Cara Membuat Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Yang Baik & Benar

Solaeman Nur Rahman

Cara Membuat Cover Letter

AKURATNEWSCara Membuat cover letter yang baik akan membuat lamaran kerja yang kalian kirim berkesempatan untuk diterima HRD. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan pekerjaan yang kalian inginkan dari perusahaan tersebut. Dalam dunia kerja bagi lulusan baru memiliki jumlah pesaing yang cukup banyak. Sehingga sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Terlebih lagi jumlah lowongan kerja lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah calon pekerja. Yang pada akhirnya akan membuat persaingan semakin ketat bagi setiap kandidat pekerja yang melamar. Untuk itu kalian perlu memperhatikan kembali isi surat lamaran kerja yang kalian buat.

Bisa saja alasan kenapa kalian belum diterima kerja sampai sekarang ini karena cover letter tidak menarik. Atau penulisan yang salah dan kelengkapan dokumen yang belum kalian penuhi. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kenapa surat lamaran kerja yang kalian kirim belum ada balasan sama sekali.

Jadi mulai lah evaluasi diri dan evaluasi kembali kelengkapan dokumen penunjang serta surat lamaran yang kalian buat. Agar kalian memiliki kesempatan untuk masuk seleksi calon pekerja dari sebuah perusahaan. Untuk itu, kalian harus tahu bagaimana cara yang baik untuk membuat cover letter.

Apa Itu Cover Letter ?

Cover letter adalah sebuah surat pengantar yang menjadi bagian dari dokumen untuk melamar kerja. Dalam surat ini berisikan latar belakang pengirim surat dengan menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami. Berisikan pengirim, ditujukan kepada siapa dan tujuan pengirim surat tersebut.

Dalam pembuatan surat nya harus jelas tujuan kalian masuk dalam perusahaan tersebut dan apa motivasinya. Menambahkan informasi kontak yang dapat dihubungi dan menerangkan keunggulan kalian sehingga kalian pantas untuk diterima kerja. Buatlah penjelasan yang singkat namun tetap mudah dipahami.

Baca Juga:  FUP IndiHome 2023 Sesuai Paket Yang Digunakan & Cara Ceknya

Cover letter sangat penting bagi pelamar karena berisikan informasi singkat tentang pelamar. Sehingga perusahaan akan tahu gambaran pelamar kerja tersebut melalui cover letter yang kalian buat. Untuk itu dalam pembuatan cover letter kalian harus membuatnya dengan baik dan benar.

Cara Membuat Cover Letter

Cara Membuat Cover Letter

Cara membuat cover letter yang baik dan benar akan menghasilkan surat yang bagus dengan begitu kalian bisa mendapatkan kesempatan kerja. Dalam pembuatan cover letter sendiri kalian memerlukan pengkajian terhadap perusahaan yang akan kalian lamar. Hal ini untuk mempermudah kalian dalam penulisan cover letter dan posisi apa yang ingin kalian tempati dalam perusahaan tersebut.

Berikut ini tata cara pembuatan cover letter yang baik dan benar :

1. Informasi Diri

Kop pertama dalam pembuatan cover letter adalah kepala bagian surat/head cover letter. Dimana dalam kepala surat ini kalian harus menyertakan informasi diri seperti nama, nomor telepon, posisi yang dilamar serta alamat email. Hal ini sebagai awal perkenalan dalam pembuatan surat, berikut contohnya :

Nama lengkap : Cherry Ho

Posisi yang dilamar : Sekertaris

Nomor telepon :081xxxxx9081

Alamat email : cherry_ho@mail.com

2. Nama dan Alamat Penerima

Bagian yang kedua dalam penulisan cover letter harus menyertakan nama dan alamat penerima dengan jelas. Jika kalian tidak memiliki informasi tentang nama penerima dari alamat yang dituju cukup menuliskan HRD.

Berikutnya kalian perlu menuliskan tanggal pembuatan surat tersebut ditulis dan nama perusahaan yang kalian tuju. Agar lebih mudah dalam membuat cover letter kalian bisa lihat contoh format berikut :

Jakarta, 15 Maret 2023

Kepada

Yth. Bapak/Ibu

HRD PT. Waskita

Jalan Durian Runtuh Nomor 12, Jakarta

3. Salam Pembuka

Format cover letter yang harus ditulis berikutnya adalah salam pembuka. Tujuan pembuatan salam pembuka dalam cover letter untuk memberikan rasa hormat kepada perusahaan yang dituju/pihak rekrutment perusahaan.

Kalian bisa membuat contoh salam pembuka seperti : Dengan Hormat, Salam Hormat.

Baca Juga:  Gampang dan Cepat! Berikut Cara Beli e-Meterai dari Distributor Resmi

4. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka sebagai format cover letter yang ke empat harus ditulis dengan baik dan jelas. Karena dalam paragraf awal surat tersebut kalian harus menjelaskan informasi diri dengan singkat dan jelas. Kemudian dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan kerja perusahaan tersebut.

Lalu kalian bisa sebutkan posisi apa yang ingin dilamar dalam perusahaan tersebut serta alasan kenapa tertarik untuk menjadi bagian perusahaan. Kalian bisa membuat paragraf pembuka seperti contoh di bawah :

Perkenalkan nama saya Cherry Ho bermaksud mengajukan lamaran kerja kepada Bapak/Ibu HRD Pt. Waskita untuk menempati posisi sekertaris. Lamaran ini saya kirim berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari LinkedId.

Saya tertarik untuk bergabung menjadi bagian perusahaan Bapak/Ibu di karenakan PT. Waskita bisa menjadi tempat saya mengembangkan kemampuan.

5. Sebutkan Pengalaman dan Kompetensi yang Dimiliki

Pada bagian surat berikutnya kalian perlu menyebutkan keterampilan yang dimiliki serta pengalaman yang menunjang lowongan kerja tersebut. Pastikan kemampuan dan kompetensi yang kalian cantumkan sesuai atau relevan dengan posisi yang ingin dilamar.

Namun apabila kalian belum memiliki pengalaman kerja tentu kalian harus menyertakan pengalaman saat kalian magang ataupun berorganisasi saat kuliah. Dengan menyertakan pengalaman kerja serta kompetensi yang dimiliki pelamar bisa menjadi pertimbangan HRD.

Kalian bisa menuliskan pengalaman kerja serta potensi yang dimiliki salam satu paragraf atau dua paragraf dengan jelas. Untuk bisa mendapatkan contoh penulisannya kalian bisa melihat pada contoh dibawah :

Saya memiliki kemampuan menyusun laporan dan berkorespondensi serta dapat menggunakan bahasa indonesia dan bahasa asing. Saya juga menguasai teknik menyimpan arsip, teknik berkomunikasi menggunakan telepon, menulis cepat dengan steno serta teknik mengetik surat. Posisi sekertaris ini sangat cocok dengan minat dan kemampuan saya.

6. Penutup

Sebagai format terakhir dalam penulisan cover letter adalah bagian penutup surat. Kalian bisa membuat satu paragraf penutup dengan baik dan mengesankan agar berkesan bagi pihak rekrutment. Lalu pada akhir kalimat kalian ucapkan terima kasih, sebagai contoh kalian bisa lihat dibawah :

Baca Juga:  192.168.100.1 Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP /Laptop

Demikian surat lamar ini saya buat, besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan untuk mengikuti proses selanjutnya. Agar saya dapat menjelaskan potensi saya dengan lebih detail.

Atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

7. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Lalu untuk format terakhir kalian perlu mengisi surat dengan tanda tangan dan nama lengkap. Untuk penulisan ini kalian bisa menulisnya pada bagian pojok kanan bawah pada akhir surat.

Contoh :

Hormat saya,

(Tanda Tangan)

Cherry Ho

8. Lampiran

Setelah membuat cover letter yang baik dan benar kalian juga perlu melampirkan dokumen pendukung dalam surat tersebut. Kalian perlu melampirkan dokumen pendukung tersebut dalam satu PDF agar lebih mudah untuk dibaca baik CV maupun dokumen lainnya.

Pentingnya Cover Letter dalam Melamar Kerja

Pentingnya Cover Letter dalam Melamar Kerja

Dalam menuliskan cover letter dalam surat lamaran kerja yang kalian buat tujuannya untuk menjelaskan informasi diri pada pemberi kerja. Hal ini berkaitan dengan salam perkenalan dari pencari kerja kepada pihak pemberi kerja. Sehingga kalian harus memperkenalkan diri dengan baik dan sopan.

Penulisan cover letter yang baik dan benar harus menyertakan beberapa format seperti yang sudah dijelaskan diatas. Agar surat lamaran kerja yang kalian buat bisa menarik pemberi kerja(perusahaan). Jadi pihak perusahaan bisa tahu lebih spesifik tentang kemampuan dan pengalaman kalian di dunia kerja.

Dengan begitu kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang kalian inginkan. Pentingnya penulisan cover letter dengan baik dan benar untuk bisa diterima di tempat kalian melamar. Lalu kalian bisa mendapatkan penghasilan yang layak untuk menunjang hidup.

Itulah cara membuat cover letter yang baik dan benar telah diulas pada kesempatan kali ini. Kalian bisa menulis cover letter dari contoh format diatas agar kesempatan mendapatkan kerja lebih besar. Semoga informasinya bermanfaat dan terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait