Bersiap Jadi Badan Siber Kelas Dunia, BSSN Gelar FGD dan Launching GOV-CSIRT

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar Focus Group Discusission (FGD) penyelenggaraan Penanggulangan dan Pemulihan Insiden Siber Sektor Pemerintah sejak Selasa hingga Kamis (9-11 Juli 2019) di Hotel Mercure Convention Center Ancol.

Adapun tema yang diangkat adalah "Kolaborasi Instansi Pemerintah Dalam Menghadapi Tantangan Keamanan Siber Nasional", yang dihadiri 350an peserta dari seluruh Kementerian/Lembaga dan Stakeholder di Lingkungan Pemerintah.

Digelarnya FGD penyelenggaraan Penanggulangan dan Pemulihan Insiden Siber Sektor Pemerintah untuk menyosialisasikan layanan dan informasi serta menyamakan pandangan terkait penyelenggaraan penanggulangan dan pemulihan insiden di lingkungan instansi Pemerintah.

Dalam kegiatan tersebut juga membahas berbagai isu strategis terkait pengelolaan keamanan siber oleh Deputi Bidang Identifikasu dan Deteksi, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan, dan Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN, hingga digelarnya diskusi panel yang menghadirkan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KEMENPAN-RB, Rini Widyantini, Pakar - Pakar Keamanan Siber seperti Hoga Saragih dan Eko Indrajit yang mengulas seluk beluk kebijakan, pengelolaan, pengamanan serta dampak SPBE terhadap Perekonomian Nasional.

Tak hanya menggelar FGD, dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 350an peserta dari seluruh Kementerian/Lembaga dan Stakeholder lingkungan Pemerintah tersebut juga dilakukan Grand Launching GOV-CSIRT (Government Cyber Security Insiden Response Team) berupa pemukulan gong oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak mewakili Kepala BSSN Letjen TNI Purn, Hinsa Siburian yang sedang ada tugas lain, Rabu (10/7).

Menurut Kepala BSSN yang diwakili Sestama BSSN dalam sambutannya, kegiatan FGD dan GOV-CSIRT Indonesia juga upaya mewujudkan amanat dari Presiden Joko Widodo yang memiliki cita cita BSSN sebagai Badan Siber Kelas Dunia.

"Secara khusus Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H.Joko Widodo, telah memberikan arahan kepada saya selaku Kepala BSSN agar menjadikan BSSN sebagai Badan Siber Kelas Dunia. Direktif Presiden tersebut kami wujudkan dalam sebuah visi, yaitu Mewujudkan Siber Nasional yang Berkelas Dunia atau World Class Cyber" ungkap Kepala BSSN yang sambutannya dibacakan oleh Sekretaris Utama BSSN dihadapan ratusan peserta.

Gov-CSIRT merupakan tim respon insiden siber sektor Pemerintah yang memberikan layanan respon insiden di sektor Pemerintah.

Gov-CSIRT diketuai oleh Direktur Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah pada Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN Daddy Estoe Widodo, S.I.P, M.Si.

GOV-CSIRT Indonesia beranggotakan seluruh staff BSSN pada sektor Pemerintah.

Tak ketinggalan, Kepala BSSN menyerukan dalam membangun sistem keamanan informasi nasional, BSSN mengajak seluruh stakeholder mulai dari sektor Pemerintah, sektor swasta hingga akademisi untuk berpartisipasi aktif, berkolaborasi serta bersinergi untuk mewujudkan keamanan siber di Indonesia.

Penulis: Maria
Editor: Alamsyah

Baca Juga