192.168.100.1 Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP /Laptop

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Siapa yang tidak kenal dengan indihome? Rasanya hamper setiap orang yang tinggal di Indonesia pasti mengenal provider internet nomor satu ini. Benar saja karena Indihome merupakan perusahaan penyedia layanan internet terbesar di Indonesia.

Hal ini tidak lain karena memang indihome merupakan milik telkomsel, dimana telkomsel adalah salah satu perusahaan BUMN, artinya indihome memiliki dukungan penuh dari dalam pemerintahan negara Indonesia itu sendiri. Dari hal demikian sudah menjadi alasan utama mengapa indihome menjadi nomor satu di Indonesia.

Menjadi nomor satu tentuny memiliki tantangannya tersendiri, harus melayani ratusan juta jiwa penduduk Indonesia, Indihome wajib untuk bisa terus mengalami kemajuan baik dalam pelayanan maupun teknisnya.

Oleh karena itu dari pihak Indihome juga wajib untuk bisa memberikan yang terbaik untuk warga Indonesia dalam hal layanan internet. Namun dengan begitu banyak usaha, tetap saja pasti ada kekurangan di dalamnya, salah satunya adalah mengenai keamanan yang ada dalam indihome itu sendiri.

Keamanan yang kami maksud merupakan masalah password wifi indihome yang terkadang bisa bocor atau dibobol oleh orang, namun kejadian ini memang sangat jarang ditemukan. Akan tetapi dengan demikian bukan berarti kita bisa lengah.

Solusi dari hal keamanan tersebut adalah dengan mengetahui cara ganti password widi indihome, dimana kita bisa sewaktu-waktu menggati password wifi indihome.

Alasan Ganti Password Wifi Indihome

Terdapat beberapa alasan yang sering kali membuat kita wajib dan harus mengganti password wifi indihome, hal ini bukan berarti serta merta wifi kita yang kebobolan saja ya, nah berikut beberapa alasan mengapa ganti password wifi indihome sangat disarankan.

Baca Juga:  7 Cara Sadap HP Pasangan Dari Jarak jauh Paling Akurat

Meningkatkan Keamanan

Sering kali kita membertikan password wifi indihome yang terpasang di rumah kita ke tetangga atau kerabat terdekat, dan hal tersebut bisa saja menjadi boomerang bagi diri kita sendiri. Mengapa demikian?

Jika kita mendapati tetangga atau orang yang kita percaya lalu memberi password wifi indihome kita, namun mereka berkhianat, dan memberikan passwordnya ke orang lain yang kita tidak kenal tanpa sepengetahuan diri kita sendiri, maka di sanalah keamanan wifi kita wajib ditingkatkan.

Oleh karena itu jika hal demikian terjadi, kita wajib ganti password wifi indihome sesegera mungkin dan kalau bisa secara berkala, missal sebulan atau 3 bulan sekali.

Mengatasi Jaringan yang Lambat

Loh apakah ada hubungan ganti password dengan jaringan yang lambat? Tentu saja ada, jawabannya ada pasa kasus pertama di atas, Ketika kita kecolongan dengan orang lain yang secara diam-diam memberikan password wifi indihome ke orang lain.

Jika hal demikian dipakai, maka bisa jadi orang lain menggunakan wifi kita secara membabi buta tanpa Batasan waktu, dan benar-benar memanfaatkan wifi tersebut.

Dan Ketika hal itu tejadi, akan besar kemungkinan kamu akan menyentuh batas FUP yang diterapkan oleh indihome. Jika hal tersebut terjadi, maka speed internetmu akan menurun secara drastis, dan disanalah korelasi ganti password indihome dengan sped yang lambat.

Terhindar dari “Maling Wifi”

Tidak jarang kasus maling wifi ini terjadi, Ketika hal ini terjadi maka kuota kita akan bisa dengan bebas dan gratis dinikmati oleh orang banyak. Kasus maling wifi ini merupakan hal yang sangat menjengkelkan, oleh karena itu kamu wajid mengganti password wifi indihome secara berkala.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa/Di Kulkas Agar Tetep Awet & Segar

Cara Ganti Password Indihome

Setelah mengetahui beberapa alasan yang telah kami sebutkan sebelumna, mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana cara ganti password wifi indihome. Hal ini tidaklah selalu diajarkan oleh teknisi yang memasang jaringan indihome di rumah kita, oleh karena itu kamu harus mencarinya sendiri.

Untuk bisa ganti password wifi indihome tidaklah begitu sulit, kamu bisa ganti passwordnya melalui beberapa cara dengan device yang berbeda, oleh karena itu kamu bisa memilih cara mana yang menurutmu paling mudah.

Nah saatnya kita memasuki pembahasan pada bagaimana cara ganti password wifi indihome melalui 3 cara berikut ini.

Cara Ganti Password Indihome dari HP

Cara pertama adalah dengan menggunakan device yang hampir setiap orang memilikinya, yaitu HP, caranya tentu saja tidak sesulit yang kamu bayangkan, berikut langkahnya.

  • Kamu wajib menghubungkan HPmu dengan jaringan wifi indihome yang ingin kamu gani passwordnya,
  • Buka browser dari HPmu, baik itu chrome, opera, atau browser bawaan,
  • Masukkan URL http://192.168.1.1/ di address bar browsermu,
  • Akan keluar kolom username dan password, kamu bisa memasukkan user untuk kedua kolom tersebut,
  • Lalu pilih dan tap LOGIN,
  • Pilih menu Networks,
  • Tap pada pilihan security,
  • Akan ada kolom WPA passpharase, dan masukan password wifi baru yang kamu inginkan,
  • Tap pada opsi SUBMIT dibagian bawah layer,
  • Maka password berhasil kamu ubah,

Kamu akan ter-diskonek dengan widi indihome tersebut, dan kamu bisa melalkukan koneksi ulang dengan memasukkan password yang sudah kamu ganti sebelumnya.

Cara Ganti Password Indihome dari Aplikasi MyIndihome

Cara kedua yang bisa kamu lakukan saat ingin ganti password wifi indihome-mu, adalah dengan menggunakan HP juga, namun kali ini kamu harus menginstall aplikasi khusus yang Bernama myindihome.

  • Download dan install aplikasi myindhome di HPmu,
  • Ketika download dan install selesai, silahkan login ke aplikasi tersebut,
  • Pilih menu pengaturan pada halaman pertama,
  • Tap pada opsi ganti password,
  • Selanjutnya kamu bisa input password baru yang kamu inginkan,
  • Tap opsi ganti password yang ada di bawah,
  • Akan ada konfirmasi kode verifikasi melalui SMS,
  • Masukkan saja kode tersebut dalam kolom yang ada pada aplikasi,
Baca Juga:  Apa Itu Telkomsel Paylater? Cara Daftar, Menggunakan, & Mencairkan

Selamat, password baru berhasil kamu buat, dan kamu bisa login ulang ke wifi indihome-mu dengan menggunakan password yang sudah kamu ganti sebelumnya.

Cara Ganti Password Indihome dari CISCO

CISCO mungkin jarang didengar oleh kalangan umum, namun jika kamu mengetahuinya, kamu bisa mengubah atau gani password wifi indihome via CISCO tersebut, berikut langkahnya.

  • Masuk ke browser di PC atau laptop, dan ketikkan 168.1.1,
  • Ketik username dan password pada kolom yang ada,
  • Pilih dan klik wireless untuk bisa ganti password wifimu,
  • Klik basic wireless setting, dan klik wireless security,
  • Pada opsi passpharase, ketik password yang baru yang kamu inginkan,

Selesai, kamu hanya perlu klik tombol save pada pilihan di bawahnya, lalu dengan demikian kamu berhasil untuk mengganti password wifimu, dengan password yang kamu inginkan.

Sebelumnya, kamu jangan sampai lupa jika ketiga hal di atas bisa dilakukan hanya saat kamu terkoneksi dengan jaringan wifi indihome yang ingin kamu ubah passwordnya, jadi perhatikan hal tersebut dengan baik.

Kesimpulan

Mengganti password wifi indihome secara berkala merupakan langkan perventif untuk menghindari beberapa hal yang tidak kita inginkan, mengganti password secara berkala juga akan meningkatkan kemanan yang ada pada wifi tersebut, oleh karena itu kami sangat menyarankan untuk mengganti password paling minimal selama 6 bulan sekali.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait