Buresvestnik, Rudal Bertenaga Nuklir Rusia Disiapkan untuk Perang 6 Tahun ke Depan

Rudal bertenaga nuklir Rusia, 9M730 Buresvestnik. (Foto Istimewa).

Washington, Akuratnewa.com - Rusia terus meningkatkan performa rudal balistik mereka dengan jangkauan tak terbatas yang diklaim mampu menembus sistem pertahanan rudal NATO menjadi tak berguna. Klaim itu disuarakan Vladimir Putin.

Hasil laporan intelijen Amerika Serikat (AS) menandakan klaim Putin benar. Rusia dilaporkan telah membangun rudal bertenaga nuklir yang disiapkan untuk antisipasi perang dalam enam tahun ke depan atau tahun 2025.

Rudal yang diberi nama 9M730 Buresvestnik beberapa kali diuji coba, namun mengalami beberapa kali kegagalan termasuk di awal tahun ini.

Sumber pada intelijen tidak menyebutkan apa yang menyebabkan kegagalan pada 9M730 Buresvestnik, namun menurut laporan CNBC pada Sabtu (14/9/2019), penelitian dari para pejabat AS mengatakan, penerbangan uji coba dari rudal itu hanya berlangsung lebih dari dua menit dan terbang sejauh 22 mil sebelum jatuh.

Dua pejabat AS yang mengamati kemampuan militer Rusia berbicara kepada Fox News, mengatakan bahwa senjata yang digembar-gemborkan Putin itu belum dapat beroperasi alias masih baru "dilahirkan".

Rudal bertenaga nuklir yang pertama di dunia ini, menjadi momok yang menakutkan karena terbang dengan kecepatan yang berada di atas sistem pertahanan rudal NATO. AS tidak membantah kemampuan rudal terbaru Rusia itu disebut berkemampuan satu tingkat di atas rudal AS. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga