2 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Amalan dan Keutamaannya

Makin Rajin

2 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Amalan dan Keutamaannya

Nisfu Syaban terjadi pada pertengahan bulan Syaban yang mana pada malam tersebut Allah SWT akan membukakan berbagai pintu ampunan dan rahmat. Sehingga, Anda sebagai umat Muslim yang beriman perlu membaca doa malam Nisfu Syaban. 

Pada artikel berikut, kami akan menguraikan doa-doa Nisfu Syaban yang bisa Anda amalkan. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Macam Doa Malam Nisfu Syaban

Berikut ini adalah 2 macam doa yang bisa Anda baca pada malam Nisfu Syaban:

1. Doa Pertama

Adapun doa pertama yang bisa Anda amalkan saat datangnya malam istimewa ini yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allaahumma innaka ‘afuwwung tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf Lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

2. Doa Kedua

Jika Anda merasa doa pertama terlalu pendek, maka Anda bisa membaca doa Nisfu Syaban berikut ini:

اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا ذَا الطُّولِ وَالْإِنْعَامِ، لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَاهِرَ اللَّجِينَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيرِينَ، وَمَأْمَنَ الْخَائِفِينَ.

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنَا عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومِينَ أَوْ مُقَتَّرِّرِينَ عَلَيْنَا فِي رِزْقٍ، فَمَحِّلْهَا اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِنَا وَحِرْمَانَنَا وَقِتْطَارَ رِزْقِنَا، وَاكْتُبْنَا عِنْدَكَ سُعَدَاءَ مَرْزُوقِينَ مُوَفَّقِينَ لِلْخَيْرَاتِ.

Baca Juga:  7 Doa untuk Orang Sakit dengan Berbagai Kondisi dan Terjemahannya

فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ، يَمْحُو اللَّهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ، وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Allāhumma yā dzal manni wa lā yumannu ‘alaika yā dzal jalāli wal ikrām, yā dzat thauli wal in‘ām, lā ilāha illā anta zhahral lājīna wa jāral mustajīrīna, wa ma’manal khā’ifīn. 

Allāhumma in kunta katabtanā ‘indaka fī ummil kitābi asyqiyā’a au mahrūmīna au muqattarīna ‘alaynā fir rizqi, famhullāhumma fī ummil kitābi syaqāwatanā, wa hirmānanā waqtitāra rizqinā, waktubnā ‘indaka su‘adā’a marzūqīna muwaffaqīna lil khairāt. 

Fa innaka qulta wa qaulukal haqq fī kitābikal munzali ‘ala lisāni nabiyyikal mursali Yamhullāhu mā yasyā’u wa yutsbitu wa ‘indahū ummul kitāb. Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama, walhamdulillāḥi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: 

“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, Engkau tidak diberi. Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Tuhan pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. 

Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Engkau mencatat kami di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki. Maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezeki kami. 

Catatlah aku disisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataan-Mu adalah benar-di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu. 

‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Allah bershalawat dan bersalam atas Sayyidina Muhammad, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Amalan Malam Nisfu Syaban

Tidak hanya membaca doa Nisfu Syaban, Anda juga bisa mengamalkan hal lainnya selama malam ini. Adapun amalam yang dimaksud antara lain:

Baca Juga:  Doa dan Niat Sholat Tahajud, beserta Tata Caranya

1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Kalimat syahadat berisi kalimat yang sangat baik untuk Anda ucapkan kapan pun, termasuk saat malam Nisfu Syaban. Apalagi jika mengingat bahwa malam ini merupakan malam mulia sehingga pasti akan menjadi malam yang tepat untuk memperbanyak syahadat. 

2. Salat Sunnah

Saat malam Nisfu Syaban, Anda juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah. Adapun jenis sholat sunnah yang perlu Anda lakukan saat malam Nisfu Syaban yaitu shalat tasbih, shalat hajat, dan sholat taubat.  

Melakukan sholat taubat saat malam Nisfu Syaban adalah salah satu ikhtiar agar taubat Anda benar-benar Allah SWT terima. Mengingat malam Nisfu Syaban merupakan malam penuh pengampunan, maka kemungkinan besar tobat Anda akan Allah SWT terima.

3. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Tidak hanya membaca doa di atas, Anda juga sebaiknya membaca Surah Yasin sebanyak 3 kali saat malam Nisfu Syaban. Adapun setiap bacaan Surah Yasin bisa Anda niatkan sesuai dengan hajat Anda. 

Sebagai contoh saat bacaan Yasin pertama, Anda niatkan untuk panjang umur dalam kondisi taat kepada Allah SWT. Kemudian, bacaan kedua Anda niatkan untuk tolak bala seumur hidup. Sedangkan Yasin ketiga Anda niatkan untuk meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup. 

4. Dzikir

Selain doa, dzikir merupakan salah satu amalan yang bisa Anda lakukan saat malam Nisfu Syaban. Dengan memperbanyak dzikir mulai dari tahmid, takbir, sholawat, hingga istighfar, Anda bisa meningkatkan keberkahan di malam Nisfu Syaban. 

Untuk jumlah dzikirnya, Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan Anda. Namun, tentunya semakin banyak akan semakin baik. Terutama istighfar yang bisa membantu agar dosa-dosa Anda yang telah lalu bisa Allah SWT ampuni. 

Terlebih lagi, malam Nisfu Syaban merupakan malam yang mana terbukanya berbagai pintu ampunan. Untuk itulah istighfar sebaiknya menjadi amalan utama yang tidak Anda lupakan saat malam Nisfu Syaban. 

Baca Juga:  Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Beserta Artinya

Sayyid Muhammad bin Alawi pernah mengatakan bahwa istighfar merupakan amalan utama yang harus orang Islam amalkan. Terutama pada waktu-waktu yang memiliki keutamaan besar seperti bulan Syaban dan malam pertengahannya..

Lebih lanjut, Sayyid Alawi juga menyampaikan bahwa dengan istighfar bisa memudahkan rezeki Anda sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan hadits.  Hal ini karena pada bulan Syaban dosa Anda akan diampuni, kesulitan dimudahkan, dan setiap kesedihan Anda bisa dihilangkan.

5. Meminta Maaf

Tidak hanya meminta ampunan Allah SWT, Anda juga sebaiknya meminta maaf kepada sesama manusia selama malam Nisfu Syaban. Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat atau orang yang pernah Anda jahati sebelumnya. 

Walaupun memang pada kenyataannya meminta maaf sebaiknya Anda lakukan setiap kali melakukan kesalahan. Namun, jika kebetulan saat mendekati malam Nisfu Syaban Anda melakukan kesalahan pada orang lain, maka Anda bisa meminta maaf pada malam ini. 

Selain itu, Anda juga sebaiknya meminta maaf kepada anggota keluarga terdekat terutama orang tua walaupun Anda merasa tidak bersalah. Perilaku ini dapat menjadi salah satu bentuk mempererat hubungan dengan orang tua Anda dan sebagai jalan untuk membuka pintu surga kelak di hari kiamat. 

Sudah Tahu Doa dan Amalan Nisfu Syaban?

Dari dua doa Nisfu Syaban di atas, Anda bisa pilih sendiri untuk mengamalkan yang mana terlebih dahulu. Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan, namun tentunya doa yang semakin lengkap semakin baik. 

Selain itu, sebaiknya dalam mengamalkan doa tersebut Anda juga melakukan amalan lainnya seperti shalat dan berdzikir. Sehingga, ibadah Nisfu Syaban menjadi lebih berkah dan doa yang Anda amalkan bisa diijabah oleh Allah SWT.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait