Cara Menghapus Tabel di Word: Tutorial dan Penjelasan Lengkap

Makin Rajin

Cara Menghapus Tabel di Word: Tutorial dan Penjelasan Lengkap

Mengetahui cara menghapus tabel di word menjadi salah satu hal wajib jika kamu berkecimpung di dunia kerja. Oleh karena itu, di sini kita akan membahas lebih jelas tentang bagaimana cara membuat dan menghapus tabel di microsoft word.

Apa itu Microsoft Word?

Sebelum kita membahas tentang cara menghapus tabel di word, akan lebih baik jika kita mengenal dan memahami aplikasi utamanya. Microsoft Word adalah sebuah software (perangkat lunak) yang mengolah kata dan dikembangkan oleh Microsoft. 

Microsoft sendiri adalah salah satu perusahaan teknologi ternama di dunia. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membantu penggunanya menyelesaikan beberapa tugas yang berbau penulisan dokumen. 

Sebagian besar dokumen yang Microsoft Word buat akan disimpan dalam bentuk softcopy (file lunak) sebelum dicetak menjadi hardcopy. Selain itu, Microsoft Word memiliki banyak fitur yang dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna. 

Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi pengolah kata paling populer di dunia saat ini. Bagaimanapun juga, hal tersebut juga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Word yang dirilis oleh perusahaan ternama. 

Aplikasi ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk memasukkan angka dan huruf saja, tetapi juga memiliki fitur untuk menambahkan gambar, tabel, maupun word art. Selain itu word juga menyediakan pemformatan file mulai dari txt hingga pdf.

Baca Juga:  Cara Membuat Label Produk di Word dengan Rapi dan Mudah

Apa Manfaat dari Aplikasi Microsoft Word?

Sebelum membahas cara menghapus tabel di word, ada baiknya jika kita membahas tentang manfaat aplikasi yang akan kita gunakan yaitu Microsoft Word. Berikut adalah penjelasan tentang apa saja manfaat dari Microsoft Word bagi penggunanya:

1. Dapat Mengurangi atau Meminimalisir Kesalahan dalam Penulisan

Sebelum aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word  rilis, orang pada umumnya menggunakan mesin ketik atau tulisan tangan langsung untuk menulis. Kesulitan yang timbul pasti akan lebih besar jika editor atau pembaca menemukan kesalahan penulisan dalam dokumen yang kita buat.

Karena tidak bisa mengoreksinya secara instan, kita harus menulis ulang tulisan tersebut. Namun, dengan berkembangnya aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word ini, kita tidak perlu lagi khawatir tentang kesalahan penulisan ketika kita menyunting dokumen sebelum mencetaknya.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur  “AutoCorrect”,  yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesalahan secara otomatis.

2. Mengurangi Penggunaan Kertas 

Kita bisa mengurangi penggunaan kertas dengan menggunakan Microsoft Word saat membuat dokumen digital. Ini jelas merupakan keuntungan lain yang signifikan mengingat kondisi Bumi yang semakin menurun setiap tahunnya.

3. Mempermudah Mengolah Kata

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolahan kata yang memiliki banyak fitur. Program ini membuat pengolahan kata jauh lebih mudah, termasuk penambahan gambar dan tabel untuk mendukung memperjelas info menggunakan diagram gambar maupun tabel.

Aplikasi ini pasti akan membantu dalam segala bidang pekerjaan pengolahan kata. Selain itu, aplikasi Microsoft Word sekarang tersedia untuk digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga ponsel yang bekerja dengan berbagai sistem operasi. 

Dengan demikian, kamu memiliki kemampuan untuk membuat dokumen di mana saja dan kapan saja dengan device yang kamu miliki.

Bagaimana Cara Membuat Tabel di Word?

Selain belajar memahami cara menghapus tabel di word, tentu saja kamu juga butuh untuk memahami cara membuat tabel di word. Membuat tabel di microsoft word sangat dibutuhkan jika kamu perlu membuat atau menganalisis data menggunakan diagram tabel.

Baca Juga:  Cara Membuat Pamflet di Word 2007 dan Versi Lainnya

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tabel untuk membuat data definisi agar penjelasan kamu lebih rapi, padat, dan jelas. Selanjutnya, berikut adalah cara membuat tabel di aplikasi microsoft word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di perangkat milikmu.
  2. Klik menu “Insert” di bagian atas aplikasi.
  3. Klik menu “Table” tepat di ikon tanda panah di bawah menu table.
  4. Pindahkan kursor ke atas kiri dan bawah dari gambar tabel yang ada di menu, hingga kamu dapat menyoroti jumlah baris dan kolom yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  5. Tabel untuk membuat dokumen yang kamu butuhkan sudah tersedia. Kamu bisa mengedit dan mengisi teks sesuai dengan kebutuhan dokumen yang akan kamu buat.

Cara di atas adalah cara menambahkan tabel menggunakan fitur “Insert” tabel. Ada cara lain untuk menambahkan tabel di word, loh. Cara tersebut adalah menggunakan fitur Microsoft Word yaitu “Convert text to table”. Caranya cukup mudah dan simpel. 

Untuk membuat tabel dengan fitur ini, kamu dapat memulai dengan menulis teks dulu. Kemudian, kamu dapat meletakkan teks yang sudah kamu tulis sesuai dengan preferensimu untuk menjadi tabel. Setelah itu, pilih fitur “Table” dan pilih “Convert Text to Table”. 

Setelah itu, tabel akan ada secara otomatis sesuai dengan teks yang kamu tulis sebelumnya.

Bagaimana Cara Menghapus Tabel di Word?

Sumber: Youtube

Setelah kita memahami dan mempelajari hal-hal sebelumnya, kali ini kita akan mempelajari cara menghapus tabel di word. Terkadang, kita juga mengalami kesalahan saat membuat dokumen di aplikasi microsoft word. Oleh karena itu kita perlu untuk menyuntingnya agar lebih sempurna.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat membuat dokumen,  memasukan jumlah tabel yang kamu butuhkan. Satu-satunya cara tentu saja menyuntingnya dengan menghapus tabel tersebut.

Baca Juga:  Cara Agar Tabel Tidak Terpotong di Word Halaman Selanjutnya

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu pahami untuk menghapus tabel di Microsoft Word:

1. Blok Tabel Yang Akan Dihapus

Sumber: Youtube

Blok/pilihlah tabel yang ingin kamu hapus. Perlu kamu ketahui, cara ini akan mengaktifkan pilihan yang berkaitan dengan tabel di fitur “Tabel” di baris ikon bagian atas dokumen.

2. Klik Kanan

Klik kursor sebelah kanan satu kali.

3. Pilih Menu Delete

Sumber: Youtube

Klik atau pilih menu “Delete”. Jika kamu ingin menghapus seluruh tabel, cukup klik tombol hapus di tab tabel. Namun, jika kamu hanya ingin menghapus baris atau kolom tertentu, kamu bisa klik “hapus baris” atau “hapus kolom” dari menu konteks yang muncul 

4. Otorisasi Hapus Tabel

Konfirmasi kesediaan kamu untuk benar-benar menghapus tabel tersebut. Hal ini terjadi karena biasanya Microsoft Word akan kembali meminta konfirmasi kamu sebelum melanjutkan program.

Apakah Ada Cara Menghapus Tabel di Word yang Lebih Cepat? 

Jika kamu ingin mengetahui cara menghapus tabel di word yang lebih mudah dan cepat daripada cara sebelumnya, simak penjelasan berikut:  

  • Jika kamu ingin menghapus tabel: Posisikan kursor di dalam tabel dan tekan tombol “Ctrl+X” (jika menggunakan OS Windows) atau “Command+X (jika kamu menggunakan device Mac) untuk memotong tabel dari dokumen.
  • Jika kamu ingin menghapus baris/kolom: Posisikan kursor di dalam kolom atau baris yang ingin kamu hapus, lalu tekan “Ctrl + – (minus)”.

Yuk Aplikasikan Cara Menghapus Tabel di Word!

Kamu sudah mempelajari tentang cara menghapus tabel di word melalui penjelasan diatas. Dengan kemajuan dan berkembangnya teknologi di jaman digital seperti sekarang ini, tidak ada lagi yang perlu kamu risaukan. 

Jika kamu sedang membuat sebuah dokumen di Microsoft Word, kamu pun tidak perlu risau jika terjadi kesalahan, apalagi jika membutuhkan data tabel. Kamu sudah bisa mempraktekkan cara membuat dan menghapus tabel di microsoft word. Yuk kita coba!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait