Cadas, Kabut Asap Indonesia Mampir ke Malaysia, 400 Sekolah Diliburkan

Serawak, Akuratnews.com - Kebakaran Lahan dan Hutan di Indonesia dikabarkan sudah  mampir ke negara tetangga, Malaysia dan kemungkinan Singapura. Kabut asap yang cukup pekat membuat pemandangan di Serawak mulai mengkhawatirkan.

Mengantisipasi gangguan kesehatan pada warganya, Pemerintah Malaysia mulai membagikan masker dan meliburkan lebih dari 400 sekolah di negara bagian Serawak.

mengutip keterangan para pejabat, 500 ribu masker telah dibagikan di negara bagian Sarawak . Reuters melaporkan pada, Selasa (10/9/2019) kemarin.

Dikabarkan, Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia (NADMA) mengatakah pihaknya sudah membagikan 500 ribu masker ke negara bagian itu setelah indeks polusi udara mencapai tingkat tidak sehat pada Selasa (10/9).

Salah satu distrik di Sarawak tingkat polusinya mencapai 201 atau “sangat tidak sehat”, sementara data dari lima negara bagian di semenanjung Malaysia menunjukkan polusi mencapai tingkat “tidak sehat”, kata badan tersebut.

Indonesia pekan lalu mengatakan kabut asap terdeteksi berhembus dari Kalimantan ke wilayah Malaysia. Namun Selasa (10/9), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika membantah pernyataan Malaysia dan Singapura yang mengatakan mereka juga mendeteksi kabut asap yang menyebar dari Sumatra.

“Untuk kabut asap yang melintas batas, tidak ada yang terdeteksi menyebar dari Sumatra menuju semenanjung Malaysia,” kata BMKG.

Menurut BMKG,  tanda-tanda kebakaran lahan juga terdeteksi di Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, Timor Leste dan Thailand. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga