Cara Logout Wifi ID di HP Dan Laptop Dengan Mudah & Cepat

Solaeman Nur Rahman

Cara Logout Wifi.id

AKURATNEWS – internet merupakan salah satu kebutuhan utama manusia dijaman ini. Manusia seolah hampir tidak bisa hidup tanpa adanya koneksi dari interet itu sendiri, selain karena perkembangan teknologi, begitu banyak aspek kehidupan yang berkaitan secara langsung dengan internet.

Baik itu kesehatan, pendidikan, pekerjaan, hiburan dan lain sebagainya, membutuhkan koneksi internet untuk bisa berintegrasi dengan baik. Maka tidak berlebihan jika internet di jaman ini masuk kedalam kebutuhan utama selain sandang, pangan dan papan.

Namun pada kenyataanya, tidak 100% masyarakat dapat menikmati koneksi internet yang ada, karena infrasrtuktur yang kurang memadai, seperti penyediaan BTS untuk penghubung sinyal internet.

Dengan kekurangan tersebut, pihak telkom sebagai perusahaan BUMN yang bergerak dan bertanggung jawab atas penyebaran internet di seluruh Indonesia, berusaha agar rakyat Indonesia mampu menikmati jaringan internet tanpa terkecuali.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakannya layanan wifi umum dengan naya wifi.id. Dengan keberadaan wifi.id ini pemerintah berharap daerah plosok mampu tetap menikmati internet dengan baik.

Apa itu Wifi.id

Berdasarkan web telkomsel.com, Wifi.id merupakan layanan yang menyediakan koneksi internet wifi unlimited, dengan dukungan oleh puluhan ribu titik akses atau AP yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, kamu bisa mengakses internet tanpa perlu berlangganan melalui internet rumahan, karena kamu hanya memerlukan titik poin wifi.id dan menggunakan wifi melalui koneksi wifi.id tersebut.

Sehingga dengan kehadiran wifi.id ini, mampu memenuhi kesetaraan penyebaran internet di seluruh plosok Indonesia, dan tentunya akan berdampak ke banyak aspek kehidupan.

Baca Juga:  Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Syarat Dan Cara Medaftar

Jika kamu sudah selesai menggunakan wifi.id, kamu perlu untuk logout terlebih dahulu agar jika kamu berada pada titik atau point wifi.id tesebut, kamu tidak terhubung secara otomatis dan memakan biaya.

Walaupun pada kenyataannya, jika kita sudah berhasil logout, maka tidak akan kembali terkoneksi dengan wifi.id tersebut, namun namanya juga sistem yang dibuat oleh manusia, terkadang ada kendala yang tidak kita inginkan.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara atau langkah yang bisa kamu lakukan untuk logout devicemu dengan wifi.id. Cara berikut bisa kamu lakukan dimanapun kamu berada, dan menggunakan beberapa device, baik itu HP ataupun PC.

Yang perlu kamu ingat adalah, ketika berusaha logout, pastikan kamu sedang terkoneksi dengan akses poin wifi.id tersebut, sehingga kamu bisa logout dengan baik dan sempurna.

Cara Logout Wifi.id dengan Baik dan Benar

Pada dasarnya cara yang akan kami utarakan merupakan cara standar atau umum, dimana semua orang bisa untuk menggunakan cara tersebut, namun bisa jadi kamu lupa atau memang belum tahu, maka simak cara berikut.

Cara yang pertama adalah cara ketika kamu terkoneksi wifi.id menggunakan PC atau laptop, maka kamu perlu ikuti langkah berikut.

  • Buka chrome atau aplikasi browser yang biasa kamu gunakan,
  • Lalu klik web wifi.id di sini,
  • Halaman akan otomatis terbuka ketika kamu konek dengan wifi.id, dan pilih opsi Logout,
  • Kemudian kamu bisa lakukan penghapusan riwayat atau history browser dengan cara, setting > History
  • Pilih dan klik hapus data penjelajahan,

Centang semua pilihan yang ada pada kolom tersebut, untuk rentan waktu kamu bisa pilih 24jam terakhir ketika kamu konek kw wifi.id, (perhatikan jika kamu pilih rentan waktu SEMUA, maka history browser dan semuanya kan terhapus sejak awal kamu mengguanakan browser tersbut).

Baca Juga:  Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Dengan Cepat Hingga 5 Juta

Dengan cara di atas, seharusnya kamu sudah bisa logout wifi.id dengan sempurna tanpa adanya login secara otomatis lagi.

Namun dalam beberapa kasus, ada diantara mereka yang masih login dengan wifi.id meskipun sudah melakukan hal di atas.

Cara Logout Wifi.id dengan Smartphone

Ketika direload, kondisinya masih dalam keadaan login di wifi.id, maka kamu bisa ikuti cara lainnya sebagai alternatif tambahan jika hal-hal tersebut terjadi.

Langkah berikut merupakan cara melalui smartphone android yang kamu koneksikan dengan wifi.id, ikut langkahnya sebagai berikut.

  • Buka pengaturan di HPmu,
  • Pilih pengaturan WIFI atau koneksi,
  • Cari nama wifi.id yang ingin kamu logout atau yang sedang terhubung denganmu saat ini,
  • Tap pada pilihan lupakan jaringan atau forget network,

Dengan mengikuti langkah di atas, ketika kamu hendak login dengan wifi.id di atas, seharusnya kamu harus login ulang kembali, dan dengan demikian kamu tidak bisa logout dengan baik.

Selain dengan cara konvensional di atas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur logout yang terdapat dalam aplikasi wifi.id GO.

Cara Logout Wifi.id dengan Wifi.id GO 

Sebelum melakukan cara satu ini, pastikan kamu sudah install aplikasi wifiid GO dengan baik sebelumnya, ketika sudah berhasil install aplikasinya, maka ikuti saja cara berikut untuk bisa logout wifi.id dengan baik.

  • Buka aplikasi Wifi.id GO yang sebelumnya sudah kamu install,
  • Perhatikan pada pilihan connection yang ada di ujung kanan atas,
  • Tap pada simbol geser tersebut untuk mematikan koneksinya,
  • Jika warna sudah berubah menjadi abu-abu, maka kamu berhasil logout dari wifi.id yang tekoneksi saat itu.

Cara Logout Wifi.id via Laptop atau PC

Tidak berbeda dengan settingan pada HP, di PC atau Laptop kamu juga bisa menemuan settingan, dimana kamu bisa melupakan atau forget network pada settingan tersebut

Baca Juga:  Cara Ganti Password Gmail Yang Lupa Sandi di HP/Laptop

Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa langsung secara otomatis logout wifi.id, namun memang tidak semua orang tahu cara melakukan hal tersebut, jika kamu adalah salah satunya, maka ikuti saja langkah berikut.

  • Geser kursor dan arahkan ke taskbar windows, cari simbol wifi yang ada pada pojok kanan taskbar,
  • Pilih dan klik kanan pada koneksi wifi.id yang ingin kamu logout,
  • Pilih dan klik forget,
  • Otomatis koneksi akan terputus dan kamu tidak akan login kembali ke wifi.id
  • Jika cara di atas kurang berhasil, dan masih mengalami kendala, kamu bisa melakukan langkah atau cara logout wifi.id dengan menggunakan CMD.

Cara Logout Wifi.id via CMD

Buka CMD dengan cara mencarnya di kolom search, atau untuk lebih cepat kamu bisa pencet windows+R pada keyboard,

  • Ketik peirntah ipconfig dan tekan enter,
  • Cari barisan yang bertuliskan IPv4 Address, lalu copy saja IP tersebut,
  • Copy link berikut ke address bar di browser yang biasa kamu gunakan https://landing2.wifi.id/authnew/logout/logout.php?ipc=IPMU,
  • Paste pada bagian tulisan IPMU dengan IP address yang sudah kamu copy sebelumnya dan tekan enter,
  • Dengan langkah diatas, seharusnya kamu sudah berhasil untuk logout wifi.id,

Jika kamu melakukan apa yang sudah kami utarakan di atas, seharusnya kamu sudah bisa berhasil untuk logout wifi.id, dengan demikian kamu juga tidak perlu khawatir akan login otomatis kembali.

Seandainya kamu suatu saat mengalami hal seperti login secara otomatis, silahkan baca kembali artikel ini dengan baik, dan ikuti langkahnya sesuai dengan apa yang tertulis di artikel kali ini.

Kesimpulan

Cara logout wifi.id di atas sudah terbukti ampuh, sehingga jika kamu mengikuti langkah-langkahnya, kamu seharusnya bisa dengan mudah untuk logout wifi.id, jadi pastikan setiap langkah sesuai dengan apa yang kami tulisakan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait