Cara Membuat Format Jurnal di Word untuk Skripsi/Tugas Akhir

Solaeman Nur Rahman

Cara Membuat Format Jurnal di Word untuk Skripsi

Cara membuat format jurnal di Word merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa, dosen, atau akademisi yang berhubungan dengan penelitian. Karena jurnal sendiri sudah menjadi standar publikasi yang harus dilakukan agar penelitian kamu dapat terbit.

Format jurnal sendiri terkadang memiliki perbedaan di setiap kampus atau lembaga pendidikan. Namun biasanya struktur utamanya sama. Sehingga tidak ada format khusus untuk cara membuat format jurnal skripsi di Word.

Oleh karena itu, tidak ada plugin atau cara paten dalam membuat format jurnal di Word. Akan tetapi setidaknya ada banyak hal yang harus dipahami dan penuhi dalam membuat jurnal di Word. Ini akan kita bahas selengkapnya di sini agar penyusunan jurnal yang sedang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Cara Membuat Format Jurnal di Word yang Baik dan Benar

Cara Membuat Format Jurnal di Word yang Baik dan Benar

Berikut poin-poin yang harus ada pada jurnal ilmiah, pastikan semua poin di bawah ini ada dan dibuat dengan baik.

1. Judul

Judul jurnal adalah poin pertama yang wajib ada pada penulisan jurnal kamu. Peletakkan judul sudah pasti berada di bagian paling atas dan halaman pertama jurnal. Penulisan judul biasanya dibuat dengan Bahasa Indonesia, kemudian diikuti dengan Bahasa Inggris yang dicetak miring.

Keduanya juga harus dicetak tebal. Namun beberapa lembaga juga ada yang mengatur untuk mencetak judul dengan Bahasa Indonesia sedikit lebih tebal daripada Bahasa Inggrisnya.

Selain itu, tak jarang juga judul jurnal ini diletakkan pada halaman tersendiri yang disebut dengan halaman judul atau title page. Jika dibuat demikian, maka halaman ini hanya akan memuat judul yang dicetak dengan font berukuran besar dan beberapa data meta lain.

Baca Juga:  4 Cara Mengurutkan Data di Word Berdasarkan Tanggal, Abjad, dll

2. Nama Penulis

Dalam cara membuat jurnal di Word, poin yang tak boleh dilewatkan adalah menulis kontributor atau siapa saja yang turut berkontribusi dalam penulisan atau penelitian yang dimuat dalam jurnal tersebut. Penulis ini bisa lebih dari satu orang tentunya, dengan nama ketua tim ditulis paling awal.

Penulisan kontributor ini umumnya diletakkan di bagian paling atas jurnal di bawah judul. Begitu juga apabila judul jurnal ditulis pada satu halaman, maka nama penulis ini juga ditulis di bagian bawah judul jurnal. Untuk format pastinya, bisa melihat panduan yang biasanya sudah disediakan oleh lembaga terkait.

3. Abstrak

Dalam cara membuat format jurnal di Word, format merupakan bagian yang wajib ada di setiap jurnal. Abstrak sendiri merupakan ringkasan dari keseluruhan isi jurnal mulai dari latar belakang, metode, hasil, hingga kesimpulan.

Beberapa lembaga mensyaratkan abstrak untuk ditulis dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris. Sedangkan untuk jurnal internasional tentu saja harus menuliskan semuanya dalam Bahasa Inggris. Abstrak sendiri umumnya ditulis dengan huruf Italic atau cetak miring.

Biasanya, abstrak memiliki panjang antara 100-250 kata, tergantung pada aturan yang berlaku di jurnal atau konferensi tertentu. Abstrak harus disusun dengan baik dan memberikan gambaran yang akurat tentang isi jurnal, dengan mengikuti urutan logis dari bagian utama jurnal.

4. Pendahuluan

Jika sedang mengerjakan jurnal dari skripsi, maka bab pendahuluan ini biasanya merupakan ringkasan dari bab 1 dan 2 skripsi tersebut. Pendahuluan ini akan berisi tentang latar belakang dan gap antara permasalahan dan pengetahuan yang sudah ada.

Dalam penulisan pendahuluan, penulis harus memastikan bahwa isinya dapat menggambarkan secara jelas dan akurat latar belakang penelitian. Hal ini meliputi mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan, relevansi penelitian tersebut dengan topik yang sedang diteliti, dan pengaruhnya di lapangan.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Biodata di Word PC/Laptop dan HP

Dalam penulisan pendahuluan, penulis juga harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, serta merujuk pada sumber-sumber referensi yang relevan dan terbaru dalam bidang yang sedang diteliti.

Pendahuluan harus ditulis dengan baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi pembaca untuk membaca lebih lanjut isi jurnal dan memperluas pengetahuan mereka di bidang tersebut.

5. Metode

Metode adalah poin selanjutnya yang harus ada ketika kamu mempraktikkan cara membuat format jurnal di Word. Setelah sebelumnya menuliskan pendahuluan yang membahas tentang latar belakang dan fenomena terkini yang lebih umum, ketika masuk ke metode semuanya akan lebih mengerucut,

Karena di sini kamu sebagai penulis harus menjelaskan secara teknis tentang metode apa yang akan digunakan dalam penelitian di jurnal tersebut untuk meraih hasil yang diinginkan. Selain itu metode ini juga harus menunjukkan secara detail serta langkah per langkah apa saja yang akan dilakukan.

Termasuk jika penelitian kamu melibatkan alat dan bahan maka semua itu harus dicantumkan pada poin ini. Selain itu harus jelaskan dengan detail tentang partisipan penelitian, teknik pengambilan sampel, instrumen atau alat yang digunakan, serta prosedur analisis data yang digunakan.

Kamu juga harus menjelaskan bagaimana data dikumpulkan, dikodekan, dan dianalisis untuk menjawab pertanyaan penelitian.

6. Hasil

Cara membuat format jurnal di Word tidak akan pernah terlepas dari hasil. Karena setelah semua persiapan yang sudah penulis lakukan, penulis pasti sudah mendapatkan hasil penelitian yang siap ditulis di jurnal ini.

Di poin ini, penulis bisa merinci hasil yang didapatkan secara detail dengan menggunakan metode apapun yang bisa menjelaskan data secara detail. Karena pada umumnya, hasil ini berkaitan dengan data seperti tabel, gambar, dan lain-lain.

Baca Juga:  Cara Membuat Text Box di Word, Memindahkan dan Menubah Bentuknya

Selanjutnya, penulis juga harus menjelaskan temuan signifikan yang dihasilkan dari penelitian. Hal ini meliputi hasil pengujian hipotesis, temuan utama yang ditemukan dalam penelitian, serta temuan yang sesuai dengan literatur terkait.

7. Kesimpulan

Kesimpulan berisi tentang ringkasan penting dari hasil yang sudah ditulis sebelumnya. Pada kesimpulan ini, penulis harus menyimpulkan apa yang telah penulis dapatkan dari keseluruhan penelitian yang ditulis pada jurnal tersebut.

Selain itu kesimpulan juga wajib menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah, tidak peduli apakah pertanyaan tersebut terjawab dengan baik atau justru sebaliknya. Semua harus ditulis sebenar-benarnya berdasarkan temuan yang didapat pada bab hasil.

8. Lampiran

Lampiran merupakan bagian yang dapat digunakan untuk melampirkan data-data dan dokumen pendukung yang mendukung hasil. Tapi bagian ini biasanya tidak wajib jika memang penelitian yang sedang dilakukan tidak memiliki lampiran.

Format Jurnal di Word

Meskipun terkadang format jurnal berbeda, namun ada satu format yang sering digunakan dan ditemukan di berbagai kampus. Berikut cara membuat format jurnal di Word untuk bentuk format yang paling umum:

  • Buat judul dan nama kontributor di bagian paling atas
  • Setelah itu di bagian bawah beri garis dengan menggunakan line untuk memisahkan antara header dan konten jurnal
  • Untuk isi, pastikan sudah membuatnya dengan dua kolom dengan cara klik Paragraph dan pilih Column lalu pilih 2 bagian
Untuk isi, pastikan sudah membuatnya dengan dua kolom dengan cara klik Paragraph dan pilih Column lalu pilih 2 bagian
  • Selesai, jurnal bisa dilanjutkan dengan mulai mengetik jurnal pada kolom yang sudah dibuat.

Tidak ada cara membuat format jurnal di Word yang baku. Kamu bisa melakukan improvisasi sendiri, dengan syarat tetap memasukkan bagian-bagian jurnal yang sudah kami jelaskan di atas.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait