Kuliner

Es Kelapa Muda, Minuman Primadona Berbuka Puasa

Akuratnews.com - Ramadan memang membawa berkah tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Seperti yang dirasakan oleh beberapa orang pedagang musiman es kelapa muda di bulan suci Ramadan 1441 H di Rangkasbitung.

Tidak sedikit masyarakat saat menjelang buka puasa memburu es kelapa muda yang merupakan minuman primadoma di bulan suci Ramadan, sehingga bermunculan para pedagang musiman es kelapa muda di pasar tradisional.

Salah seorang pedagang es kelapa muda, Asikin mengatakan, buah kelapa muda atau yang lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan buah degan itu, banyak dicari oleh masyarakat yang akan berbuka puasa.

Namun demikian kata Asikin, penghasilan penjualan es kelapa muda saat ini, berbeda jauh dari bulan-bulan puasa sebelumya. ”Ya, kalau dibandingkan dengan puasa tahun lalu, penghasilan menurun hingga 50 persen lebih. Itu disebabkan, karena saat ini sedang pandemi Covid-19, sehingga warga banyak yang memilih tidak keluar rumah,” katanya. (Redaksi24.com, 2/5/2020)

Selain untuk tujuan ibadah, puasa juga akan membantu tubuh untuk detox. Puasa akan membantu menyingkirkan kumpulan racun yang ada di dalam tubuh.

Detoks ini akan semakin maksimal jika saat berbuka kita mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang sehat. Salah satu minuman tersehat yang bisa dikonsumsi untuk berbuka adalah air kelapa.

Segelas air kelapa saat berbuka puasa akan membantu membuat tubuh jadi sehat. Dalam waktu yang bersamaan, air kelapa juga akan membantu tubuh menghilangkan racun.

Apa sebenarnya yang terkandung dalam air kelapa? Mengutip Women Daily, air kelapa kaya akan mineral, protein, karbohidrat, dan vitamin. Semua nutrisi ini akan membantu menyehatkan tubuh.

Selain itu, kelapa akan membantu memenuhi kebutuhan energi harian. Kita akan merasa lebih berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

Air dari buah ini juga mengandung elektrolit yang akan membantu saraf, jantung, dan otot berfungsi baik.

Air kelapa juga diklaim sebagai air yang murni. Konsumsi air kelapa saat berbuka puasa juga membuat kita mengonsumsi salah satu air paling murni yang ada.

Hanya saja, ada baiknya untuk tak sembarangan memilih air kelapa yang akan diminum. Sebaiknya, pilih air kelapa dari kelapa hijau. Selain memiliki banyak nutrisi, kelapa hijau juga memiliki banyak air.

Kelapa hijau memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding kelapa tua. Akan tetapi kelapa tua memiliki lebih banyak daging buahnya.

Satu buah kelapa muda mengandung sekitar 140 kalori, 28 gr karbohidrat, 2 gr serat, 3 gr lemak, dan 2 gr protein.

Sedangkan satu buah kelapa tua mengandung 1405 kalori, 60 gr karbohidrat, 36 gr serat, 133 gr lemak, dan 13 gr protein.

Selama berpuasa, minumlah 1,5-2 liter air kelapa segar setiap hari. Jangan menyimpan air kelapa dalam waktu lama, minumlah air kelapa sesegera mungkin. Semoga bermanfaat!

Penulis adalah: Muslimah Pelita Revowriter Majalengka

Penulis: Tawati

Baca Juga