Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat Ibu Hamil Harus Tau

Solaeman Nur Rahman

Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat

AKURATNEWS – Jika kalian berada dalam kondisi trimester akhir kehamilan, bagi ibu hamil wajar jika merasa cemas dan khawatir secara berlebihan, apalagi kehamilan tersebut kehamilan pertamanya, dimana sebelumnya belum pernah merasakan hal tersebut.

Rasa cemas dan khawatir yang berlebihan menjadi salah satu alasan pertama bagi hamil mencari serta menghafalkan beberapa doa yang tujuannya diberi pertolongan dan perlindungan dari Allah agar persalinannya berjalan dengan lancar dan diberi keselamatan bagi ibu dan bayinya.

Allah SWT berfirman sebagaimana berikut:

قٰلَ رَبِّ احْكُمْ بِالْحَقِّۗ وَرَبُّنَا الرَّحْمٰنُ الْمُسْتَعَانُ عَلٰىى مَا تَصِفُوْنَ ࣖ

“Dia (Nabi Muhammad) berkata, “Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Tuhan kami adalah Tuhan Yang Maha Pengasih (dan) yang dimintai segala pertolongan atas semua yang kamu katakan.” (QS Al Anbiya’’’ayat 112).

Rashulullah SAW bersabda :

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله الهم قَالَ: كُنْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم يَوْمًا، فَقَالَ: “يَا غُلاَمُ، اِحْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ، اِحْفَظِ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، وَإِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللَّهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ.” رَوَاهُ التِرْمِذِيُّ، وَقَالَ: حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

Dari Ibnu ‘Abbās radhiyAllahu Ta’āla ‘anhumā mengatakan, “Pada suatu hari aku pernah dibonceng Rasulullah ﷺ  dan beliau bersabda, ‘Wahai anak  muda, jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kamu akan mendapati-Nya selalu hadir di hadapanmu. Jika kamu meminta sesuatu, mintalah kepada Allah. Dan jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah.” (HR. Tirmidzi, dan ia berkata: “Hadis ini derajatnya adalah hasan sahih.”).

Bagi seorang wanita yang sudah pernah mengandung tentu tidak asing dengan yang namanya fase melahirkan, mulai dari kontraksi, pembukaan dan bayi keluar. Nah untuk mempermudah dan mempercepat proses kelahiran tidak ada salahnya kalian berdoa kepada Allah.

Disini kami akan merangkum beberapa doa yang bisa dibaca saat kalian sedang mengandung agar proses persalinan bisa berjalan dengan lancar. Berikut penjelasannya.

Doa Cepat Kontraksi

Jika seorang istri sudah merasakan kontraksi maka tugas sang suami selain menemani dan menjaga dia juga bisa ikut membacakan doa untuk persalinan istrinya agar dipermudah dan cepat kontraksi. Untuk doanya kalian bisa membaca doa dibawah ini.

حنة ولدت مريم ، مزيم ولدت عيسى ، أخرج أيها المؤلود بقدرة الملك المعبود. اللهم صل على سيدنا محمد سهل ويسر م تعسر

Baca Juga:  Doa Berhubungan Intim, Adab serta Keutamaannya dalam Islam

(Haanah waladat maryam, wa maryam waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauluudu bi qudratil malikil ma’buud. Allahumma shaali ‘alaa sayyidinna muhammaddin sahhil wa yassir maa ta’assar)

Artinya: “Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, lahirlah dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Disembah. Ya Allah, semoga rahmat senantiasa tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, gampangkanlah dan mudahkan sesuatu yang sulit.”

Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat Dan Lancar

Kitab al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar halaman 298 syeikh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi menjelaskan bahwasannya ketika seorang ibu hamil sedang dalam proses perslinan, suaminya dianjurkan membaca ayat kursi satu kali dan surat Al-A’raf ayat 54 setelah itu dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas serta Mu’awidzatain. Berikut penjelasannya:

Bacaan Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُههُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْددِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

(Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim).

Artinya: ” Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Membaca Surat Al-A’raf Ayat 54

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

(Inna rabbakumulladzi kholaqas samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummastawa ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahara yathlubuhu hatsitsan wasy syamsa wal qamara wan nujuma musakhkharatim bi amrihi ala lahul khalqu wal amru tabârokaLlahi rabbil ‘alamin)

Baca Juga:  Doa Memakai Dan Melepas Pakaian Sesuai Ajaran Rashulullah SAW

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam.

Membaca Doa Kurob

Doa kurob ini diambil dari riwayat sayyidah Fathimah RA yang diperjelaskan oleh Imam nawawi dalam kitab Al-Adzkar bahwa ibu hamil yang hendak melakukan persalinan perbanyaklah membaca doa kurob(doa disaat genting) berikut bacaan doanya:

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السموات ورب الأرض رب العرش الكريم.  يا حي يا قيوم ، برحمتك أستغيث

Lâ ilâha illallâhul ‘azhîmul halîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘azhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wa rabbul ardhi rabbul ‘arsyil karîm. Yâ hayyu, yâ qayyûm, bi rahmatika astaghîts.

Artinya, “Tiada tuhan selain Allah yang maha agung lagi maha santun. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan arasy yang megah. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan arasy yang mulia. Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, lagi Maha Jaga. Hanya kasih-sayang-Mu yang kuharapkan.”

Membaca Surat Mu’awidzatain

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ. مَلِكِ النَّاسِۙ. اِلٰهِ النَّاسِۙ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ. الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

(Qul a’uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad).

(Qul a’uzu birabbin-nas. Malikin-nas. Ilahin-nas. Min syarril-waswasil-khannas. Allazi yuwaswisu fi ṣudurin-nas. Minal-jinnati wan-nas).

Artinya: “Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh”, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

“Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Membaca Doa Ampuh

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Baca Juga:  Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

(Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lamaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami’un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii’aada) ࣖ

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. Dan karuniakanlah kepada kamu limpahan rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkau jualah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.”

Doa Saat Melahirkan Caesar

Doa Saat Melahirkan Caesar

Sejatinya semua proses persalinan baik normal ataupun caesar semuanya sama taruhannya nyawa, diantara keduanya tidak ada mana yang lebih unggul karena keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu menyelamatkan bayi yang ada didalam kandungan.

Jika kalian mengalami persalinan secara caesar kalian bisa mengamalkan doa dibawah ini.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ عَلَى اللهِ تَوَكَّلْنَا

(Hasbunallaahu wa ni’mal wakiilu ‘alallaahi tawakkalnaa).

Artinya: “Allah telah mencukupi segala sesuatu bagiku. Dan sebaik-baik tempat kuserahkan diri, hanyalah kepada Allah.”

Doa Setelah Melahirkan

أُعِيْذُهُ بِالوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى حَسَدٍ

(U’iidzuhuu bil waahidis shomadi min syarri kulli dzii hasadin).

Artinya: “Aku berlindung darinya dengan pertolongan Tuhan Yang Esa, yang ditumpukan segala kehendak kepada-Ny, dari sekalian yang mempunyai dengki.”

Doa Ketika Anak Sudah Lahir

Doa Ketika Anak Sudah Lahir

Ketika anak sudah lahir, Si Bapak hendaknya membacakan Adzan pada telinga bayi sebelah kanan dan Iqomah pada telinga sebelah kiri dan jika keduanya sudah selesai lanjut membaca doa yang dibacakan pada telinga sebelah kanan, berikut doanya:

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ  وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan. Wa innî u’îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm, wa A’ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik. Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk. Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

Penutup

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait bacaan doa-doa yang bisa kalian langitkan untuk mrmohon pertolongan dan permohonan agar cepat melahirkan selamat, lancar, dipermudah dan diperlancar semuanya, semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi kita semua. Wallohu A’lam Bis-showab.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait