Bacaan Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Keutamaannya

Makin Rajin

Dalam Islam, setiap hal yang kita lakukan sebaiknya dimulai dengan berdoa, begitu pun saat akan masuk dan keluar rumah. Membaca doa saat masuk dan keluar rumah sangat penting agar perjalanan Anda lancar. 

Dalam melakukan perjalanan, doa-doa tersebut memiliki peran penting sebagai panduan spiritual dan sarana memohon perlindungan serta berkah dari Tuhan. Pada artikel ini, kami akan memberikan bacaan lengkap doa-doa saat masuk dan keluar rumah lengkap dengan keutamaannya yang bisa Anda amalkan. 

Doa Keluar Rumah

Berikut ini beberapa doa keluar rumah yang bisa Anda amalkan:

1. Doa Pertama

Bacaan doa keluar rumah pertama yang bisa Anda amalkan adalah:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

2. Doa Kedua

Jika Anda merasa doa tersebut terlalu singkat, maka Anda bisa mengamalkan doa berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, allahumma inni a’udzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”

Baca Juga:  Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Beserta Artinya

3. Doa agar Selamat ketika Berkendara

Setelah keluar rumah, biasanya Anda akan berkendara. Apalagi jika tujuan Anda cukup jauh, maka kemungkinan besar kegiatan berkendara pasti akan Anda lakukan. Untuk itulah, berikut ini bacaan doa keluar rumah agar selamat ketika berkendara yang bisa Anda amalkan. 

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali.”

Doa tersebut bisa Anda amalkan saat akan mengendarai kendaraan atau sebelum melajukan kendaraan. Harapannya, Anda bisa dijauhkan dari segala jenis musibah yang mungkin akan dialami. 

4. Doa agar Perjalanan Jauh Terasa Lebih Dekat

Tidak hanya doa memohon keselamatan di kendaraan, Anda juga bisa mengamalkan doa keluar rumah agar perjalanan jauh bisa terasa lebih dekat. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Masuk Rumah 

Setelah keluar, tentunya Anda akan masuk rumah kembali, yang mana doa masuk rumah adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa ‘alallahi rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk. Dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.

Baca Juga:  Penting! Ketahui Doa Zakat Fitrah Setelah Menerimanya

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong 

Jika rumah yang akan Anda masuki setelah melakukan perjalanan adalah rumah kosong, maka sebaiknya Anda mengamalkan doa berikut ini:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahish Shoolihiina

Artinya: “Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang saleh.”

Anda bisa mengamalkan doa ini saat baru saja melangkah di area rumah tersebut. Tujuannya adalah agar Anda terhindar dari berbagai jenis makhluk hidup, baik yang kasat mata ataupun yang tidak di rumah tersebut. 

Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah 

Berikut ini beberapa keutamaan membaca doa keluar rumah yang bisa Anda amalkan:

1. Dimudahkan Semua Urusan

Adapun keutamaan dari membaca doa keluar rumah yang pertama adalah mendapat kemudahan atas segala urusan, terutama urusan duniawi. Apalagi jika Anda membaca doa keluar rumah saat akan melakukan suatu urusan, maka kemungkinan besar urusan tersebut akan dimudahkan oleh Allah SWT. 

2. Terjaga dari Kejahatan Musuh

Musuh tentunya tidak bisa Anda hindari dan prediksi karena bisa datang kapan saja, bahkan saat Anda sedang di perjalanan. Untuk itulah Anda perlu berdoa saat keluar rumah. 

Manfaatnya adalah Anda bisa lebih terjaga dari berbagai kejahatan musuh. Baik itu musuh yang tidak terlihat atau pun yang terlihat karena Anda akan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah SWT. 

3. Kemudahan Mencari Rezeki

Keutamaan membaca doa keluar rumah berikutnya yaitu rezeki Anda akan lebih datang dengan lebih mudah. Apalagi jika tujuan Anda keluar rumah adalah untuk bekerja, maka kemungkinan besar Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan rezeki yang Anda cari tersebut. 

Adab Keluar Rumah

Berikut ini beberapa adab keluar rumah yang bisa Anda amalkan setiap harinya:

Baca Juga:  Doa Nisfu Sya’ban serta Berbagai Amalan dan Keutamaannya

1. Shalat 

Sebelum keluar rumah, Anda sebaiknya menunaikan shalat 2 rakaat terlebih dahulu. Adapun sholat yang bisa Anda amalkan yaitu shalat sunnah Safar yang bisa Anda kerjakan saat akan bepergian. 

Hal ini sesuai dengan riwayat HR. Al-Hakim yang mana menyebutkan bahwa: 

“Nabi SAW tidak tinggal di suatu tempat kecuali beliau meninggalkan tempat tersebut dengan shalat dua rakaat,” (HR Al-Hakim). 

Untuk melaksanakan sholat Safar, Anda bisa melafalkan niat berikut ini. 

أُصَلِّي سُنَّةَ السَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushalliî sunnatas safari rak’ataini lillâhi ta’âla

Artinya: “Saya niat shalat sunnah perjalanan dua rakaat karena Allah ta’âla”.

2. Membaca Doa Keluar Rumah

Setelah melaksanakan sholat, Anda bisa langsung bersiap-siap untuk keluar rumah dan bepergian. Namun sebelum menaiki kendaraan, Anda bisa membaca doa keluar rumah yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

3. Mengangkat Pandangan ke Atas

Saat mengucapkan doa keluar rumah, Anda sangat dianjurkan untuk mengangkat pandangan ke atas. Akan lebih baik lagi jika Anda menengadahkan tangan seperti posisi berdoa. 

Posisi berdoa seperti ini sebagai bentuk memasrahkan semuanya dan memohon pertolongan Allah SWT. Sehingga, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa aman selama dalam perjalanan.

4. Dahulukan Kaki Kanan

Saat keluar rumah, sebaiknya Anda mendahulukan kaki kanan. Hal ini karena mendahulukan kaki kanan saat melakukan kebaikan adalah sunnah yang Rasulullah SAW ajarkan. 

Sudah Tahu Doa Masuk dan Keluar Rumah Serta Keutamaannya?

Dalam kesimpulannya, ada berbagai bacaan doa masuk dan keluar rumah yang bisa Anda amalkan. Anda bisa pilih sesuai dengan kemampuan dalam menghafalnya. Selain itu, saat akan keluar rumah sebaiknya Anda juga menerapkan adab-adabnya sehingga lebih berkah. 

Terakhir, saat akan keluar rumah, sebaiknya Anda tidak lupa untuk memastikan semua kondisi di rumah aman. Alih-alih keluar rumah dengan terburu-buru yang mana akan membuat ada barang tertinggal dan sebagainya. Lebih baik pelan tetapi kondisi rumah aman terkendali. 

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait