Libur Sekolah, Okupansi Hotel di Jantung Wisata Yogyakarta Capai 90 Persen

AKURATNEWS - Masa libur sekolah 2022 ini mulai banyak dihiasi dengan kegiatan staycation dan healing. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun belakangan membuat tempat wisata dan hotel dilokasi-lokasi tujuan wisata banyak yang terpuruk akibat sepinya pengunjung.

Salah satunya kota Yogyakarta yang menjadi kota tujuan wisata dari sebagian masyarakat yang ingin berlibur saat ingin melakukan liburan sekolah sehingga membuat wilayah Malioboro yang menjadi jantung wisata di Yogyakarta penuh sesak dengan kunjungan wisata.

Hal itu juga membuat tingkat penyewaan kamar hotel (okupansi) yang berada di wilayah Yogyakarta meningkat drastis. Seperti yang dirasakan Hotel Novotel Suite Malioboro Yogyakarta yang merasakan keberkahan mulai meningkatnya kunjungan wisatawan yang menginap di hotel berbintang empat tersebut.

"Dengan menurunnya jumlah yang terpapar Covid-19, ditambah pelonggaran aktivitas kegiatan masyarakat membuat tempat wisata dan hotel-hotel yang biasa digunakan para wisatawan okupansinya kembali meningkat. Seperti yang terjadi di Novotel Suite Yogyakarta ini, yang okupansinya selama libur sekolah ini mengalami peningkatan bahkan sampai 90 persen terisi," ungkap General Manager Novotel Suite Malioboro Yogyakarta, Novi Soesanto, Selasa (19/7).

Lanjutnya, apalagi Novotel Suite Malioboro Yogyakarta berada dikawasan yang cukup strategis yakni di pusat wisatanya Yogyakarta, ditambah lagi melekat dengan Malioboro Mall, hingga membuat jumlah wisatawan yang menginap melonjak drastis selama liburan sekolah ini.

Diterangkan Novi, konsep Suite yang melekat di Hotel Novotel Malioboro ini memang jadi keunggulan mereka dalam menjaring wisatawan. Lantaran dari kamar tipe terendah yakni superior suite memiliki luas kamar hingga mencapai 32 meter persegi.

Sedangkan untuk kamar tipe Deluxe memiliki luas kamar 34 meter persegi, tipe Junior Suite dengan luas kamar 38 meter persegi dan tipe Executive dangan luas kamar mencapai 45 meter persegi dengan layanan ramah anak.

"Novotel Malioboro adalah hotel Novotel dengan tipe Suite satu-satunya di Indonesia. Hal ini yang membuat kami menjaga kualitasnya dengan menghadirkan suatu yang berbeda dengan televisi layar datar ukuran besar 55 inchi dimana para tamu bisa menikmati program acara Netflix, Disney+, Youtube maupun Mola TV, adapula microwave dan tempat cuci piring disetiap ruangannya serta setiap tamu yang menginap bisa menikmati faslitas internet dengan kecepatan yang maksimal. Dan salah satu yang membedakan kita dengan hotel lainnya, adalah pihak Hotel yang berada di bawah naungan Accor Grup tidak melambungkan harga meski okupansi hotel tengah tinggi jadi kalau memang biasa kita jual dengan harga rata-rata 1.200.000 maka dimasa okupansi tinggi kita tetap jual segitu," lanjutnya.

Ditanya tentang fasilitas lainnya, seperti kolam renang yang berada di Lantai 10 dengan pool bar outdoor yang menawarkan keindahan kota Yogyakarta baik sore hingga malam hari ditambah pemandangan Gunung Merapi yang dapat terlihat jelas dari rooftop Novotel Suites Malioboro Yogyakarta itu.

"Kalau masalah makanan, tamu yang menginap akan disuguhkan dengan hidangan yang kaya rasa baik dari makanan khas Indonesia hingga santapan favorit internasional. Dan yang pasti makanan yang disajikan juga akan menyajikan makanan khas masyarakat dari Yogyakarta yang mungkin jarang dijumpai dan itu yang akan menjadi sajian yang berbeda dengan hotel lainnya," tegasnya.

Tak hanya menyediakan fasilitas menginap, di Novotel Suite Malioboro Yogyakarta juga menyediakan lokasi meeting dan ballroom untuk penyelenggaraan acara-acara yang bisa digelar di hotel tersebut seprti untuk acara pernikahan, reuni hingga acara keluarga lainnya.

"Di Novotel Suite Malioboro Yogyakarta juga menyediakan tiga ruang ballroom dan empat ruang meeting yang mampu menampung empat hingga 250 peserta meeting dengan fasilitas internet, proyektor, sound system dengan teknnologi terbaru dan ruangan ber AC. Dan bagi yang ingin menikmati semua fasilitas tersebut bisa mendapatkannya melalui beberapa aplikasi penjualan kamar hotel seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com dan beberapa aplikasi lainnya," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga