Bus AKAP di Rampcheck, 50 Persen Diantaranya Tak Laik Jalan

Depok, Akuratnews.com- Ada sebanyak 50 persen dari enam unit bus AKAP yang telah dilakukan uji kelayakan di terminal Jatijajar Kota Depok diketahui berada dalam kondisi tidak laik jalan.

Hal ini diketahui usai dilakukan Rampcheck oleh pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, selama melakukan pengecekan masih ditemukan kendaraan yang tidak sesuai dengan standart operasional, seperti lampu kendaraan tidak lengkap dan alat pemadam api ringan (APAR) tidak tersedia.

“Beberapa kita lakukan Ramcek bersama, masih ditemukan kekurangan seperti ban tidak di vulkanisir, lampusering mati nyala ini karena pemilik bus mengabaikan keselamatan. Semuanya kita list, kalau ada yang tidak lengkap kami berikan catatan,” ujarnya di Terminal Jatijajar Kamis,(2/5/2019).

Saat ini, lanjut Bambang, belum ada sanksi penilangan, untuk bus dengan kondisi fisik baik dan dinilai layak jalan, masih diperbolehkan mengangkut maupun menurunkan penumpang.

Bagi bus yang tidak sesuai kelengkapannya tidak diberikan tanda khusus berupa stiker dari Dishub. Sebagai tanda, bahwa kendaraan tersebut tidak lolos uji.

“Kalau di cek lengkap, langsung kita tempeli stiker. Dengan begitu, masyarakat harus mengerti bahwa bus tanpa stiker tidak dijamin keselamatannya oleh pemerintah. Hari ini dari enam kendaraan, tiga diantaranya sudah diberi stiker jadi sekitar 50 persen layak jalan,” jelasnya.

Pengecekan dilakukan, mulai dari kelengkapan dokumen hingga kondisi badan kendaraan. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan armada bus ketika mengantar penumpang.

Terkait itu, Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, dari enam unit bus yang telah dilakukan rampcheck, tiga bus diantaranya dalam kondisi tak laik jalan.

"Jadi dari enam bus yang sudah dilakukan rampcheck, tiga diantaranya tidak lolos", jelas Kadishub, Jumat (3/5/2019).

Lantaran itu, pihaknya akan rutin melakukan pengecekan kendaraan, terlebih jelang hari raya Idul Fitri nanti. Dan bagi kendaraan yang masih belum lengkap diimbau untuk segera memperbaikinya.

"Untuk bus yang belum dapat stiker harus diperbaiki. Sekarang tidak ditilang, namun kalau ketauan masih lakukan pelanggaran pastinya akan ditilang,” jelasnya.

Di Terminal Jatijajar Depok, BPTJ memeriksa sebanyak 6 unit dari 310 bus AKAP. Dari hasil Rampcheck, terdapat 50 persen atau sekitar 3 unit bus yang tak lulus atau tak laik jalan.

Penulis:

Baca Juga