FUP IndiHome 2023 Sesuai Paket Yang Digunakan & Cara Ceknya

Solaeman Nur Rahman

FUP IndiHome

AKURATNEWS – Sebagai pengguna Indihome, mungkin masih banyak dari kalian belum mengetahui batas FUP Indihome. Dimana Indihome memberlakukan batasan penggunaan internet sesuai dengan paket yang kalian gunakan. Maka dari itu sebagai pengguna Indihome, kalian harus tahu cara cek dan batas FUP pada paket internet Indihome. Dengan mengikuti ulasan artikel ini, kalian akan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut.

FUP yang merupakan kepanjangan dari Fair Usage Policy jika diartikan yaitu batas ketentuan pemakaian wajar, adalah suatu batasan yang telah ditentukan oleh pihak Indihome. Dimana adanya penerapan aturan tersebut untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Dalam artian, pihak Indihome memberlakukan hal tersebut sebagai antisipasi penyalahgunaan seperti RTRWNET atau paralel.

Karena sudah banyak pengguna Indihome yang melakukan paralel dari rumah pribadi ke tetangga lain. Sehingga akan menyebabkan jaringan dan koneksi internetnya menjadi lemot. Maka dari itu, kita akan menjelaskan mengenai FUP Indihome, karena masih banyak pengguna Indihome yang kurang memahami maksud dari Mbps. Dimana Mbps sendiri bisa diartikan sebagai kecepatan akses internet.

Ketika kalian menggunakan paket internet Indihome dengan kecepatan 10 Mbps, maka tidak semua orang yang ada dalam satu rumah mendapatkan kecepatan yang sama yaitu 10 Mbps. Dimana jika dalam satu rumah 5 orang menggunakan koneksi internet yang sama, maka dari 10 Mbps ini kalian bagi menjadi 5 orang. Berarti setiap orang hanya mendapatkan kecepatan akses internet Indihome 2 Mbps saja.

Pengertian Tentang FUP Indihome

Pengertian Tentang FUP Indihome

Yang sudah lama berlangganan Indihome, pasti sudah tahu pengertian dari FUP. Akan tetapi, mungkin masih banyak juga dari mereka yang masih mempertanyakan arti dari FUP pada Indihome. Agar kalian memahami hal tersebut, pada artikel ini kita akan mengulasnya secara jelas. Tidak hanya menjelaskan tentang pengertiannya saja, kita juga akan menjelaskan cara cek FUP Indihome.

Baca Juga:  192.168.100.1 Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP /Laptop

FUP (Fair Usage Policy) merupakan suatu kebijakan penggunaan normal saat menggunakan layanan internet Indihome. Dimana sistem tersebut ditetapkan untuk memastian kalian tidak menggunakan internet secara berlebihan. Jika kalian menggunakannya secara terus menerus, maka kecepatan internet kalian akan mengalami penurunan kecepatan. Karena sudah mencapai batas penggunaan normal paket internet.

Besaran FUP Indihome tergantung pada paket internet yang kalian gunakan, dimana untuk besaran FUPnya sendiri berbeda-beda satu sama lainnya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk kalian mengetahui mengenai batas FUP. Dimana Indihome tidak hanya menerapkan 1 batasan FUP saja pada setiap paket internetnya. Melainkan juga menerapkan 2 FUP di setiap paketnya, terkecuali untuk paket dengan kecepatan 100 Mbps.

Lebih jelasnya, kecepatan internet yang kalian dapatkan bisa turun hingga 2 kali lipat, jika kalian menggunakan internet secara berlebihan dan melewati batas FUP. Biasanya penurunan kecepatan akan langsung ter-reset pada bulan berikutnya. Nah, maka dari itu kalian harus perhatikan 2 batas FUP Indihome agar terhindar dari penurunan kecepatan internet. Untuk lebih memahaminya, kalian bisa melihat penjelasan dibawah ini.

Daftar FUP Indihome Terbaru 2023

Daftar FUP Indihome Terbaru 2023

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara mengecek batasan penggunaan pada paket internet Indihome. Dibawah ini kita akan membagikan daftar FUP yang terdapat pada Indihome. Dengan mengetahuinya, tentu kalian bisa membatasi penggunaan internet agar tidak berlebihan yang akan mengakibatkan kecepatan internet menjadi menurun. Berikut ulasannya :

1. Kecepatan 10 Mbps

Yang pertama pihak Indihome menyediakan layanan kecepatan internet dengan FUP kecepatan 10 Mbps dan perkiraan FUPnya yaitu 350-400 GB. Dimana ketika kalian menggunakan internet melebihi 300 GB maka kecepatan akan langsung menurun menjadi 75% atau dengan kecepatan 7.5 Mbps saja.

Akan tetapi jika kalian menggunakan internet melebihi 400 GB, maka kecepatan internet yang bisa kalian dapatkan menjadi 40% atau sekitar 4 Mbps saja. Oleh karena itu, kalian harus menggunakan internet dengan pemakaian wajar dan tidak berlebihan.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
300 GB
7.5 Mbps
FUP 2
400 GB
4.0 Mbps

2. Kecepatan 20 Mbps

Jika kalian memilih untuk menggunakan kecepatan internet 20 Mbps, maka kalian akan mendapatkan kuota internet sebanyak 500 GB – 800 GB. Untuk batas FUP Indihome yaitu ketika kalian menggunakan melebihi batas 500 GB, maka akan terjadi penurunan kecepatan sebanyak 75% dengan kecepatan hanya 15 Mbps. Akan tetapi jika melebihi penggunaan 800 GB maka akan mengalami penurunan sebanyak 40% dengan kecepatan 8.0 Mbps saja.

Baca Juga:  Apa Itu Telkomsel Paylater? Cara Daftar, Menggunakan, & Mencairkan
Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
500 GB
15 Mbps
FUP 2
800 GB
8.0 Mbps

3. Kecepatan 30 Mbps

Untuk kecepatan 30 Mbps, batasan FUP yang diberlakukan yaitu ketika pemakaian kalian melebihi dari 700 GB – 1.200 GB. Dalam artian, dimana ketika menggunakan internet lebih dari 700 GB, maka FUP pertama mengalami penurunan hingga 75% dengan kecepatan 22.5 Mbps. Jika penggunaan melebihi 1.200 GB, batas FUP keduanya hanya mendapatkan kecepatan 12 Mbps saja, karena terjadi penurunan sebanyak 40%.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
700 GB
22.5 Mbps
FUP 2
1.200 GB
12 Mbps

4. Kecepatan 40 Mbps

Paket yang satu ini juga memiliki batas 2 FUP, dimana untuk FUP pertama penggunaan melebihi 900 GB, akan mengalami penurunan hingga 75% dengan kecepatan 30 Mbps. Untuk batas FUP keduanya yaitu 1.600 GB dengan penurunan kecepatan internet sebanyak 40% dan hanya bisa mendapatkan kecepatan sebanyak 16 Mbps saja.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
900 GB
30 Mbps
FUP 2
1.600 GB
16 Mbps

5. Kecepatan 50 Mbps

Bagi kalian yang sering menggunakan internet ataupun download dengan jumlah yang besar. Tentunya akan membutuhkan batas FUP Indihome yang besar juga. Dimana pada Indihome terdapat pilihan paket mencapai 1.200 GB – 2.000 GB. Dengan menggunakan paket kuota yang ini, tentunya kalian bisa berselancar internet dengan sangat cepat. Akan tetapi paket internet ini juga memiliki batas FUP seperti kolom dibawah ini.

Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
1.200 GB
37.5 Mbps
FUP 2
2.000 GB
20 Mbps

6. Kecepatan 100 Mbps

Untuk paket terakhir yang ada di layanan Indihome, mereka menawarkan layanan kecepatan internet mencapai 100 Mbps. Dimana kalian akan mendapatkan kuota internet sebanyak 2.000 GB. Jika penggunaan kalian melebihi kuota internet tersebut, maka kecepatan akan menurun menjadi 50 Mbps.

Baca Juga:  5 Cara Restart Wifi Indihome di HP dan Laptop Dengan Mudah
Pemakaian InternetKecepatan Setelah FUP
FUP 1
2.000 GB
50 Mbps

Berdasarkan penjelasan diatas, jika kalian sudah mencapai batas pemakaian wajar atau FUP yang pertama, maka kecepatan internet akan mengalami penurunan sebanyak 25%. Namun, jika penggunaan telah mencapai FUP yang kedua, maka akan mengalami penurunan sebanyak 60%. Oleh sebab itu, jika kalian ingin selalu berselancar internet dengan lancar, kalian tidak boleh menggunakannya secara berlebihan.

Cara Cek FUP Indihome di Ponsel

Cara Cek FUP Indihome di Ponsel

Kalian dapat mengecek langsung FUP Indihome melalui perangkat ponsel yang digunakan. Cara ini berlaku untuk semua perangkat baik untuk pengguna Android, iOS, ataupun PC. Sebelum mengeceknya, kalian harus pastikan sudah berlangganan Indihome dan mempunyai nomor jaringannya. Berikut ini cara yang harus dilakukan utuk cek FUP pada Indihome.

1. Cek FUP melalui Aplikasi MyIndihome

Yang pertama, kalian bisa cek FUP melalui aplikasinya, silahkan download terlebih dahulu MyIndihome melalui toko resmi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti :

  • Silahkan download aplikasinya.
  • Buka aplikasi MyIndihome.
  • Login akun.
  • Selanjutnya, kalian klik ikon titik tiga yang ada dibagian Internet.
  • Lalu, kalian pilih Lihat Penggunaan.
  • Jumlah penggunaan FUP paket Indihome akan langsung ditampilkan.

2. Cek FUP Melalui Website

Selain bisa cek FUP Indihome melalui aplikasinya, kalian juga bisa cek FUP melalui situs website Indihome. Langkah-langkahnya, sebagai berikut :

  • Yang pertama, buka browser pada perangkat masing-masing.
  • Silahkan masuk pada laman Indihome https://www.indihome.co.id/.
  • Login akun.
  • Langsung saja kalian klik menu Lihat Rincian pada paket Indihome yang kalian gunakan.

3. Cek FUP Melalui SMS

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui FUP paket internet Indihome yaitu melalui SMS. Langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu :

  • Pertama, kalian buka aplikasi Message/ SMS/ Pesan.
  • Selanjutnya, silahkan kalian buat pesan baru.
  • Dalam pesan baru, kalian tuliskan format ini ( ISPIHKode Area + Nomor Telepon IndiHome ).
  • Jika sudah ditulis, silahkan kirim langsung ke 98108.

Untuk cara cek FUP Indihome melalui SMS, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 350 setiap SMS yang dilakukan. Jadi ketika ingin mengirimkan pesan tersebut, kalian harus pastikan pulsa mencukupi.

Penutup

Itu saja penjelasan tentang FUP Indihome terbaru 2023. Semoga ulasan ini bisa kalian pahami dan membantu kalian mengetahui batas FUP pada paket internet Indihome yang kalian gunakan. Dengan begitu, kalian tidak akan kaget saat kecepatan internet menjadi menurun dan tiba-tiba terjadi lemot. Maka dari itu, untuk pemakaian internetnya tidak boleh berlebihan. Terimakasih!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait