5 Cara Restart Wifi Indihome di HP dan Laptop Dengan Mudah

Solaeman Nur Rahman

Cara Restart Wifi Indihome

AKURATNEWS – Hallo sobat selamat datang kembali di akuratnews.com, kali ini mimin akan membahas Cara Restart Wifi Indihome. Cara ini memang sangat banyak dicari lantaran salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengatasi kendala koneksi jaringan. Hal tersebut terlihat simple namun bisa sangat berguna dalam mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, simak ulasan selengkapnya.

Jaringan wifi Indihome menjadi salah satu operator yang banyak digunakan untuk dapat mengakses internet. Operator ini banyak dipercaya karena jaringan yang dihasilkan cept dan juga stabil. Indihome juga mencakup dibanyak berbagai pelosok daerah dan menjadikannya salah satu operator jaringan internet terbaik. Maka dari itu, tidak heran jika hingga saat ini Indihome tetap eksis.

Tidak selamanya lancar, terkadang jaringan internet Indihome mengalami masalah seperti lelet ataupun tidak ada koneksi. Dan biasanya pengguna tidak langsung memanggil teknisi, melainkan menggunakan cara alternatif yaitu restart router. Cara ini sangat umum dilakukan dan memang terbukti berhasil, sehingga restart router menjadi penanganan pertama setiap ada kendala.

Namun meskipun sangat umum dilakukan, tidak sedikit orang yang memang belum tahu cara untuk melakukan restart router wifi khususnya Indihome. Maka tidak heran jika terdapat banyak orang yang melakukan pencarian tentang Cara Restart Wifi Indihome. Nah, jika sobat adalah salah satu dari yang mencari cara tersebut, simak terus ulasannya.

Sekilas Tentang Cara Restart Wifi Indihome

Cara Restart Wifi Indihome

Cara melakukan restart ini ternyata memiliki fungsi yang sangat luas, sehingga sangat berguna sekali untuk penanganan pertama. Tidak hanya di router wifi saja, melainkan pada perangkat lain seperti komputer, smartphone, dan lainnya jika ada kendala hal pertama yang kita lakukan adalah melakukan restart. Jadi restart ini mempunyai fungsi yang berguna sekali.

Untuk cara melakukan restart pada router Indihome sebenarnya sangatlah mudah. Sobat juga tidak perlu memanggil teknisi untuk melakukan itu, namun terkadang sebagai pengguna baru kita tidak mengetahuinya. Selain itu, banyak juga yang merasa takut karena jika kita melakukannya sendiri akan menjadi rusak dan dapat memperparah.

Baca Juga:  Cara Salin ID FF Ampuh Bisa H4ck Akun Free Fire dan Diamond FF Gratis

Maka dari itu, sebagian orang lebih memilih memanggil teknisi untuk melakukan perbaikan walaupun kendala kecil seperti lelet atau ilang koneksi. Tentunya hal ini akan memakan waktu jika sampai teknisi yang dipanggil tidak segera datang karena sedang menangani klien lain. Jadi solusinya memang kita harus tahu cara untuk melakukan restart router wifi Indihome.

Berikut Cara Restart Wifi Indihome Secara Mandiri

Cara Restart Wifi Indihome

Terdapat berbagai cara untuk dapat melakukan restart wifi Indihome untuk mengatasi jika terjadi kendala pada jaringan internet. Cara ini juga dapat dilakukan secara mandiri tanpa perlu memanggil teknisi. Karena selain mempersingkat waktu agar kita bisa melakukannya secara mandiri dan tidak tergantung kepada teknisi.

Untuk melakukan restart pada wifi Indihome, caranya adalah sebagai berikut:

1. Pencet Tombol Restart

Hal yang pertama dan paling mudah adalah melakukan tekan tombol restart yang ada pada router. Dengan sekali klik maka router akan secara otomatis melakukan restart. Namun sayangnya tombol restart ini tidak semua router memilikinya. Jadi bagi yang memang memiliki router yang ada tombol restart, maka akan sangat mudah sekali karena tinggal tekan saja sekali dan semua beres.

Dengan menekan tombol restart pada router, maka secara otomatis router akan memuat ulang sama seperti baru menyalakan router. Tombol restart ini umumnya berada dibelakang router sama halnya dengan tombol power dan lubang soket kabel LAN atau kabel adaptor. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara melakukan restart pada tombol restart.

  • Pertama sobat periksa router dan cari pada bagian belakang.
  • Tombol restart biasanya memiliki tanda dengan bacaan RST/RESTART. Silahkan sobat klik tombol tersebut.
  • Ketika tombol ditekan akan ditandai dengan lampu indikator off kemudian on kembali.
  • Dengan melakukan hal tersebut router akan memulai ulang. Setelah itu sobat bisa cek jaringan dengan melakukan browsing.
  • Jika koneksi lancar berarti kendala dapat diatasi.
Baca Juga:  Cara Upload File di Google Drive dari Smartphone dan PC

2. Restart Dengan Tombol Power

Untuk cara yang kedua adalah dengan melakukan pencet tombol power. Cara ini sama dengan melakukan restart, cuman bedanya router akan mati ketika di pencet off, dan akan hidup kembali ketika ditekan tombol on. Namun untuk kegunaannya sama yaitu untuk memulai ulang sistem agar performa router kembali normal.

Cara restart dengan tombol power ini dilakukan jika memang pada router tidak memiliki tombol restart. Untuk tata letak tombol power ini hampir sama dengan tombol restart, yaitu berada pada bagian belakang router. Biasanya tombol power bersebelahan dengan tombol restart. Cara restart dengan tombol power adalah sebagai berikut.

  • Lihat router Indihome dan periksa pada bagian belakang.
  • Tombol power ditandai dengan bacaan on/off. Silahkan sobat klik tombol tersebut.
  • Ketika tombol ditekan maka lampu indikator akan mati dan tunggu sebentar.
  • Setelah didiamkan beberapa detik, silahkan sobat klik kembali tombol power agar router kembali on (hidup) dan lampu indikator akan menyala kembali.
  • Dengan melakukan hal tersebut maka sistem pada router akan memulai ulang.
  • Lakukan pengujian internet dengan browsing, jika berhasil maka insternetan akan lancar.

3. Mencabut Kabel Power

Melakukan restart tidak melulu harus menekan tombol restart, menekan tombol power ataupun mencabut power akan menghasilkan kinerja yang sama yaitu restart. Jadi, jika memang pada router tidak memiliki tombol restar dan power, maka sobat bisa melakukannya dengan mencabut kabel power lalu mencolokannya kembali.

Dengan mencabut power kemudian mencolokannya kembali, sistem router akan melakukan restart atau memulai ulang. Untuk kabel power tentunya akan sangat terlihat, karena jelas kabel ini merupakan power yang dapat menghidupkan router. Jadi, ketika ingin melakukan restar sobat tinggal cabut saat beberapa detik dan kemudian colokan kembali powernya.

4. Mencolok Lubang Riset

Cara yang keempat untuk melakukan restart adalah mencolok lubang riset. Ini merupakan cara alternatif lain yang sama halnya dengan melakukan restart. Mencolok lubang riset merupakan cara manul jika memang tidak bisa dilakukan cara otomatis dari perangkat komputer ataupun smartphone.

Baca Juga:  Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI Secara Online Tanpa Email

Cara kerjanya sama, hanya saja cara ini lebih ke melakukakn riset router yang artinya kembali ke pengaturan awal saat router pertama dipasang. Dengan melakukan riset tentunya semua settingan mulai dari password danlainnya akan kembali seperti semula. Dan tentunya sobat perlu melakukan setting ulang.

Tata letak dari lubang riset ini berada dibagian belakang router dan biasanya berada diantara lubang LAN dan kabel power. Lubang riset ini sangat kecil dan hanya jarum yang akan dapa masuk. Untuk melakukan riset silahkan sobat ambil jarus dan tusukan pada lubang tersebut. Dengan demikian secara otomatis router akan melakukan riset serta melakukan restart.

5. Restar Lewat Website

Cara terakhir untuk melakukan restart adalah dengan mengakses ke alamat router atau jaringan wifi. Namun disini sobat harus tersambung dengan internet untuk dapat masuk ke halaman atau alamat IP Router, baik menggunakan ponsel ataupun komputer. Dengan masuk ke alamat IP router Indihome tersebut, sobat akan dapat melakukan restart pada menu yang tersedia.

Cara ini agak sedikit berbeda dari sebelumnya karena tidak melibatkan perangkat keras seperti tombol restart, tombol power dan lainnya. Kamu bisa melakukan restart dengan cara masuk di alamat IP. Jadi sobat akan melakukan restart secara online. Agar lebih jelas, silahkan sobat ikuti tutorial restart secara online.

  1. Buka perangkat komputer ataupun HP.
  2. Kemudian buka mesin pencari chrome atau browser lainnya.
  3. Masukan alamat IP router Indihome. Misalnya saja 192.168.1.1.
  4. Jika sudah masuk kehalaman, maka sobat masuk dengan memasukan username dan juga password yang memang sudah dibuat sebelumnya.
  5. Jika sudah masuk, selanjutnya pilih menu Administration lalu klik System Management.
  6. Disini sobat bisa pilih menu Restart, Reboot atau Restore Default.
  7. Dengan demikian sistem akan melakukan restart, tunggu hingga proses selesai dan sistem akan mulai ulang.
  8. Selesai.

Itulah beberapa Cara Restart Wifi Indihome dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti cara diatas sobat akan bisa melakukan restart sendiri untuk menangani kendala seperti jaringan lelet, tidak ada koneksi internet, dan lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait