Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome Melalui HP Dan Laptop

Solaeman Nur Rahman

Cara Membatasi Pengguna Wifi

AKURATNEWS – Cara membatasi pengguna wifi merupakan salah satu hal yang selayaknya kamu ketahui. Terlebih lagi jika kamu berada pada lingkungan yang ramai penghuninya. Tentunya masalah keamanan merupakan faktor utama untuk bisa membatasi pengguna wifi.

Selain hal tersebut, jika kita membatasi pengguna wifi, kita akan mampu untuk mempertahankan speed internet yang ada pada paketan kita. Dan juga bagi kamu yang memiliki paket internet dengan kebijakan FUP, maka harus memperhatikan hal dalam jumlah pengguna wifi.

Membatasi pengguna wifi bukanlah sebuah tindakan pelit atau buruk dalam bersosialisasi, namun merupakan salah satu bentuk keamanan bagi diri kita sendiri, oleh karena itu kami sangat menyarankan untuk kamu semua agar membatasi pengguna wifi yang ada di rumahmu.

Alasan Mengapa Harus Membatasi Pengguna Wifi

Memasang internet rumahan merupakan hal umum yang hampir dimiliki oleh setiap rumah. Hal ini merupakan hal wajar mengingat internet sudah menjadi kebutuhan utama yang harus atau wajib ada dan kita miliki. Oleh karena itu internet menjadi hal yang paling penting dan harus kita jaga keamanannya.

Dalam setiap paket internet rumahan yang kita sewa atau pakai memiliki speed dan batas bandwithnya masing-masing, terlebih ada beberapa penyedia layanan seperti indihome yang memiliki kebijakan FUP dalam paketan mereka.

Pernahkah kamu mendapati jika internet di rumahmu mendadak lemot tanpa sebab? Memang banyak hal yang membuat internet indihome menjadi lemot, dan salah satunya adalah banyaknya pengguna dalam satu waktu yang melebihih batas maksimal dalam paket yang disediakan provider.

Misalkan kamu mengambil pake speed 50mbps indihome, dan misalkan batas maksimal atau yang direkomendasikan adalah 18 pengguna dalam satu waktu, ketika ada 20 orang yang terkoneksi dengan wifi kita secara bersamaan, maka internet akan menjadi lemot.

Baca Juga:  Cara Setting APN Axis 4G Tercepat Agar Sinyal Kuat Untuk Game Online

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada dirimu, kamu harus mengetahui cara membatasi pengguna wifi di rumahmu agar tidak terjadi penggunaan bandwith yang melebihi kapasitas wifimu, caranya? Simak ulasannya berikut.

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Untuk pengaturan dalam membatasi pengguna wifi adalah hal yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu memanggil teknisi dari penyedia layanan internetmu.

Caranya pun bisa kamu gunakan dalam beragam cara, sehingga banyak opsi yang bisa kamu pilih jika cara yang satu dengan yang lainnya terlihat sulit pada dirimu.

Langsung saja kita akan bahas bersama beberapa cara dalam pengatur pengguna wifi.

Cara Membatasi Pengguna Wifi via Modem

Setiap penyedia provider internet wifi rumahan, pasti menggunakan modem yang disewakan selama kita masih berlangganan, dan modem ini memiliki banyak fungsi dan pengaturan, yang kita bisa setting sendiri.

Salah satu pengaturan yang bermanfaat ialah untuk membatasi pengguna wifi, hal ini bisa kita lakukan dengan cara berikut.

  • Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengetahui merk modem dan akses IP address modem tersebut, kali ini kita ambil contoh saja untuk modem indihome yang memiliki akses login atau IP address di 192.168.1.1,
  • Jika sudah tahu IP address dari modem yang kita gunakan, ketik alamat IP tersebut di web browser yang kamu gunakan,
  • Masukkan admin dan passwordnya, untuk secara umum, biasanya adalah “admin” dengan password “admin” juga,
  • Cari pilihan atau tab setting dalam laman pengaturan yang sudah terbuka sebelumnya.
  • Lalu pada tab Network, pilih SSID setting, maka kamu akan menemukan pengaturan mengenai pembatasan pengguna wifi yang bisa terhubung ke wifimu atau modemmu,
  • Atur jumlah pengguna wifi sesuai yang kamu inginkan, namun perlu diingat, agar tidak melebihi 15 perangkat, hal ini untuk menghindari terjadinya bottleneck dalam koneksimu,
  • Langkah terakhir dengan cara klik save, dan pengaturan yang sudah kamu atur sebelumnya akan tersimpan dan diterapkan dalam modem,

Jika kamu sudah mengikuti langkah diatas dengan baik dan benar, maka jika ada lebih dari jumlah perangkat yang kamu atur, akan secara otomatis terpental alias tidak bisa terkoneksi ke wifimu.

Baca Juga:  7 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Paling Mudah dan Cepat 2023

Cara Membatasi Pengguna Wifi via Netcut

Pada umumnya, cara membatasi pengguna wifi dengan cara menyetting modem akan dihindari oleh kita semua, terutama jika kita masih terlalu awam.

Karena jika salah pencet atau salah setting, kita khawatir modem yang kita gunakan akan menjadi error dan malah tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Maka dari itu, jika memang kamu kesulitan dalam memahami langkah yang menggunakan modem, akan ada banyak cara lainnya, salah satunya dengan menggunakan aplikasi netcut, berikut langkahnya.

  • Download dan install aplikasi netcut di PC atau laptopmu pada web resminya di arcai.com,
  • Jika sudah buka netcut di PC,
  • Netcut akan me-scan pengguna wifi yang terhubung dalam jaringan yang sama denganmu,
  • Jika proses scan selesai, kamu akan melihat siapa saja yang terhubung dengan wifi rumahmu,
  • Setelah daftar tersebut keluar, kamu bisa mengatur atau membatasi kecepatan dari masing-masing pengguna wifi dalam list tersebut, dan kamu juga bisa blokir pengguna tersebut,
  • Hal ini bisa kamu setting atau atur sebanyak 10x dalam sehari jika kamu merupakan pengguna gratisan netcut.

Dengan netcut, kamu bisa leluasa untuk mengatur speed dan blokir pengguna wifi secara realtime, kelebihan ini juga membuat aplikasi netcut lebih digemari oleh orang.

Cara Membatasi Pengguna Wifi via Wifi Blocker

Cara membatasi pengguna wifi kali ini akan menggunakan aplikasi wifi blocker, namun aplikasi ini merupakan aplikasi yang hanya bisa diakses bagi kamu pengguna apple, jadi android minggir sebentar ya.

  • Download dan install wifi blocker dari appstore,
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut, maka wifi blocker akan melakukan scanning secara otomatis hingga list penggua wifi akan keluar,
  • Perangkat yang terdeteksi memiliki identitasnya masing-masing, dan kamu bisa memilih perangkat mana yang bisa konek ke wifimu dan mana yang tidak,
  • Caranya kamu hanya perlu tap pada perangkat tersebut lalu pilih block, maka perangkat tersebut tidak akan bisa mengakses internet melalui wifimu.

Aplikasi wifi blocker memiliki pengaturan untuk mengatur batas pengguna dengan jadwal dari perangkat masing-masing, sehingga hal ini sangatlah cocok bagi orang tua yang ingin membatasi penggunaan wifi anak meraka secara berlebihan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET Pada Chrome di HP/Laptop

Cara Membatasi Pengguna Wifi via P2Pover

Sama halnya seperti netcut, p2pover merupakan aplikasi di windows yang bisa memblokir dan membatasi speed pada perangkat yang kita inginkan, aplikasi ini berasal dari Tiongkok, namun tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakannya.

  • P2pover tidak bisa kita akses jika bukan dari negara tiongkot, karenanya kamu perlu menggunakan VPN ke negeri China lalu akses ww12.netsoft2012.com,
  • Download dan install aplikasi tersebut, dan jalankan jika install telah selesai,
  • Ubah pengaturan bahasa terlebih dahulu ke bahasa Inggris, karena defaultnya menggunakan bahasa mandarin,
  • Jika sudah ganti bahasa pilih system setting untuk masuk ke bagian pilihan tab,
  • Pilih tab pengaturan dan klik network adaptor, dan pilih jenis adaptor yang terhubung dengan komputer atau laptopmu,
  • Pilih New pada tab Schedule Setting,
  • Lalu klik tab Control All, pada tombol Start klik kanan, dan Apply Rule to Host Selected,
  • Klik perangkat yang ingin kamu blokir lalu pilih save.

Meskipun agak ribet karena harus menggunakan VPN dan mengganti bahasa ke dalam bahasa Inggris, namun p2pover masih bisa menjadi alternatif netcut, dan settingannya pun tidak begitu berbeda jauh.

Cara Membatasi Pengguna Wifi via Netlimiter

Cara terkahir yang bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna wifi yaitu dengan menggunakan aplikasi netlimiter. Netlimiter merupakan aplikasi speed limiter atau pembatas kecepatan internet dengan pengaturan yang sederhana.

  • Download aplikasi netlimiter di www.netlimiter.com/products,
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih pengaturan,
  • Klik pada tab Activity View, dan kamu bisa membatasi pengguna yang bisa konek ke wifi mu,
  • Selain hal tersebut kamu juga bisa membatasi speed internet disetiap pengguna sehingga tidak saling membebani bandwith.

Kesimpulan

Mudah bukan cara membatasi pengguna wifi? Hal ini memang patut kamu lakukan sebagai tindakan proteksi diri dan keamanan diri sendiri, oleh karena itu perhatikan langkah-langkah di atas dengan baik dan selamat mencoba.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait