5 Cara Merge Cells di Word (PC & HP) Pada Tabel dengan Cepat

Solaeman Nur Rahman

Cara Merge Cells di Word Dengan Mudah

Seperti yang sudah kamu ketahui, Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata dan bukan data. Meski begitu Ms Word bisa dipakai membuat tabel data. Berbicara soal tabel, cara merge cells di Word sering menjadi masalah bagi pengguna yang belum mahir dalam mengelola tabel dalam aplikasi Word.

Aplikasi Word sendiri sudah menyediakan berbagai fitur untuk mendukung pembuatan hingga editing tabel secara lebih mudah. Salah satu proses editing ini adalah merge cells atau biasa dikenal dengan menggabungkan sel dalam tabel baik itu baris maupun kolom.

Untuk melakukan perintah merge cells pun terbilang sangat mudah sebenarnya. Hanya saja karena banyak yang belum terbiasa dengan tabel Word, maka banyak pula yang merasa belum memahami cara penggabungan sel ini dengan baik dan benar.

Aturan Penting Sebelum Merge Cells

Aturan Penting Sebelum Merge Cells

Sebelum menggabungkan sel tabel dengan cara merge cell di Word, ada baiknya terlebih dulu kamu mengetahui aturan penting pada tabel yang selnya akan digabungkan:

  • Tabel yang akan digabungkan selnya harus punya beberapa baris dan tabel.
  • Sel yang akan dimerge minimal ada dua sel, artinya kaku boleh melakukan merge sel untu lebih dari dua sel.
  • Sel tabel yang akan digabungkan harus berdampingan. Tentu saja ini menjadi aturan yang sangat penting karena umumnya sel yang akan digabungkan tidak bisa berasal dari tabel lain. Berbeda halnya dengan penggabungan tabel satu dengan tabel lain.
  • Sel tabel yang akan dimerge biasanya sudah memiliki teks didalamnya. Maka sebaiknya teks yang ada pada sel hanya dari satu sel saja. Sel lain tidak perlu ada tulisannya. Sebenarnya sah-sah saja jika tiap sel ada teksnya.
Baca Juga:  2 Cara Memindahkan Gambar dari Google Ke Word via Offline & Online

Namun jika semua sel ada tulisannya, maka kemungkinan teks dalam tabel akan berantakan dan kamu butuh mengaturnya ulang.

Cara Merge Cells di Word Cepat dan Tepat

Dalam pembuatan tabel di Word terkadang beberapa sel perlu digabungkan untuk membuat perubahan data atau informasi. Melakukan merge cells di Word bukan perkara sulit karena Microsoft Word sudah menyediakan alat atau fasilitas yang sangat memudahkan penggabungan sel tabel ini.

Bagi kamu yang belum terbiasa dengan pembuatan dan editing tabel di Word mungkin masih merasa kesulitan saat diharuskan menggabungkan dua atau lebih sel dalam tabel. Tapi tenang saja, berikut di bawah ini ada beberapa cara mudahnya:

1. Memanfaatkan Fitur Pada Toolbar

Microsoft Word sudah menyediakan berbagai fasilitas pengolahan kata pada toolbar. Di dalam toolbar juga terdapat fitur untuk merge cells atau menggabungkan sel pada tabel tersebut. Agar bisa segera mempraktekkannya, berikut ini langkah-langkah merge cells:

  • Buka aplikasi Microsoft Word dan buat lembar kerja baru.
  • Buatlah tabel yang berisi beberapa baris dan kolom sesuai kebutuhan.
  • Fokus pada baris tabel pertama dan kedua. Isi tabel pertama dengan tulisan dan biarkan baris kedua kosong.
  • Sorot atau blok baris tabel pertama dan baris kedua.
  • Pilih menu layout pada toolbar.
  • Dalam menu layout, cari dan klik merge cells.
Dalam menu layout, cari dan klik merge cells.
  • Selesai, baris pertama dan kedua pada tabel sudah tergabung dan kamu hanya perlu merapikan isi tabel yang sudah berisi tulisan dari baris pertama tadi.

2. Merge Cells Dengan Klik Kanan

Selain menggunakan fasilitas fitur yang ada di menu toolbar, menggabungkan dua sel atau lebih di Word juga bisa dilakukan dengan menggunakan aksi klik kanan.

Bahkan cara merge cells di Word dengan klik kanan ini jauh lebih simpel dan mudah dari cara merge cells di Ms Word sebelumnya, yaitu:

  • Buka dan buat lembar kerja baru di Word.
  • Buat tabel berisi baris dan kolom.
  • Sorot atau blok baris atau kolom yang ingin digabungkan.
  • Klik kanan pada sel yang sudah disorot. Akan muncul beberapa pilihan aksi, klik pada merge cells. Secara otomatis baris atau kolom yang sudah tersorot akan tergabung. Agar lebih rapi, kamu bisa mengatur aligment kalimat pada tabel.
Klik kanan pada sel yang sudah disorot. Akan muncul beberapa pilihan aksi, klik pada merge cells

3. Merge Cells Dengan Aplikasi Android Word

Teknologi digital yang sudah semakin maju, membuat aplikasi Microsoft Word tak hanya bisa dialses dengan laptop atau komputer. Kini perangkat Android pun bisa mengaksesnya. Aplikasi Word di Android juga bisa melakukan merge cells dengan mudah, caranya:

  • Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah terunduh di perangkat Android.
  • Buat lembar kerja baru dan buat tabel sesuai kebutuhan.
  • Blok atau sorot sel dalam tabel yang akan dimerge atau digabung. Cara bloknya juga sangat mudah, kamu hanya perlu klik satu sel tabel, tahan dan seret ke beberapa sel yang ingin digabungkan. Dengan begitu hasilnya semua sel yang akan dimerge terblok.
  • Cari dan klik tanda panah atas yang biasanya terletak di sebelah kanan layar. Kamu akan melihat ada beberapa opsi menu di dalamnya.
Cari dan klik tanda panah atas yang biasanya terletak di sebelah kanan layar. Kamu akan melihat ada beberapa opsi menu di dalamnya.
  • Pilih menu tabel lalu klik pada bagian merge sel. Setelah itu sel yang sudah tersorot akan tergabung.
Baca Juga:  3 Cara Menambah Kertas Baru di Word PC dan HP

4. Merge Cells Dengan Fitur Ribbon

Cara merge cells di Word sebenarnya memang sangat simple dengan berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu ada juga fitur Ribbon dalam aplikasi Word yang bisa difungsikan untuk menggabungkan cells. Hanya saja fungsi ribbon ini punya perbedaan.

Fungsi ribbon untuk tabel Word sendiri adalah memudahkan perintah merge cells yang sebelumnya sudah digunakan agar teraplikasikan pada sel berikutnya. Contoh kasus jika kamu butuh menggabungkan sel ketiga dan keempat setelah menggabungkan sel pertama dan kedua.

Mala kamu hanya perlu menggunakan fungsi ribbon untuk merge sel ketiga dan keempat. Jadi kamu tidak perlu lagi masuk ke toolbar atau fungsi klik kanan seperti di awal. Caranya sangat mudah, berikut ini stepnya:

  • Terlebih dulu siapkan tabel yang sel-selnya akan digabungkan.
  • Pastikan kamu sudah menggabungkan beberapa sel tabel dulu.
  • Setelah itu sorot sel tabel yang akan digabungkan lagi sebagaimana sel tabel sebelumnya yang sudah digabung.
  • Klik tombol crtl+Y pada keyboard. Perintah kombinasi tombol tersebut digunakan untuk meminta Word melakukan perintah yang sebelumnya sudah dilakukan. Dalam hal ini perintah yang dimaksud adalah merge cells.
Klik tombol crtl+Y pada keyboard. Perintah kombinasi tombol tersebut digunakan untuk meminta Word melakukan perintah yang sebelumnya sudah dilakukan cara merge cells di Word
  • Jika berhasil, sel yang sudah tersorot akan termerge secara otomatis.
Baca Juga:  4 Cara Membuat Tulisan dalam Kotak di Word Paling Mudah

5. Menggunakan Fitur Borders

Selain fitur merge cells Word pada toolbar, Microsoft Word juga menyediakan fitur borders untuk menghapus garis pada tabel. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu bahkan bisa menggabungkan dua cell menjadi satu. Penggunaan fitur borderd ini adalah:

  • Siapkan tabel yang berisi beberapa sel. Pastikan kamu sudah menentukan sel mana yang akan dimerge atau digabung.
  • Sorot atau blok sel yang akan digabung.
  • Cari tool Desaign pada toolbar. Kemudian pilih menu borders yang ada di sebelah kanan.
Cari tool Desaign pada toolbar. Kemudian pilih menu borders yang ada di sebelah kanan. cara merge cells di Word
  • Dalam menu borders tersebut terdapat tanda panah ke bawah. Klik tanda panah bawah tersebut dan pilih aksi borders yang sesuai.
  • Pilih buttom borders jika kamu ingin menghilangkan garis sel bawah untuk sel yang sudah disorot.
  • Pilih top borders jika garis yang ingin dihapus adalah bagian atas sel. Dan pilih inline borders jika ingin menghapus garus di tengah antara sel satu dan dua. Inline borders adalah perintah yang paling sering dipakai untuk menggabungkan dua sel atau lebih.

Dari berbagai opsi cara merge cells di Word tersebut, dapat dilihat bahwa sebenarnya untuk menggabungkan sel dalam tabel Word ada banyak cara. Penggabungan sel juga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis menggunakan fitur-fitur pada toolbar.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait