Kerap Kewalahan

Cuma Punya Satu Tenaga, Arsiparis Disdukcapil Sidoarjo Perlu Ditambah

Suasana pelayanan di Kantor Disdukcapil Sidoarjo. (foto dok. akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Ruang arsip kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sidoarjo dinilai kondisinya kurang memadai. Terlebih, setiap hari ratusan masyarakat harus antri saat membutuhkan layanan kantor ini.

Tak heran, tenaga arsiparis Disdukcapil kerapkali kewalahan dan kesulitan saat menjalankan tugasnya. Pasalnya, selama ini Disdukcapil ternyata hanya memiliki satu tenaga arsiparis.

"Arsip kependudukan ini ibaratnya arsip hidup, karena dibutuhkan masyarakat se-Sidoarjo kapan saja. Bisa dibayangkan, apabila ruang penyimpanan arsip terlihat kurang memadai, tentu menyusahkan pihak petugas," keluh seorang staf Disdukcapil pada sebuah kesempatan.

Namun, ketika Akuratnews.com mengkonfirmasikan persoalan tersebut pada Kepala Disdukcapil Sidoarjo, H. Medi Yulianto, Selasa (3/9/2019), dia membantahnya.

"Tidak ada masalah dengan ruang penyimpanan arsip. Kalau arsip mau penuh bisa dititipkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Sidoarjo. Sebenarnya, yang jadi kendala, kurangnya tenaga arsiparis. Kebetulan, selama ini Disdukcapil hanya punya satu tenaga arsiparis dan perlu ditambah," ujarnya. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga