Doa Agar Haid Cepat Keluar dan Tips Supaya Haid Anda Lancar

Makin Rajin

Doa Agar Haid Cepat Keluar dan Tips Supaya Haid Anda Lancar

Haid merupakan tamu yang rutin mengunjungi perempuan setiap bulannya. Namun, ada saat-saat tertentu ketika haid tidak kunjung keluar padahal sudah waktunya. Berikut adalah doa agar haid cepat keluar yang dapat Anda amalkan beserta beberapa tips agar haid lancar sebagai bentuk ikhtiar menjaga kondisi kesehatan.

Penyebab Haid Tidak Kunjung Keluar

Setiap perempuan yang memasuki pubertas pasti akan mengalami haid atau menstruasi. Hal tersebut merupakan pengalaman tubuh perempuan yang sudah menjadi kodrat sesuai kehendak Allah. Sebelum menuju ke pembahasan doa agar haid cepat keluar, kita harus mengetahui penyebab siklus haid menjadi tidak lancar.

Pada kondisi normal, siklus haid berlangsung setiap 21 – 35 hari sekali. Jika keterlambatan haid berlangsung secara konstan setiap bulannya, hal tersebut dapat mengindikasikan kondisi medis tertentu. Berikut merupakan beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab:

1. Kehamilan

Hal ini tentu saja menjadi kabar baik terlebih jika Anda sedang menantikan kehadiran buah hati. Namun tidak semua haid yang terlambat datang merupakan tanda kehamilan. Terdapat beberapa tanda-tanda kehamilan lain di samping haid yang tidak kunjung keluar.

2. Masalah Hormonal

Dalam tubuh perempuan, terdapat beberapa hormon yang memiliki peran dalam organ reproduksi, fungsi organ, dan kondisi psikis, Hormon-hormon tersebut sangat mungkin mengalami gangguan yang membuatnya tidak stabil. Jika hal tersebut sampai terjadi, siklus haid bulanan pun kemungkinan dapat mengalami gangguan.

Baca Juga:  Niat Puasa Senin Kamis, Keutamaan Beserta Tata Caranya

Gangguan hormon yang mampu mempengaruhi siklus haid memiliki pemicu yang berbeda-beda, seperti tingkat stress yang tinggi, perubahan berat badan secara drastis, aktivitas fisik berat, sedang dalam keadaan menyusui, pemakaian kontrasepsi hormonal, dan sebagainya.

3. Defisiensi Nutrisi

Nutrisi memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kurangnya nutrisi dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kesuburan. Salah satu dampak dari gangguan kesuburan adalah siklus haid yang tidak lancar. Selain siklus haid yang tidak lancar, kondisi organ reproduksi lainnya juga pasti akan terganggu juga.

4. Adanya Gangguan atau Penyakit di Organ Reproduksi

Selain ketiga faktor di atas, haid yang tidak kunjung keluar juga dapat menjadi pertanda dari adanya gangguan maupun penyakit di organ reproduks, seperti PCOS. Jika muncul gejala lain seperti nyeri atau debit darah yang tidak wajar, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosa dan pengobatan lebih lanjut.

Doa Agar Haid Cepat Keluar

Bersamaan dengan setiap masalah, Allah akan menghadirkan solusinya. Melalui doa agar haid cepat keluar yang dapat Anda amalkan, Allah telah memberikan solusi terhadap permasalahan Anda.

Berikut merupakan tiga bacaan doa agar haid cepat keluar untuk memohon kepada Allah SWT agar mengaruniai Anda dengan kesehatan dan menyembuhkan segala penyakit ataupun gangguan dalam tubuh Anda:

1. Doa Agar Haid Cepat Keluar dari Q. S. Al-Anbiya ayat 84

Sumber: Liputan6.com

Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (Q. S. Al-Anbiya: 84).

Doa tersebut merupakan doa memohon kesembuhan yang bersumber dari salah satu ayat dalam Surat Al-Anbiya ayat 84. Dikisahkan jika Nabi Ayyub A. S. memanjatkan doa tersebut kepada Allah saat mengalami cobaan sakit parah dalam hidupnya.

2. Hadis Riwayat Bukhari

Sumber: Liputan6.com

Allahumma Rabbannasi, adz-hibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifaa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:  Makna dan Bacaan Doa Nabi Yunus, Lengkap dengan Keutamaannya

Doa berikut ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang memiliki isi mengenai permohonan agar Allah SWT segera memberikan kesembuhan dari segala penyakit yang ada dalam tubuh.

3. Sebuah Hadis Riwayat Muslim, Doa Agar Haid Cepat Keluar yang Lain

Sumber: Liputan6.com

Allahumma inni a’uudzu bika min zawaali ni’matika wa tahawwuli ‘aafiyatika wa fujaa’ati niqmatik wa jamii’i sakhothik

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.” (HR. Muslim Nomor 2739).

Berdasarkan Hadis Riwayat Muslim, doa tersebut berisi permohonan agar Allah SWT memberikan perlindungan dari kehilangan nikmat dan perubahan kesehatan tubuh.

3 Tips Yang Bisa Anda Coba Disamping Mengamalkan Doa Agar Haid Cepat Keluar

Selain mengamalkan doa agar haid cepat keluar, ada baiknya Anda mencoba melakukan beberapa tips berikut untuk membantu memperbaiki siklus haid Anda sebagai salah satu wujud nyata dari ikhtiar Anda:

1. Cukupkan Kebutuhan Nutrisi

Salah satu penyebab siklus haid tidak lancar adalah kurangnya nutrisi dalam tubuh. Oleh karenanya, perbaikan jenis makanan yang Anda konsumsi dapat meningkatkan nutrisi yang diserap tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan bernutrisi yang dapat Anda coba konsumsi:

  • Sayuran Hijau: sayuran rendah kalori tapi tinggi serat, kaya vitamin (A, C, dan K) dan mineral (kalsium, magnesium, dan zinc), seperti bayam dan sawi hijau.
  • Buah-buahan: pilihlah buah-buahan kaya serat, vitamin, dan antioksidan serta tidak terlalu manis seperti berry dan apel.
  • Lemak sehat: kandungan lemak sehat dapat mendorong peningkatan produksi hormon estrogen. Anda dapat memperolehnya dari alpukat atau telur ikan.
  • Biji-bijian: makanan berbentuk biji-bijian seperti biji labu, rami, wijen, dan bunga matahari mengandung nutrisi yang bagus untuk reproduksi perempuan.
  • Kacang-kacangan: terdapat beberapa nutrisi yang dapat membantu melancarkan siklus haid anda, seperti karbohidrat lengkap, lemak baik, dan protein. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat Anda peroleh melalui kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah.
  • Rempah: beberapa rempah dipercaya dapat membantu menyehatkan organ reproduksi perempuan, seperti jahe (zat anti inflamasi), kunyit (kaya antioksidan dan anti-radang), dan kayu manis (mengurangi nyeri, mual, mutah, dan perdarahan hebat).
Baca Juga:  Sholawat Tibbil Qulub, Teks Arab & Terjemahan, serta Keutamaannya

2. Kelola Stress, Ikhtiar Selain Membaca Doa Agar Haid Cepat Keluar

Stress dapat mempengaruhi sistem kerja hormon dalam tubuh perempuan. Stress mampu memicu kerja hormon kortisol menjadi tidak seimbang. Hal tersebut dapat mempengaruhi hipotalamus yang akan berdampak ke periode haid. Anda dapat mempraktekkan meditasi dan teknik mindfulness untuk mengelola kadar stress diri.

3. Ciptakan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup tidak sehat mampu memberikan efek signifikan kepada tubuh secara general, hal tersebut dapat juga mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur. Olahraga seperti yoga selama 35 – 40 menit sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental Anda.

Selain itu, tidur yang cukup dan teratur juga bagus untuk tubuh Anda karena mampu mendorong regenerasi sel menjadi lebih optimal, serta mendorong kerja fungsi tubuh menjadi lebih baik lagi. Anda dianjurkan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya dengan lama waktu tidur selama  6 – 7 jam.

Segera Konsultasikan Permasalahan Haid Anda Secara Medis

Selain dengan memanjatkan doa agar haid cepat keluar serta menjalankan tips hidup sehat, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan medis jika gangguan pada siklus haid Anda rasa tidak kunjung membaik. Hal ini penting untuk segera mengetahui penyebab utama gangguan lebih cepat.

Saat ini, pemeriksaan kesehatan perempuan telah ditanggung oleh BPJS. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang memadai. Lebih lanjut lagi, Anda juga dapat memperoleh pengobatan yang lebih akurat sesuai dengan permasalahan Anda.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait