Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap dengan Dzikir dan Terjemahannya

Makin Rajin

doa setelah sholat subuh

Sholat subuh menjadi salah satu ibadah wajib untuk umat muslim yang biasanya berlangsung sebelum matahari terbit, yakni sekitar pukul 04.00 hingga 05.00. Sejatinya sholat ini cukup istimewa karena seluruh malaikat akan turun ke bumi. Maka dari itu, umat muslim juga dianjurkan membaca doa setelah sholat subuh.

Sebab, doa-doa tersebut memiliki makna dan manfaat yang begitu dalam. Tentunya bisa membantu Anda untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan mempermudah urusan. Lantas, bagaimanakah doa itu? Silahkan Anda simak penjelasan artikel berikut ini.

Urutan Doa Setelah Sholat Subuh

Amalan-amalan ketika sholat subuh sebenarnya sangat banyak. Namun, ada beberapa amalan yang pahala dan manfaatnya lebih besar. Amalan-amalan tersebut terangkum dalam penjelasan doa setelah sholat subuh berikut ini:

1. Sayyidul Istighfar

Doa setelah sholat subuh yang pertama adalah sayyidul istighfar yang bertujuan untuk menyempurnakan ibadah tersebut. Adapun berikut ini adalah doa yang bisa Anda lafalkan.

اللهم أنت ربي، لا إله إلا أنت، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Allahumma antarabbiilaa ilahailla anta khalaqtaniwaana’abduka waana’ala’ahdika wawa’dika mastatho’tu a’udzubikamin syarrimaashona’tu abuu ulaka bini’matika’alayya wa abuubidzanbi fagfirli fainnahulaayagfiru dzunnuba illanta.

Artinya: 

“Ya Allah, engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan selain engkau dan engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambamu dan akan tetap pada ikatan dan perjanjianmu semampuku. Hamba berlindung kepadamu dari kejahatan yang telah akau perbuat.

Aku mengakui dosa-dosaku kepadamu. Aku megakui nikmatmu kepadaku. Maka ampunilah aku karena sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosaku kecuali engkau.”

2. Doa Memohon Rezeki

Sebelum fajar datang menjadi waktu terbaik untuk berdoa meminta rezeki pada Allah SWT. Adapun doa setelah sholat subuh yang bisa Anda amalkan adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Doa Memakai Dan Melepas Pakaian Sesuai Ajaran Rashulullah SAW

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni asaluka ilmaanaafi’a, wa rizqontoyyiba waaamalammutaqobala.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu akan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima.”

3. Doa Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Menurut riwayat Ummu Salamah RA, setelah sholat subuh hendaklah para umat muslim memanjatkan doa berikut ini untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا وَعِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni as-aluka rizqan thayyiban wa ilmannaa fi’aanwa amalan mutaqqabbala.

Artinya: “Ya Allah, hamba memohon rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat dan usaha yang sukses.”

4. Surat-Surat Pendek

Doa setelah sholat subuh yang keempat adalah membaca surat-surat pendek seperti Al-Ikhlas, An-Naas, dan Al-Falaq sebanyak 3 kali setelah selesai menunaikan ibadah sholat subuh. Berikut ini masing-masing bacaannya:

Surah Al-Ikhlas ayat 1-4

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ, ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ, لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ, وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ

Qul huwallāhu aḥad, allāhuṣ-ṣamad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Artinya:

“Katakanlah (Muhammad), ‘Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.'”

Surah An-Naas ayat 1-6

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ, مَلِكِ ٱلنَّاسِ, إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ, مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاسِ, ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاسِ, مِنَ ٱلْجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

Qul a’ụżu birabbin-nās, malikin-nās, ilāhin-nās, min syarril-waswāsil-khannās, allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās, minal-jinnati wan-nās

Artinya: “Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Tuhan Yang menguasai manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari jin dan manusia.'”

Surah Al-Falaq ayat 1-5

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلْفَلَقِ, مِن شَرِّ مَا خَلَقَ, وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ, وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّٰثَٰتِ فِى ٱلْعُقَدِ, وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul a’ụżu birabbil-falaq, min syarri mā khalaq, wa min syarri gāsiqin iżā waqab, wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad, wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”.

Baca Juga:  Doa Menyembelih Ayam dan Tata Caranya, Lengkap

5. Doa Memohon Perlindungan dari Api Neraka

Sudah jelas tertulis dalam Al-Quran bahwa semua umat manusia yang jahat dan melampui batas akan menempati neraka ketika di akhirat nanti. Untuk terhindar dari siksa api neraka yang pedih, umat muslim bisa membaca doa setelah sholat subuh ini sebanyak 7 kali:

اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan naar

Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Subuh

Selain doa setelah sholat subuh, amalan berikutnya yang bisa Anda amalkan adalah dzikir. Selain melengkapi dzikir juga mampu mendatangkan manfaat dan pahala yang melimpah. Bahkan, dzikir dipercaya akan memberikan cahaya dan ketenangan baik di dunia maupun akhirat. Berikut adalah macam-macam dzikir setelah subuh:

  • Subhanallahi wa bi hamdih

Artinya: “Mahasuci Allah dengan segala puji baginya.”

Baca lafal ini sebanyak 100 kali

  • Istighfar sebanyak 3 kali
  • Allahumma antasalam wa minkassalam, tabarokta yaa dzaljalali wal ikroom.

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera dan darimu kesejahteraan, Mahasuci Engkau wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.”

  • La ilaahaillalahu wahdahulaa syariikalahu. Lahul mulkuwalahul kamdu yuhi wayumituu, wahuwa alaa kulli syaiin qodir

Artinya: “Tidak ada Allah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah Yang Maha Esa. Tiada sekutu baginya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagian-Nya pula segala ujian.

Dialah yang menghidupkan orang yang sudah mati atau memberikan ruh pada janin dan yang mematikan. Dialah yang maha kuasa atas segala sesuatu.

Baca lafal ini sebanyak 10 kali

  • Allahumma a’inni’alaa dzikrika, wasyukrika wahusni ibadatika

Artinya: “Ya Allah, tolong aku agar selalu berdzikir kepadamu, bersyukur kepadamu, dan beribadah dengan baik kepadamu.”

  • Subhanallah 33 kali
  • Alhamdulillah 33 kali
  • Allahuakbar 33 kali

Manfaat Membaca Doa Setelah Sholat Subuh

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa doa setelah sholat subuh itu sangat dianjurkan, bahkan masuk ke dalam beberapa hadist. Berikut ini penjelasannya:

1. Mendapatkan Ampunan dari Tuhan

Manusia bukanlah mahluk yang sempurna. Tidak ada manusia yang tidak memiliki dosa. Hanya saja yang membedakan antara umat muslim baik dan tidak adalah bagaimana cara mereka berubah untuk menjadi yang lebih baik. 

Agar dosa-dosa tersebut bisa luntur, Anda bisa mengerjakan amalan berdoa setelah sholat subuh. Amalan ini mampu membuat Allah SWT memberikan ampunan kepada hambanya yang berdosa. Sebanyak apapun dosa tersebut, Tuhan akan tetap memberikan maaf asalkan mereka mau benar-benar bertobat dan berubah.

Baca Juga:  Doa Nabi Musa yang Dapat Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Mendapatkan Rezeki yang Lancar dan Berkah

Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk umat Muslim memulai hari dan kegiatan. Maka dari itu, sebelum bekerja hendaklah Anda membaca doa setelah sholat subuh untuk mempermudahkan rezeki yang datang. Bahkan, Anda sudah membacanya tadi bahwa dalam penggalan kalimat doa terdapat makna meminta rezeki dari Tuhan.

3. Menghindari Siksaan Api Neraka

Siksaan api neraka sangatlah menyeramkan. Tak ayal manusia diharapkan terhindar dari tempat tersebut dengan cara bertaubat semasa hidupnya. Tobat dan kembali ke jalan Tuhan ada banyak caranya, termasuk mengamalkan doa-doa setelah menyelesaikan sholat subuh.

Para malaikat yang turun langsung menyaksikan umat muslim yang berdoa akan menyampaikan kepada Allah secara langsung. Untuk itu, minta pada Allah agar Anda terhindar dari siksaan api neraka yang sangat pedih.

4. Mendapatkan Pahala yang Sangat Besar

Meski sudah banyak penjelasan mengenai doa ini, namun tidak banyak dari mereka yang mau melakukannya. Untuk itu, Allah SWT menjanjikan akan memberikan pahala yang sangat besar untuk mereka yang mau melafalkannya. 

5. Urusan Dunia Akhirat Menjadi Lebih Mudah

Semua manusia mempunyai urusan masing-masing bukan? Bahkan, tak hanya semasa hidupnya, melainkan juga di akhirat kelak. 

Nah, memang kehidupan di dunia ini banyak cobaannya. Namun, agar urusan Anda setidaknya lebih mudah dan ada jalan keluarnya, maka amalkanlah doa setelah sholat subuh.

Doa tersebut akan membantu Anda meminta dan memohon kepada Allah SWT agar urusan-urusan yang Anda jalankan bisa terselesaikan dengan baik. Tak hanya urusan dunia, namun juga akhirat yang kelak Anda jumpai.

Amalkan Doa Setelah Sholat Subuh untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Sekian penjelasan tentang doa setelah sholat subuh beserta manfaat mengamalkannya. Bisa dikatakan bahwa doa-doa tersebut memiliki kalimat yang pendek sehingga mudah untuk Anda hafalkan. 

Meski demikian, Anda sudah baca bagaimana dasyatnya manfaat yang dijanjikan Tuhan untuk kita. Dengan mengamalkan doa setelah sholat subuh, kita menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Allah dan memohon perlindungan serta petunjuk-Nya di setiap langkah kehidupan. 

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait