapan 2022 ini sebagai Tahun Potensi Maritim guna mewujudkan Maritim Jaya, Indonesia Maju.

Edy menambahkan, kegiatan Bhakti Sosial dengan berbagi sembako juga bertujuan meringankan beban masyarakat nelayan, khususnya dan sebagai wujud kepedulian dari KASAL terhadap pemulihan kehidupan nelayan pasca PPKM.

"Sedangkan pelepasan Tukik diharapkan mampu membantu melestarikan ekosistim dan perkembangbiakan salah satu biota laut demi mewujudkan peningkatan destinasi wisata bawah air Kepulauan Seribu," pungkasnya.

Asha Restoran di Pulau Payung. Kepulauan Seribu.

Tak hanya itu, para wartawan juga diajak mengeksplor wisata kawasan Pulau Payung. Untuk diketahui, Pulau Payung sudah memiliki restoran bernama Asha yang menyediakan beragam makanan dan minuman bagi wisatawan yang datang ke pulau.

"Kita coba mendirikan satu-satunya restoran di Pulau Payung ini bernama Asha," ujar Co Founder Asha Restoran, Devon Widodo.

Pihaknya juga ingin memajukan destinasi wisata Pulau Payung yang selama ini masih kerap menjadi destinasi kedua setelah Pulau Tidung.

"Nanti kami akan persiapkan sejumlah destinasi wisata baru seperti glamping, kolam pemancingan khusus, jet ski dan wisata air lainnya. Bahkan kita punya mimpi untuk datengin DWP di sini di Pulau Seribu," ujar Devon optimis.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga