Niat Sholat Dhuha, beserta Keutamaan dan Doa Setelahnya

Makin Rajin

Sholat sunnah merupakan salah satu ibadah yang bisa setiap umat muslim lakukan dan tentunya akan mendapatkan banyak pahala. Ada banyak sholat sunnah yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah sholat dhuha. Lalu, bagaimana niat sholat dhuha dan doa sesudah sholat dhuha? Simak pada ulasan berikut ini!

Mengenal Sholat Sunnah Dhuha 

Sebelum Anda mengenal bagaimana niat sholat dhuha, mari terlebih dahulu memahami pengertian sholat sunnah dhuha hingga waktu yang tepat untuk mengerjakannya. 

Sholat dhuha sendiri merupakan sholat sunnah yang bisa Anda laksanakan mulai dari naiknya matahari sebanyak tujuh hasta hingga waktu menjelang dhuhur. Sholat ini sama baiknya meski Anda kerjakan di awal maupun akhir waktu, berbeda dengan sholat fardhu yang baik untuk Anda laksanakan di awal waktu.

Namun, ada tiga waktu khusus di mana Nabi Muhammad SAW melarang pelaksanaan sholat sunnah dhuha. Waktu tersebut antara lain adalah ketika matahari terbit, ketika seseorang sedang berdiri di tengah bayangannya hingga matahari tergelincir, dan ketika matahari hendak tenggelam.  

Tata cara sholat dhuha sendiri hampir sama dengan tata cara sholat sunnah lainnya, yaitu dengan dua rakaat salam. Namun, jumlah rakaat sholat sunnah dhuha bisa Anda kerjakan mulai dari dua rakaat hingga dua belas rakaat. Bisa Anda kerjakan dalam dua rakaat salam maupun empat rakaat salam.

Niat Sholat Dhuha

Setelah memahami pengertian sholat dhuha dan tata cara melaksanakannya, kini Anda akan memahami bagaimana niat sholat dhuha itu sendiri. Niat sholat ini dapat Anda baca ketika melaksanakan takbiratul ihram secara lisan dan di dalam hati. Berikut merupakan bacaan niat sholat dhuha. 

Baca Juga:  Doa Nabi Ibrahim kepada Allah SWT Semasa Hidupnya

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatadh dhuhaa rak’ataini mustaqbilal qiblati adaan lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah memahami niat sholat dhuha, jangan lupa bahwa sholat dhuha juga memiliki doa yang dianjurkan untuk Anda baca ketika selesai melaksanakannya. Doa ini berguna untuk mendatangkan rezeki yang barokah. Berikut adalah bacaan doanya:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Arab latin: Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa a bahaa uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrata qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka.

Allahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assaran fayassirhu, wa in kaana haraaman fa tahrir wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.

Ya Allah, jika rezeki masih di atas langit, turunkanlah, dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang shaleh.”

Baca Juga:  Doa Meluluhkan Hati Seseorang dan Cara Mengamalkannya

Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha

Setelah memahami bagaimana niat sholat dhuha hingga doa setelahnya, kini Anda akan mengetahui berbagai keutamaan sholat ini yang baik bagi diri. Mulai dari keutamaan di dunia hingga akhirat. Berikut ini adalah beberapa keutamaan sholat dhuha yang perlu Anda ketahui: 

1. Dilancarkan Pintu Rezeki

Keutamaan shalat dhuha yang pertama adalah akan lancar segala rezekinya selama di dunia. Hal tersebut tercantum dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Ahmad dan berbunyi: 

اِبْنَ آدَمَ ، اِرْكَعْ لِيْ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: “Wahai anak Adam, rukuklah untukku empat rakaat di permulaan hari (pagi), maka AKu akan mencukupimu di sisa harimu”. (HR. Ahmad).

2. Sebagai Pengganti Sedekah

Sholat sunnah dhuha juga memiliki keutamaan sebagai pengganti sedekah. Diketahui dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, bahwa ketika pagi hari umat Islam harus untuk memberi sedekah. Tidak harus dalam berupa harta, namun sedekah bisa Anda lakukan dalam bentuk ibadah. 

Beberapa ibadah yang bernilai sedekah tersebut antara lain adalah berdzikir karena Allah SWT dan melaksanakan sholat dhuha. Niscaya, sedekah yang Anda lakukan akan menghindarkan diri dari kejahatan yang ada. 

3. Dijauhkan Dari Kelalaian

Lalai merupakan sifat manusia yang sangat merugikan. Namun, sifat tersebut seringkali melekat pada tubuh kita. Dengan menjalankan sholat sunnah Dhuha dengan niat, ternyata akan menjauhkan Anda dari sifat lalai tersebut. Hal tersebut tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani.

Dalam hadis tersebut, disampaikan bahwa dua rakaat shalat dhuha akan membuat Anda tidak tertulis sebagai golongan orang yang lalai. Empat rakaat dhuha akan membuat Anda tertulis sebagai ahli ibadah. Sedangkan enam rakaat dhuha akan menyelamatkan Anda di hari itu.

Baca Juga:  Doa Penutup Majelis dan Hikmahnya bagi Seorang Muslim

4. Mendapat Pahala Setara Haji dan Umrah

Shalat sunnah dhuha juga memiliki keutamaan lain, yaitu mendapatkan pahala setara ibadah haji dan umrah. Bisa kita ketahui bahwa, ibadah haji dan umrah merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan kemampuan tersendiri dari segi biaya dan fisik. 

Apabila Anda masih belum mampu melaksanakannya, Nabi Muhammad SAW memberitahu umatnya bahwa siapapun yang mengerjakan sholat subuh berjamaah lalu berlanjut dengan duduk berdzikir dan menjalankan shalat dhuha setelahnya. Maka, akan mendapat pahala haji serta umroh secara sempurna.

5. Dilimpahkan Tubuh yang Sehat

Keutamaan sholat sunnah dhuha yang terakhir adalah mendapatkan kelimpahan berupa tubuh dan raga yang sehat. Siapa yang tidak menginginkan tubuh yang sehat secara jiwa dan raga? Dengan tubuh yang sehat, maka kita akan bisa beraktivitas dengan baik dan maksimal. 

Sholat dhuha dapat Anda laksanakan ketika datang cahaya pagi hari. Beberapa ilmuwan menyampaikan bahwa cahaya pagi hari memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari mengatasi masalah otot hingga perkembangan anak dan remaja.

Sudah Laksanakan Sholat Dhuha untuk Kebaikan Diri?

Sekian penjelasan mengenai niat sholat dhuha, doa setelahnya, dan keutamaannya. Menjalankan sholat dhuha merupakan suatu amalan yang memiliki banyak sekali keutamaan. Selain keutamaan di atas, sholat dhuha akan menjadi jalan agar Anda mendapat istana di surga dan pengampunan dosa.

Niat sholat ini juga dapat Anda baca setiap dua atau empat rakaat salam. Adapun anjuran surat pendek yang bisa Anda baca setelah membaca Al-Fatihah adalah surat Ad-Dhuha. Mari rutin melaksanakan sholat sunnah dhuha mulai dari dua rakaat setiap hari dan bertambah seiring dengan berjalannya waktu!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait