Cara Ganti Password Gmail Yang Lupa Sandi di HP/Laptop

Solaeman Nur Rahman

Ganti Password Gmail

AKURATNEWS – Memiliki akun gmail memang sangat diperlukan, apa lagi bagi sobat sebagai user android. Yap, akun gmail menjadi syarat untuk sobat bisa mengakses aplikasi Google Play Store pada perangkat android. Tapi apakah sobat tahu cara Ganti Password Gmail? Meskipun terbilang mudah, namun tidak sedikit pengguna yang lupa ataupun belum mengetahui caranya.

Melakukan pergantian password memang sangatlah penting bagi sebagian orang. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari kejahatan cyber, apa lagi bagi sobat yang memiliki akun gmail dengan password yang mudah ditebak. Tentunya ini sangat rawan, mengingat teknologi yang semakin canggih dan banyak aplikasi untuk hack akun. Oleh karena itu, memiliki password yang kuat sangat diperlukan agar tidak mudah dibobol.

Nah, buat sobat yang memang lupa ataupun belum mengetahui cara Ganti Password Gmail kalian simak terus ulasan ini. Karena pada kesempatan kali ini mimin akan merangkum cara ganti password gmail dengan menggunakan beberapa perangkat. Jadi bagi sobat pengguna komputer, smartphone Android ataupun iPhone terus simak ulasan ini dan jangan skip supaya tidak ada informasi yang terlewat.

Sekilas Tentang Akun Gmail

Ganti Password Gmail

Gmail merupakan salah satu platform email yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia. Kugunaan utama dari gmail sendiri adalah untuk berkirim pesan email secara gratis. Dan bagi pengguna android seringkali digunakan untuk sinkronisasi akun pada ponsel. Oleh karena itu, mimin katakan bahwa pengguna android perlu memiliki akun gmail.

Baca Juga:  Apa Itu Telkomsel Paylater? Cara Daftar, Menggunakan, & Mencairkan

Kpenjangan dari gmail adalah Google Mail yang dijalankan oleh Google dari tahun 2004. Pada awalnya gmail hanya dapat digunakan oleh mereka yang memang mendapatkan undangan. Namun dengan berjalannya waktu membuat gmail kini dapat digunakan oleh siapa saja. Pertumbuhannya sendiri terbilang cepat dengan berbagai inovasi yang tidak dimiliki oleh platform lain.

Sebagai pengguna aplikasi smartphone yang aktif tentunya gmail ini sangat diperlukan untuk melakukan verifikasi dan sebagai jembatan untuk penyampaian informasi yang dikirim oleh developer melalui email. Selain itu, dengan satu akun gmail sobat bisa menggunakan berbagai aplikasi apa saja. Jadi selalu pastikan jika password yang sobat gunkan selalu aman dan pastinya tidak lupa.

Cara Ganti Password Gmail di Semua HP

Ganti Password Gmail

Ganti Password Gmail bisa berbeda tergantung jenis sistem operasi, dan untuk saat ini memang yang paling umum dan banyak digunakan yaitu Android dan iOS. Namun memang sebenarnya dari kedua sistem tersebut tidaklah jauh berbeda dalam cara pergantiannya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika mimin merangkum dari keduanya.

1. Ganti Password Gmail di iOS/iPhone

Cara yang pertama adalah untuk user atau pengguna iPhone. Yang membedakan dari sistem Android adalah, pada iPhone cara ganti password gmail bisa dilakukan pada menu info pribadi. Menu tersebut memang tidak terdapat pada HP Android. Supaya tidak makin bingung, langsung saja sobat simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama buka aplikasi Gmail yang sudah terinstall.
  2. Kemudian klik menu foto profil.
  3. Pada halaman berikutnya kita bisa pilih menu Akun Google.
  4. Selanjutnya pilih Info Pribadi yang berada pada bagian atas layar.
  5. Setelah itu pilih menu Info Dasar dan silahkan sobat masukan kata sandi baru.
  6. Jika sudah memasukan kara sandi baru, sobat tinggal klik Ubah Sandi dan kini password gmail sudah diganti dengan yang baru.
Baca Juga:  Cara Salin ID FF Ampuh Bisa H4ck Akun Free Fire dan Diamond FF Gratis

2. Ganti Password Gmail di Android

Berbeda dengan perangkat iPhone, dan seperti yang sudah mimin jelaskan diatas bahwa pada Android sendiri pengguna diharuskan memiliki akun gmail. Karena pada sistem Android kamu harus terlebih dahulu memasukan akun Google baru bisa mengoperasikan sebuah gadget. Dengan melakukan hal tersebut maka kita akan secara otomatis masuk pada semua aplikasi Google termasuk pada aplikasi gmail.

Sebagai pengguna Android sobat akan dapat menemukan menu pusat Google pada sistem pengaturan. Pada menu tersebutlah sobat bisa melakukan login dan juga mengganti password secara terpusat. Tentunya ini berbeda dengan perangkat iPhone yang mana sobat harus melakukan pengaturan secara terpisah atau masing-masing pada setiap aplikasi Google.

Lalu bagaimana cara Ganti Password Gmail di HP Android? caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan sobat buka HP Android.
  2. Kemudian masuk pada menu Setting atau Pengaturan HP.
  3. Akan terdapat berbagai macam menu, pilih menu Google.
  4. Selanjutnya klik Kelola Akun Google Anda dan pilih menu Keamanan.
  5. Untuk mengganti password baru, silahkan pilih menu Sandi.
  6. Masuk dengan kata Sandi sebelumnya, kemudian masukan kata sandi terbaru pada kolom tersedia.
  7. Jika sudah memasukan kata sandi baru, klik menu Ubah Sandi dan proses dimulai.

Sekarang password atau kata sandi terbaru sudah diaktifkan, dengan demikian pergantian kata sandi gmail sudah berhasil. Pastikan dengan kata sandi baru ini sobat tidak lupa, dan bila diperlukan cara dibuku yang sekiranya aman.

Cara Ganti Password Gmail di Perangkat Komputer/PC

Berbeda dengan perangkat HP yang bisa install aplikasi gmail. Pada komputer sobat harus melakukannya dengan membuka aplikasi browser. Langsung saja sob, berikut adalah langkah-langkah cara Ganti Password Gmail pada perngkat komputer atau PC.

  1. Buka perangkat komputer lalu buka aplikasi browser yang digunakan.
  2. Kemudian kunjungi laman mail.google.com.
  3. Jika belum login, silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun gmail.
  4. Selanjutnya pilih menu Profil dan klik Kelola Akun Google Anda.
  5. Setelah itu pilih menu Keamanan dan cari menu Sandi.
  6. Pertama masukan terlebih dahulu kata sandi lama, lalu silahkan sobat masukan kata sandi baru yang sudah disiapkan.
  7. Terakhir klik menu Ubah Sandi.
  8. Kini kata sandi terbaru sudah digunakan. Selesai.
Baca Juga:  Cara Cek NPWP Online di HP/Laptop Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Ganti Password Gmail dan Membuat Gmail Lebih Aman

Bukan hanya mengganti password gmail dengan rutin serta kombinasi huruf yang susah supaya tetap aman. Sobat juga perlu meningkatkan keamanan dengan fitur yang sudah disediakan oleh Google. Dengan menggunakan keamanan yang berlapis tentunya akan menambah keamanan akun menjadi lebih kuat dan tidak mudah di hack.

Terdapat beberapa pelapisan keamanan akun gmail yang bisa sobat gunakan diataranya seperti:

1. Verifikasi 2 langkah

Merupakan lapisan keamanan dimana perlunya perangkat smartphone yang sudah terdaftar sebagai langkah untuk bisa masuk pada akun gmail. Jadi, selama perangkat yang terdaftar tidak memberi izin, maka kita tidak akan bisa masuk pada akun gmail.

2. Kunci Sandi

Dengan menggunakan fitur kunci sandi sobat bisa lebih meningkatkan keamanan. Disini sobat bisa membuat sandi menggunakan sidik jari, wajah, atau kunci layar sebagai verifikasi diri.

3. Nomor dan Email Pemulihan

Keamanan lainnya yang bisa sobat gunakan yaitu menggunakan nomor dan juga email pemulihan. Dengan menggunakan fitur ini, ketika ada aktivitas yang mencurigakan sobat akan menerima pemberitahuan. Dan fungsi nomor serta email pemulihan adalah sebagai persetujuan untuk memasuki akun gmail. Jadi selama sobat tidak memberikan persetujuan maka hacker tidak akan bisa masuk.

Nah, itulah dia sob cara Ganti Password Gmail serta meningkatkan keamanan akun dari kejahatan cyber. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait