Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang Terhapus Karena Ganti HP

Solaeman Nur Rahman

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

AKURATNEWS – Apakah sobat sedang mencari Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang? Jika demikian maka sobat akan segera mengetahuinya. Karena disini mimin akan mengulasnya dengan beberapa cara yang sederhana dan mudah dilakukan. Jadi bagi yang ingin mengatahuinya jangan skip, simak terus ulasannya hingga akhir agar tidak ada informasi yang terlewat.

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi lintas platform atau yang lebih dikenal dengan aplikasi pesan singkat gratis. Dengan menggunakan WhatsApp memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi antar platform lewat nomor WA yang tersimpan. Mirip dengan sistem telphone biasa, namun disini lebih memiliki fitur yang lengkap dan menggunakan kuota internet.

Dengan mengandalkan nomor tujuan maka sobat akan bisa terhubung dengan pengguna WhatsApp atau WA lainnya. Maka dari itu, jika sampai nomor kontak hilang kita tidak akan bisa menghubunginya lagi. Tentunya ini adalah masalah yang harus sobat tangani agar bisa Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang dengan cara yang akan mimin sampaikan pada ulasan ini.

Faktor Penyebab Kontak WhatsApp Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Hilangnya kontak WA dipengaruhi oleh beberapa penyebab yang mungkin tidak banyak disadari oleh para pengguna. Dan hal ini harus menjadi perhatian, karena jangan sampai terulang kembali. Karena kontak WA adalah hal yang penting agar kita tetap terhubung dan saling berkomukasi. Berikut ini adalah beberapa penyebab kontak WhatsApp hilang.

1. Beralih ke Perangkat Baru

Hal yang biasa terjadi ketika sobat mempunyai smartphone baru. Dengan begitu biasanya orang akan beralih pada aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone baru mereka. Kesalahan dalam kejadian ini adalah tanpa adanya penyimpanan terlebih dahulu atau tidak dicadangkan sehingga membuat akun tersebut akan kosong seperti baru membuat.

Baca Juga:  Cara Salin ID FF Ampuh Bisa H4ck Akun Free Fire dan Diamond FF Gratis

Oleh karena itu, pentingnya dalam melakukan cadangan adalah agar history pada akun WA tersebut akan tersimpan. Meskipun dalam aplikasi WhatsApp tidak ada fitur cadangkan kontak, setidaknya sobat akan memiliki history chat yang tidak terhapus. Dengan demikian sobat akan mengetahui pemilik nomor tersebut.

2. Pembaruan Aplikasi Tidak Sempurna

Pembaruan aplikasi yang tidak sempurna dapat memperngaruhi sistem dari aplikasi itu sendiri. Hal ini juga bisa menyebabkan kontak WA ataupun data lainnya hilang. Jika hal tersebut terjadi tentunya akan mempengaruhi semua pengguna karena pembaruan sifatnya umum. Jadi tidak serta-merta pembaruan itu hal bagus jika memang belum sempurna.

Dengan ketidak sempurnaan dalam pembaruan yang dilakukan developer akan menyebabkan aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat, yang akhirnya akan menimbulkan masalah. Jadi, untuk dapat menghindari hal yang tidak diinginkan saat ingin melakukan pembaruan, baiknya sobat melakukan pencandangan data terlebih dahulu. Karena jika terjadi masalah, sobat masih memiliki data yang sudah dicadangkan sehingga bisa dipulihkan.

3. Sinkronasi yang Gagal

Sinkronisasi adalah kesesuaian atau keselarasan antara perangkat dengan sistem aplikasi. Jadi, ketika proses sinkronisasi kontak dari ponsel ke aplikasi gagal maka akan berdampak hilangnya sebagian atau seluruh kontak yang ada. Mungkin saja kehilangan kontak yang terjadi pada WA sobat akibat proses sinkronisasi yang terganggu sehingga terjadi kegagalan.

Atau bisa saja tanpa disengaja sobat melakukan pembatasan sinkronisasi data pada pengaturan ponsel. Hal ini juga akan mempengaruhi, karena sistem tidak akan bisa melakukan sinkronisasi secara keseluruhan dan akan menyebabkan tidak munculnya nomor kontak pada aplikasi WhatsApp akibat pembatasan tersebut.

4. Pergantian SIM Card Baru

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan nomor kontak WA hilang adalah pergantian SIM Card baru. Menyimpan nomor kontak memiliki dua pilihan yaitu di SIM Card dan Ponsel. Ketika sobat menyimpan kontak pada SIM Card lalu kemudian mengganti dengan SIM baru maka kontak yang sudah tersimpan pada SIM Card lama akan hilang.

Baca Juga:  Cara Cek Lokasi Nomor Hp Dengan/Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin mengganti SIM baru sobat harus melakukan save kontak ke ponsel. Dengan demikian nomor yang tersimpan tidak akan hilang. Karena pada dasarnya kontak yang tersimpan pada ponsel atau Sim Card akan tersimpan juga pada aplikasi WhatsApp. Jadi, jika nomor kontak terhapus di ponsel, maka akan trehapus juga pada WhatsApp.

5. Kerusakan Data Pada HP

Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor virus atau malware yang menyerang ponsel sobat. Virus tersebut akan merusak data-data penting yang ada pada ponsel seperti halnya data nomor kontak. Untuk itulah harus selalu waspada ketika melakukan browsing ataupun mengunduh aplikasi yang tidak jelas keamanannya.

Jika ponsel yang sobat gunakan belum memiliki fitur anti virus, baiknya sobat gunakan aplikasi anti virus. Hal tersebut dilakukan agar ponsel terhindar dari malware ataupun virus berbahaya. Selain itu, penggunaan aplikasi ketiga juga sangat beresiko karena bisa saja dalam apk tersebut terdapat malware dan virus yang membahayakan ponsel.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Terdapat beberapa cara untuk bisa mengembalikan kontak WA yang hilang. Beberapa diantanya adalah sebagai berikut:

1. Sinkronisasi Google

Cara yang pertama untuk bisa mengembalikan kontak yang hilang yaitu dengan melakukan sinkronisasi Google Akun. Biasanya Google yang sobat jadikan sebagai akun pada ponsel akan secara otomatis melakukan sinkronisasi data seperti kontak dan lainnya. Namun tidak ada salah sobat melakukan sinkronisasi ulang untuk memulihkan daftar kontak yang ada. Untuk caranya sebagai berikut.

  1. Buka menu Pengaturan ponsel Android.
  2. Kemudian pilih menu Akun.
  3. Dalam halaman tersebut akan terdapat akun Google yang sering sobat gunakan. Jika terdapat lebih dari satu akun, maka pilih yang sekiranya sering digunakan.
  4. Selanjutnya pilih Sinkronisasi Akun pastikan jika menu kontak telah aktif atau dalam kondisi ON.
  5. Setelah sobat keluar dari menu Pengaturan Ponsel, lalu buka aplikasi WhatsApp.
  6. Pilih Setelan > Akun > Privasi > lalu pilih menu Sync Kontak.
  7. Kini proses sinkronisasi sedang berjalan, sobat tunggu hingga proses selesai.
Baca Juga:  Blank Text Generator : Copy Blank Text (Teks Kosong) Untuk WA, Tiktok, IG, FF, Dll

2. Aplikasi Pemulihan Kontak

Cara yang kedua sobat bisa menggunakan aplikasi pemulihan kontak seperti super backup, contact recovery, dan aplikasi lainnya yang bisa sobat unduh pada layanan Google Play Store. Untuk cara pemulihan hingga mengembalikan kontak yang hilang, caranya sebagai berikut.

  1. Pertama install aplikasi pemulihan kontak pada perangkat smartphone Android.
  2. Kemudian buka aplikasi pemulihan kontak.
  3. Selanjutnya sobat tinggal ikuti saja petunjuk untuk melakukan pemulihan kontak yang hilang.
  4. Ketika pemulihan kontak sudah dilakukan, silahkan sobat lakukan pengimporan kontak pada aplikasi WhatsApp.
  5. Dengan begitu data kontak yang sempat hilang akan muncul kembali pada WhatsApp.

3. Mengubungi Pusat Bantuan WhatsApp

Jika cara diatas tidak dapat mengembalikan kontak WA yang hilang, maka jalan terakhir yang bisa sobat lakukan adalah menghubungi pusat bantuan yang ada pada aplikasi WhatsApp. Disana sobat bisa melaporkan permasalahan yang sedang terjadi yaitu kehilangan kontak.

  1. Caranya yang pertam abuka aplikasi WhatsApp dan klik ikon tiga titik lalu pilih Pengaturan atau Setelan.
  2. Scroll menu hingga bawah dan pilih menu Bantuan.
  3. Selanjutnya pilih menu Hubungi Kami.
  4. Akan terdapat kotak yang tersedia, silahkan sobat tulis keluhan atau masalah “Saya mengalami masalah kontak hilang, tolong untuk tim agar segera memulihkan kontak yang hilang. Terimakasih”. Klik Kirim.
  5. Tim WhatsApp akan memberi balasan melalui chat. Silahkan sobat ikuti petunjuk yang telah diberikan untuk memulihkan kontak hilang.

Akhir Kata

Itulah Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang. Dengan beberapa cara diatas diharapkan sobat dapat mengembalikan kontak WA yang hilang. Jadi, silahkan ikuti caranya step by step.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait