Cara Cek NPWP Online di HP/Laptop Dengan Mudah Tanpa Ribet

Solaeman Nur Rahman

Cara Cek NPWP Online

AKURATNEWS – Masih ingat dengan nomor NPWP milikmu ? Jika kalian lupa bisa mencoba untuk cek kembali NPWP dengan cara mudah. Cara cek NPWP online bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dengan mengetahui NPWP yang kalian miliki maka kalian juga bisa tahu status keaktifan nomor tersebut.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menjadi salah satu cara dari Pemerintah dalam menerapkan pajak kepada rakyatnya. Nomor NPWP berisikan nomor unik yang menjadi pembeda dari setiap orang yang berkewajiban membayar pajak. Jadi pajak yang kalian keluarkan tidak akan tertukar berkat adanya nomor yang satu ini.

Bagi kalian yang belum memiliki NPWP kalian bisa membuatnya secara online atau melalui lembaga wajib pajak di kota mu. Lalu siapa saja yang wajib membayar pajak kepada pemerintah ? Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak ulasan selanjutnya tentang informasi NPWP serta cara mengecek status keaktifan nya.

Apa Itu NPWP ?

Apa Itu NPWP ?

NPWP merupakan nomor identitas bagi setiap wajib pajak perorangan maupun wajib pajak badan. Nomor ini digunakan untuk tujuan administrasi bagi setiap wajib pajak menjalankan kewajibannya. Dengan 15 angka yang berbeda satu dengan wajib pajak lainnya membuat kewajiban wajib pajak tidak akan tertukar.

Dalam setiap urutan nomor NPWP memiliki maksud yang berbeda. 9 angka awal pada nomor NPWP menunjukan identitas wajib pajak. Kemudian tiga angka berikutnya merupakan kode Kantor Pelayanan Pajak. Dan tiga digit terakhir menunjukan status wajib pajak.

Sedangkan untuk Warga Negara Asing (WNA), Badan, Instansi dan Pemerintahan hanya perlu menambahkan angka (0) didepan NPWP. Jadi jumlah NPWP menjadi 16 angka sedangkan untuk minimal gaji wajib pajak adalah 5 juta dalam sebulan. Namun jika dibawah 5 juta menjadi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Baca Juga:  Cara Salin Link Video Tiktok Sendiri Dan Orang Lain Untuk Dibagikan

Fungsi dan Kegunaan NPWP

Fungsi dan Kegunaan NPWP

Kegunaan NPWP tentu saja sebagai nomor identitas bagi setiap wajib pajak di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemerintah melakukan proses administrasi dalam perpajakan. Selain itu, NPWP juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut :

Untuk Membuat SIUP

Untuk mendirikan sebuah usaha perdagangan dan usaha kecil ataupun mikro akan dibutuhkan NPWP. Hal ini sebagai syarat untuk mengajukan badan usaha yang kalian dirikan. Dan mendaftarkan badan usaha tersebut kepada Direktorat Jendral Pajak (DJP) untuk menunaikan kewajiban perpajakan.

Persyaratan Administrasi Perpajakan

Fungsi lainnya dari NPWP sebagai persyaratan administrasi perpajakan. NPWP yang kalian miliki sebagai syarat untuk melaporkan pajak kepada badan perpajakan. Dengan memiliki NPWP maka administrasi perpajakan akan lebih mudah, cepat dan ringan dalam pembayaran pajak.

Jenis NPWP

NPWP di Negara Indonesia dibagi menjadi dua jenis yang pertama NPWP Perorangan dan yang kedua NPWP badan. Jenis NPWP perorangan merupakan sebuah Identitas wajib pajak yang dimiliki seseorang yang sudah berpenghasilan di Indonesia. Dan untuk NPWP Badan merupakan jenis NPWP yang dimiliki perusahaan yang sudah berpenghasilan di Indonesia.

Cara Mudah Untuk Membuat NPWP Secara Online

Cara Mudah Untuk Membuat NPWP Secara Online

Untuk setiap Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki penghasilan tetap harus memiliki NPWP. Hal ini sebagai kewajiban bagi setiap Warga Negara yang taat dengan wajib pajak. Cara membuat NPWP secara online dengan mudah bisa simak panduan dibawah ini :

  1. Silahkan buka browser pada perangkat.
  2. Kemudian masuk pada halaman resmi Pajak.go.id.
  3. Lalu pilih menu “Pendaftaran NPWP”.
  4. Pilih opsi daftar dan masukan email yang masih aktif serta isi kolom captcha.
  5. Klik tombol daftar.
  6. Setelah itu akan ada verifikasi yang dikirimkan melalui email terdaftar.
  7. Lakukan verifikasi untuk mengaktifkan akun.
  8. Setelah terverifikasi, silahkan isi semua informasi data diri dengan benar dan lengkap.
  9. Pastikan kembali jika semua data sudah terisi dengan benar.
  10. Klik daftar NPWP.
  11. Silahkan isi semua kolom pernyataan.
  12. Klik “Simpan” dan kirim permohonan.
  13. Lalu tekan tombol “minta token” lalu “isi captcha” dan klik “submit”.
  14. Kode token dikirim melalui e-mail, silahkan salin kode tersebut.
  15. Klik kirim dan permohonan NPWP selesai.
Baca Juga:  Blank Text Generator : Copy Blank Text (Teks Kosong) Untuk WA, Tiktok, IG, FF, Dll

Itulah cara mudah membuat NPWP secara online melalui halaman resmi Direktorat Jendral Pajak (DJP).

Cara Cek NPWP Online

Cara Cek NPWP Online

Jika kalian sudah memiliki nomor NPWP kalian bisa mengecek nomor NPWP secara online. Namun untuk kalian yang belum memiliki nomor NPWP silahkan untuk mendaftar melalui halaman resmi DJP. Kalian bisa melihat panduan membuat NPWP online seperti diatas.

Nah, berikutnya cara cek NPWP online dengan mudah dan cepat sebagai berikut :

Cara Cek NPWP Online melalui DJP

Untuk mengetahui NPWP pribadi ataupun badan kalian bisa melihat melalui halaman resmi DJP. Untuk caranya kalian bisa simak pada penjelasan dibawah :

  1. Pertama silahkan kalian kunjungi halaman resmi DJP.
  2. Lalu lakukan login menggunakan nomor NPWP dan kata sandi.
  3. Proses pengecekan NPWP akan berjalan.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Maka informasi data dan nomor identitas NPWP akan muncul jika masih aktif. Namun jika NPWP kalian tidak aktif maka tidak akan muncul.

Cara Cek NPWP Online melalui Nomor KTP dan KK

Cara kedua yang bisa kalian coba dengan menggunakan nomor KTP dan KK untuk cek NPWP. Metode ini jika kartu Wajib Pajak kalian hilang dan lupa nomor NPWP pada kartu tersebut. Nah, berikut langkah mudah untuk cek NPWP melalui KTP dan KK :

  1. Langkah awal silahkan kunjungi halaman Pajak.go.id dari browser.
  2. Setelah masuk pada halaman utama silahkan untuk scroll sampai bawah.
  3. Sampai kalian menemukan cek NPWP.
  4. Lalu masukan nomor NIK KTP dan KK.
  5. Masukan kode captcha pada kolom lalu submit.
  6. Maka akan muncul informasi nomor dan identitas wajib pajak serta status ke aktifan nomor NPWP tersebut.
Baca Juga:  Cara Setting APN Axis 4G Tercepat Agar Sinyal Kuat Untuk Game Online

Cek NPWP Online Melalui Situs Resmi

Metode berikutnya yang bisa kalian coba untuk cek NPWP online dengan cara membuka situs resmi DJP. Melalui situs ini kalian bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar NPWP.

  1. Langkah pertama buka situs resmi ereg.pajak.go.id.
  2. Silahkan masuk menggunakan NPWP atau email.
  3. Setelah itu, masukan password.
  4. Isi kolom captcha dengan benar.
  5. Jika NPWP kalian masih aktif maka informasi nomor NPWP akan muncul. Namun jika NPWP tidak aktif maka tidak akan ada informasi apa pun.

Untuk kalian yang memiliki NPWP namun tidak aktif kalian bisa mencoba untuk mengaktifkan nya kembali.

Cara Mengaktifkan Kembali Status NPWP

Cara Mengaktifkan Kembali Status NPWP

Ada beberapa faktor yang membuat status NPWP kalian tidak aktif seperti Penghasilan Tidak Kena Pajak. Dan cara untuk mengaktifkan kembali status NPWP kalian bisa dengan cara berikut :

  1. Buka situs resmi www.Pajak.go.id.
  2. Lalu unduh formulir permohonan aktivasi NPWP.
  3. Silahkan untuk mengisi data dan informasi yang dibutuhkan dalam formulir tersebut dengan lengkap dan benar.
  4. Serahkan formulir tersebut ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  5. Jika semua sudah lengkap silahkan untuk menyerahkan ke KPP sertakan fotokopi KTP dan NPWP lama.
  6. Setelah itu, petugas KPP akan melakukan penelitian kembali administrasi perpajakan untuk mengaktifkan kembali status NPWP.

Itu saja informasi yang dapat disampaikan tentang cara cek NPWP online dengan mudah dan akurat. Silahkan kalian pilih salah satu metode yang sudah dijelaskan pada ulasan diatas. Semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait