Doa Dimudahkan Semua Urusan, Lengkap dengan Artinya

Makin Rajin

doa dimudahkan segala urusan

Dalam menjalani kehidupan, setiap orang tentu akan menghadapi berbagai persoalan. Nah, agar Anda bisa melewati itu semua, maka Nabi SAW pun sudah mengajarkan doa dimudahkan semua urusan. Anda tinggal mengamalkannya saja dan tetap berikhtiar.

Pengertian dari Doa

Doa merupakan tanda bahwa seorang hamba masih membutuhkan Tuhannya. Dalam Al- Qur’an sendiri, Allah SWT sudah berfirman sebagai berikut:

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS. Al Anfal: 40)

Sementara dalam studi berjudul “Konsep Doa dalam Al- Qur’an” menjelaskan bahwa doa dimudahkan semua urusan merupakan ungkapan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Hal tersebut mereka lakukan untuk meminta apa yang mereka inginkan.

Doa Dimudahkan Semua Urusan

Setiap orang pastinya memiliki urusan dan permasalahan dalam hidupnya. Selain berikhtiar, sebagai orang yang beriman juga wajib untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Caranya adalah dengan membaca doa untuk memudahkan semua urusan. Berikut adalah doa-doa yang bisa Anda baca dan amalkan:

1. Doa Meminta Petunjuk

QS Al Kahfi ayat 10 merupakan salah satu doa untuk mempermudah segala urusan. Doa ini juga dapat Anda panjatkan untuk mendapatkan petunjuk. Berikut lafadznya:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

“Idz awal-fityatu ilal-kahfi fa qalu rabbana atina mil ladunka rahmataw wa hayyi’ lana min amrina rasyada.”

Artinya:

Baca Juga:  Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya

“(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: ‘Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini,’.” (QS. Al- Kahfi: 10)

2. Doa Meminta Kemudahan

Berdasarkan riwayatnya, Nabi Musa AS memiliki masalah dan cobaan ketika menjalankan perintah Allah SWT, yakni berdakwah. Nabi Musa AS harus berhadapan dengan Fir’aun yang terkenal sangat kejam. 

Namun, Nabi Musa AS tidak menyerah dan berdoa memohon kemudahan kepada Allah SWT. Berikut adalah doa dimudahkan semua urusan:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbisy rohliii shodrii, Wa yassirlii amrii, Wahlul ‘uqdatan min lisaani, Yafqohuu qoulii.” 

Artinya adalah:

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskan kekakuan dari lidahku, agar mereka dapat dengan mudah mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28)

3. Doa Agar Semua Urusan Lancar

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

“Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wabika namuutu, wa ilaika nusyur.”

Artinya adalah:

“Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.” (HR. Abu Dawud, At- Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

4. Doa Hendak Melakukan Hal Baik

Selain doa untuk memudahkan semua urusan, sebelum melakukan hal baik juga sebaiknya Anda berdoa terlebih dahulu. Berikut doa yang bisa Anda amalkan ketika hendak melakukan hal baik:

اللَّهُمَّ لُكَ اتِ ائمَ السَّلامَةَ لِّ الغَنِيمَةَ لِّ الفَوْزَ الجَنَّةِ، النَّجاةَ النَّارِ

“Allahumma inni as-aluka mujibati rahmatika, wa-’aza-ima maghfirotika, wassalamata min kulli item, wal-ghanimata min kulli birr, wal-fauza bil-jannati, wan-najata minannar.”

Artinya adalah:

Baca Juga:  Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Terjemahannya

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu apa yang memicu rahmat-Mu dan sarana pengampunan-Mu, keselamatan dari setiap dosa, manfaat dari setiap perbuatan baik, kesuksesan dalam mencapai Jannah, dan pembebasan dari Neraka.” (Mustadrak Al- Hakim)

5. Doa Memohon Pertolongan

Seperti yang Anda ketahui, bahwa hidup tidak bisa selalu berjalan lancar. Ada kalanya manusia menghadapi banyak cobaan. Namun, percayalah bahwa Allah akan selalu membantu hamba-Nya yang meminta pertolongan. Berikut ada doa dimudahkan semua urusan:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

“Ya hayyu ya qayyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.”

Artinya adalah:

“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

6. Doa Meminta Rezeki

Rezeki yang halal tentunya berasal dari Allah SWT untuk para hamba-Nya yang senantiasa berusaha. Selain berusaha, Anda juga wajib membaca doa untuk memudahkan semua urusan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rezeki yang halal dan barokah dari Allah SWT. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Allahumma inni as aluka an tarzuqanii rizqan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, innaka a’alaa kulli syai in qadiirun”. 

Artinya adalah:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.” 

7. Doa Meminta Keberkahan

Selain menghasilkan uang, pekerjaan sebaiknya juga bisa memberikan keberkahan bagi yang menjalankannya. Tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga bisa membawa berkah bagi orang lain. Agar pekerjaan mendapatkan keberkahan, Anda bisa membaca doa dimudahkan urusan dan meminta keberkahan berikut:

Baca Juga:  Doa Ulang Tahun dalam Islam, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

أَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

“Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizka thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijabah. Wa anta laa tukhliful wa’dah wa laa tukadzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syai’in fa karichu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa. 

Artinya adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa. Dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustai. 

Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Doa Dimudahkan Semua Urusan Mana yang Anda Lafadzkan?

Itulah beberapa doa dimudahkan semua urusan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui doa-doa tersebut, maka selain ikhtiar Anda bisa mengamalkannya agar semua urusan bisa berjalan dengan lancar karena ridha Allah SWT. Selain itu, melakukan amalan seperti silaturahmi, umroh, dan bersabar juga disarankan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait