Bacaan Doa Mimpi Buruk Agar Mendapat Perlindungan Allah SWT

Makin Rajin

Bacaan Doa Mimpi Buruk

Meskipun mimpi dianggap sebagai bunga tidur, Islam telah mengajarkan bahwa umat Muslim perlu membaca doa tidur agar terhindar dari mimpi buruk. Selain itu, doa-doa tersebut dapat membuat hati lebih tenang dan pikiran negatif dapat berganti dengan perasaan aman karena yakin mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyebutkan sebuah hadist yang mengatakan bahwa mimpi buruk datangnya dari setan dan mimpi baik datangnya dari Allah SWT. Oleh karena itu, setiap Muslim wajib menghafalkan doa terhindar mimpi buruk. 

Mimpi dalam Pandangan Islam

Tak dapat kita pungkiri bahwa mimpi yang datang setiap tidur akan memberikan dampak, baik secara psikologis ataupun fisik. Entah itu membuat suasana hati menjadi kacau, gelisah, atau tubuh menjadi mudah sakit. Dalam ajaran Islam sendiri menyebutkan beberapa pandangan mengenai mimpi, antara lain:

1. Ru’ya Ash Shalihah

Dalam bahasa Arab, ru’ya ash shalihah artinya mimpi yang baik. Sesuai dengan riwayat hadist dari Imam Nawawi, mimpi baik berasal dari Allah SWT. 

Ciri-ciri mimpi yang baik adalah mimpi tersebut akan membuat orang yang mendapatkannya dapat bangun dalam keadaan bahagia dan bersuka cita. Selain itu, mimpi baik biasanya juga dianggap sebagai petunjuk atas segala kerisauan yang seseorang alami.

2. Ru’ya at Tahzin Min Asy Syaithan

Kebalikan dari mimpi yang baik, ru’ya at tahzin min asy syaithan adalah mimpi buruk yang berasal dari setan. Yap, setan tak hanya menganggu manusia saat mereka tersadar, tetapi juga mengganggu di kala tertidur. 

Baca Juga:  Bacaan Doa Sebelum Tidur Dan Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunah

Biasanya, saat terbangun dari mimpi tersebut, seseorang akan merasa gelisah, badmood, dan parahnya bisa membuat tubuh menjadi kurang sehat. Oleh karena itu, doa mimpi buruk akan sangat berguna untuk menghalau kemungkinan itu semua.

3.  Haditsu An Nafsi

Ada pula istilah haditsu an nafsi atau mimpi yang berasal dari imajinasi manusia. Jenis mimpi ini adalah bentuk mimpi yang paling banyak terjadi setiap harinya. 

Padatnya setiap peristiwa, pandangan, atau pemikiran yang terproses pada seseorang membuatnya mudah memiliki banyak imajinasi. Lalu, secara tidak langsung pikiran bawah sadarnya akan memproduksinya sebagai mimpi.

Doa Mimpi Buruk

Setelah mengetahui apa saja jenis mimpi yang bisa terjadi dalam Islam, setiap orang harus membekali dirinya dengan menghafal doa mimpi buruk. Islam telah mengajarkan beberapa macam doa yang bisa umat Muslim baca ketika mendapat mimpi yang kurang menyenangkan. Berikut ini ayat dan terjemahan lengkapnya:

1. Bacaan Doa Mimpi Buruk Pertama

Berikut ini adalah bacaan yang bisa segera Anda lafalkan apabila mengalami mimpi buruk:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, Allahu rabbi, la syarika lahu. A’udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni. 

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

2. Bacaan Doa Mimpi Buruk Kedua

Selain bacaan di atas, Anda juga bisa menghafalkan doa berikut ini:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَيَّهْدُرُونَ

A’uudzu bukalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri ‘ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya dan dari keburukan hamba-hamba-Nya serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.”

Baca Juga:  Doa Ruku dalam Sholat Lengkap dengan Tata Cara dan Manfaatnya

3. Bacaan Doa Mimpi Buruk Ketiga

Bacaan ketiga yang bisa Anda pilih ketika mendapati mimpi buruk hadir dalam tidur adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allahumma gharatin nujum wa hada’atil ‘uyun, wa anta hayyun qayyumun, la ta’khudzuhu sinatan wa la naum. Ya hayyu, ya qayyum, ahdi’ layli wa anim ayni

Artinya: “Tuhanku, Bintang-bintang telah tenggelam dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah Zat Maha Hidup dan Maha Tegak.”

4. Bacaan Doa Mimpi Buruk Keempat

Masih ada satu bacaan lagi yang bisa Anda lafalkan setelah memiliki mimpi buruk. Berikut ini bunyi doanya:

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allohumma inni a’uzubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Sunnah Setelah Membaca Doa Mimpi Buruk

Apabila Anda telah melafalkan doanya saat terbangun dari mimpi buruk, ketahuilah bahwa masih ada beberapa sunnah lainnya yang harus Anda lakukan. Sunnah-sunnah ini berasal dari ajaran Rasulullah SAW sehingga sangat patut untuk Anda teladani. Berikut ini beberapa sunnah penting yang bisa Anda laksanakan:

1. Mengubah Posisi Tidur dan Meludah Tiga Kali

Terdapat sebuah hadist dari riwayat Muslim yang bisa menjadi landasan bahwa mengubah posisi tidur dan meludah sebanyak tiga kali setelah mendapati mimpi buruk adalah sunnah. Berikut ini hadistnya:

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali. Berlindunglah kepada Allah dari gangguan setan tiga kali dan mengubah tidurnya dari posisi semula.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat Ibu Hamil Harus Tau

2. Segera Membaca Taawudz

Terbangun karena mimpi buruk memang bukan kondisi yang mengenakkan. Apalagi bila mimpi tersebut membuat pikiran menjadi gelisah. Maka dari itu, segeralah membaca taawudz tiga kali setelah doa mimpi buruk yang berbunyi sebagai berikut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A’udzu billahi minasy syaithanir rajim

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”

3. Ambil Wudhu dan Dirikan Sholat

Tidak perlu terlalu risau saat mendapati mimpi buruk! Anda bisa langsung bangun dan mengambil air wudhu lalu mendirikan sholat. Dengan begitu, hati akan tenang dan pikiran negatif menjadi hilang. 

Sunnah satu ini juga telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut ini:

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, maka bangunlah, kemudian sholatlah.” (HR. Muslim)

4. Jangan Menceritakan Mimpi Buruk Pada Orang Lain

Mimpi buruk bukanlah sesuatu yang perlu Anda ceritakan kepada orang lain. Sebab, bisa saja menjadikan orang lain khawatir dan Anda sendiri sebagai orang yang mengalaminya semakin gelisah. Hal ini sesuai dengann ajaran Rasulullah dalam hadist berikut:

“Siapa yang bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan. Dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakan.” (HR. Al Bukhari)

Yuk, Hafalkan Doa Mimpi Buruk!

Lewat hafalan doa terhindar dari mimpi buruk, Anda akan lebih tenang apabila suatu ketika mengalaminya. Anda bisa pilih mana diantara doa-doa di atas yang paling mudah Anda hafalkan, sehingga tidak merasa kesulitan. 

Lalu, agar senantiasa mengingatnya, Anda bisa baca rutin menjelang tidur malam. Hal yang perlu Anda ingat adalah semua mimpi buruk asalnya dari setan yang sejatinya ingin menggoda manusia. 

Oleh karena itu, Anda tidak perlu terlalu larut memikirkannya. Selain itu, penting juga mempersiapkan diri dalam kondisi sebaik mungkin saat akan tidur, seperti berwudhu terlebih dahulu atau berdoa sebelum tidur.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait