Hari Koperasi Nasional

Gebyar 72 Tahun Koperasi, Bupati Sidoarjo: Harus Reformasi Total

Bupati Saiful Ilah didampingi Kepala DKUM, M. Ainur Rahman saat menyerahkan santunan kepada salah seorang warga kurang mampu dalam acara pembukaan "Gebyar 72 Tahun Hari Koperasi Nasional" di Prambon, Sidoarjo. (Foto: Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian, tak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata. Namun, menyangkut persoalan mindset dan juga, perubahan dalam sistem tata kelola.

Demikian sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI yang disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat membuka acara "Gebyar 72 Tahun Hari Koperasi Nasional", digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Sidoarjo di Lapangan Desa Prambon, Sidoarjo, Kamis (18/7/2019).

"Maka, koperasi harus reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan saat ini, " Sambungnya.

Mengingat, lanjut bupati, era digitalisasi dan Artificial Intelligence (AI) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.

"Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan 71 tahun Koperasi Nasional setahun lalu, Menkop dan UKM melaksanakan reformasi total rentang lima tahun terakhir ini, mendorong koperasi beradaftasi dan bertransformasi menghadapi lingkungan yang berjalan dinamis, yakni melakukan re-orientasi, rehabilitasi dan pengembangan, "ujarnya.

Karena itu, tambahnya, perlu disiapkan insan koperasi yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam menata organisasi serta strategi bisnisnya.

"Untuk itu, saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi - aplikasi bisnis lainnya, " Imbuhnya.

Berkaitan hal tersebut, Bupati Saiful Ilah berharap, gerakan koperasi dapat merangkul generasi milenial yang kini jumlahnya mencapai sepertiga penduduk Indonesia.

"Untuk menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya, mari kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan bersama guna memajukan pemerataan kesehahteraan masyarakat Indonesia, " Ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Saiful Ilah juga menyerahkan penghargaan berupa tropi dan uang pembinaan bagi lima Koperasi Wanita (kopwan) Berprestasi di Sidoarjo dan santunan untuk warga kurang mampu.

Berikut ini, Kopwan Berprestasi di Sidoarjo : 1. Kopwan "Sakinah" Prambon; 2. Kopwan "Sri Rejeki" Krian; 3. Kopwan "Amanah" Sidoarjo; 4. Kopwan "Khadijah" Candi dan 5. Kopwan "Kartini" Tarik.

Selanjutnya, dihubungi terpisah, Kepala DKUM Sidoarjo, HM. Ainur Rahman menjelaskan, acara "Gebyar 72 Tahun Hari Koperasi Nasional" di Prambon ini, 18 - 28 Juli 2019, dimaksudkan untuk lebih menyemarakkan Hari Koperasi Nasional, dengan tujuan memberikan kesempatan sejumlah koperasi dan UKM memasarkan produknya serta menghibur masyarakat Sidoarjo.

"Ada 40 stan tenda pameran terpasang dan satu panggung hiburan di lokasi acara yang akan berlangsung mulai sekarang hingga 28 Juli, "cetusnya.

Disinggung soal lima Kopwan berprestasi, Ainur menyebutkan, kelima koperasi itu memang layak menyandang predikat tersebut.

"Selama tiga bulan sebelumnya, tim melakukan penilaian pada banyak Kopwan se-Sidoarjo, mulai pengelolaan sampai administrasinya, diputuskan kelima Kopwan itu yang dinyatakan terbaik, "terang Mantan Camat Sukodono ini.

Dalam acara pembukaan tersebut, dihadiri pula oleh Asisten II Setda, Benny Airlangga, Kepala Disperindag, Tjarda, Camat Prambon, Ainun Amalia dan jajaran pejabat Pemkab Sidoarjo lainnya.*

Baca Juga