Cara Mengatasi Indihome Lemot Biar Cepat Dan Stabil Hari Ini

Solaeman Nur Rahman

Cara Mengatasi Indihome Lemot

AKURATNEWS – Internet merupakan hal yang sangat penting saat ini dikehidupan kita semua. Layaknya seperti kebutuhan primer lainnya, internet menjadi sesuatu yang harus ada disetiap kehidupan manusia. Bagaimana tidak, hampir semua aspek kehidupan memiliki hubungan dengan internet.

Pada negara kita Indonesia, internet sudah menjadi jauh lebih baik dibandingkan dengan 5-10 tahun yang lalu, kita ingat bagaimana awal penggunaan internet di negeri kita, ketika saat itu masih sulit untuk bisa menggunakan internet.

Namun di tahun ini, kita sudah bisa menikmati internet yang ada dimana-mana, dengan speed atau kecepatan yang bisa dibilang sudah tidak lemot lagi. Saat ini pun banyak provider yang menawarkan layanan internet rumahan untuk seluruh penduduk Indonesia.

Dengan pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut, internet rumahan terus mengalami perubahan yang cepat, dan semakin mudah diakses. Salah satu provider yang paling terkenal di negeri kita adalah Indihome.

Hal tesebut tentu saja karena indihome itu sendiri merupakan prusahaan plat merah alias milik negara (BUMN). Dengannya mereka mampu menguasai pasar internet rumahan.

Namun tidak sering pula indihome mengalami beragam kendala yang membuat internet indihome menjadi lemot, oleh karena itu pada artikel kali ini, kita akan membahas bersama bagaimana cara mengatasi indihome lemot, dan kita akan memahami beberapa hal yang menyebabkan internet indihome menjadi lemot.

Penyebab Internet Indihome Lemot

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi indihome lemot, akan jauh lebih baik jika kita mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sebuah internet lemot.

Mau bagaimanapun, mencegah menjadi jauh lebih baik daripada mengobati, sehingga hal-hal yang menyebabkan internet lemot perlu kamu ketahui, sebelum internetmu menjadi lemot.

Baca Juga:  7 Cara Sadap HP Pasangan Dari Jarak jauh Paling Akurat

Karena kalau sudah menjadi lemot, kamu butuh beberapa waktu agar internet tersbut menjadi normal kembali, so berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebagai penyebab indihome lemot.

Melebihi batas FUP

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy, yang secara singkat berarti sebuah kebijakan keadilan dalam penggunaan internet itu sendiri. Artinya kamu tidak bisa menggunakan internet indihome secara bebas atau unlimited.

Setiap paket yang ada di indihome memiliki FUPnya masing-masing, sehingga kamu harus mengetahui berapa FUP yang kamu miliki saat memilih paket internet indihome.

Misal dalam paket internet sped 50 mbps, FUP yang dimiliki sebanyak 1200 gb dalam sebulan, sehingga ketika dalam pemakaian sebulan kamu sudah melebihi kuota sebanyak 1200gb, kamu akan mengalami penurunan kecepatan secara drastis.

Jadi pastikan kamu memahami kebijakan FUP yang diterapkan oleh indihome dalam paket internet yang mereka tawarkan.

Memahami Kemampuan Internet

Kemampuan internet yang kami maksudkan disini adalah kemampuan dalam menghandle jumlah device yang terhubung dalam sekali waktu untuk setiap paket yang kamu pilih.

Hal ini tidak begitu banyak diketahui oleh para pengguna indihome sehingga mereka mencari cara mengatasi indihome lemot di internet. Pertanyaannya adalah apakah kamu sudah memahami kemampuan internet indihome dengan baik?

Jika kamu berlangganan paket speed 20mbps, sudah tahukah kamu berapa device maksimal yang disarankan terhubung dalam satu waktu?

Banyak dari mereka yang belum mengetahui hal tersebut sehingga main asal dalam menghubungkan device bersamaan, dan hal ini tentu saja akan membuat indihome lemot. 

Nah sebagai acuannya, perhatikan list berikut dan wajib kamu ketahui dan taati.

  • 20 Mbps optimal device 5
  • 30 Mbps optimal device 7
  • 40 Mbps optimal device 10
  • 50 Mbps optimal device 18
  • 100 Mbps optimal device 25
  • 200 Mbps optimal device 30

Gangguan Teknis

Untuk penyebab yang satu ini sepertinya kita hanya bisa pasrah ya, mengingat ketika terjadi gangguan teknis, maka yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai gangguan tersebut bisa diatasi dengan baik.

Baca Juga:  Cek Resi DHL Express Lewat Website Dan Aplikasi, Mudah & Akurat

Gangguan teknis bisa dikatakan sebagai gangguan faktor X, dimana kita tidak bisa mengatisipasi hal tesebut, jadi gangguan teknis merupakan hal yang ketika terjadi, mau tidak mau harus menungu waktu sampai kembali menjadi normal.

Dari ketiga penyebab yang paling sering terjadi di atas, kamu perlu untuk mengetahui cara mengatasi indihome lemot sebagai penanganan pertama saat terjadi hal tersebut.

Siapa sih yang ingin internetnya menjadi lemot? hampir semua orang tidak suka dengan kecepatan internet yang begitu lemot. Karena dengan lemot tersebut akan berpengaruh terhadap aktifitas yang kita lakuka.

Misalnya kamu sedang push rank, akan menjadi penghambat, mengingat selain ping yang bagus, internet dengan speed kencang juga menjadi penunjang kemenangan dalam sebuah pertandingan.

Apalagi buat kamu seorang streamer, dimana kamu butuh internet dengan speed kencang, dan pastinya akan sangat mengganggu ketika speed indihome menjadi lemot.

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang memungkinkan internet indihomemu menjadi lemot, setelahnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi indihome lemot itu sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang patut kamu coba untuk mengatasi internet indihome lemot tersebut.

Sesuaikan Jumlah Pengguna dengan Paket

Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, harap kamu sudah memahami kebijakan mengenai kapasitas jumlah pengguna dalam satu waktu.

Jika hal tersebut dilanggar, maka kemungkinan besar internet yang kamu gunakan akan menjadi sangat lemot, jadi langkah awal untuk mengatasi indihome lemot adalah dengan memantau jumlah pengguna dalam satu waktu.

Memakai Penguat Sinyal

Penguat sinyal yang dimaksud bukanlah antena atau apapun, misalnya jika router utama indihome-mu berada di ruang tengah, dan kamu berada di kamar yang terpisahkan oleh tembok, maka internet dalam kamar akan menjadi lemot akibat sinyal terhalang beton.

Jika hal tersebut terjadi, kamu perlu membeli repeater ataupun router baru, lalu menarik kabel dari sumber wifi indihome, atau bisa saja sebagai repeater tanpa perlu menarik kabel dari sumber.

Baca Juga:  Download Gratis Resetter Epson L3110 Terupdate 2023

Dengan demikian sinyal yang diterima di dalam kamar akan sama dengan di ruang tamu karena kamu sudah meletakkan penguat sinyal tersebut di kamar.

Bersihkan Cache Browser

Membersihkan cache browser mungkin tidak akan begitu berasa perubahannya, karena memang cache ini merupakan tumpukan sampah yang ada di browser, jika kamu menghapusnya, memang browser akan terasa lebih enteng.

Akan tetapi kamu harus tetap memperhatikan hal-hal lain seperti jarak kamu dengan sumber internet atau router, atau hal lainnya yang bisa membuat indihome lemot.

Restart Modem

Sama halnya dengan cache browser, restart modem mungkin tidak akan begitu berdampak efeknya, yang kamu lakukan hanyalah mencoba untuk mengistirahatkan sejenak modem tersebut, dengan harapan ketika restart selesai, modem akan kembali dengan kinerja maksimalnya.

Tempatkan Wifi Router di Ruang Terbuka

Beton atau tembok yang ada di rumah memang sering kali menjadi penghambat sinyal yang diterima oleh device kita, karena itu sudah umum jika wifi router ditempatkan di ruang terbuka.

Hal ini diperuntukkan agar sinyal yang disebarkan mampu diterima dengan baik oleh device, dan tidak ada penghambat pada sinyal yang disebarkan oleh router itu sendiri.

Meningkatkan Speed Internet

Hal ini menjadi pilihan terakhir apabila semua hal di atas sudah kamu lakukan namun indihome masih tetap lemot, apa itu? Mau tidak mau harus meningkatkan speed di rumahmu, alias kamu bisa mengupgrade internet yang kamu miliki saat ini.

Dengan meningkatnya speed yang kamu miliki, maka seharusnya kendala lemot pada indihome sudah bisa teratasi dengan baik.

Kesimpulan

Lemot atau tidaknya indihome yang kamu miliki, tentunya bisa disebabkan oleh banyak hal, dan bisa juga diatasi oleh beberapa hal yang sudah kami sebutkan sebelumnya, kami harap kamu sudah bisa mengatasi hal tersebut dan bisa berinternet dengan speed yang kencang.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait