Gencatan Senjata Berakhir, Turki Hancurkan Komunis YPG Kurdi

Serangan udara Turki yang menghancurkan basis pertahanan Komunis YPG Kurdi. (foto: Reuters)

Ankara, Akuratnews.com - Sejumlah besar pasukan Rezim Sosialis Suriah Assad serta milisi Sekutu Syiah dari Luar negeri dan Kelompok Komunis YPG Kurdi terbunuh dan ditangkap dalam pertempuran sengit dengan Pasukan Turki TSK dan Pejuang pembebasan Suriah SNA. Tentara Turki dan pasukan pejuang SNA merebut 48 desa dalam 24 jam terakhir.

Sementara 6 tentara Rezim Sosialis Assad SAA dan sekutunya Milisi Syiah-IRGC-Hezbolla & 15 teroris Komunis YPG-SDF terbunuh, lebih dari 10 juga terluka, 5 NSTV, 6 BMP dan 4 truk hancur.

Pejuang SNA yang didukung Turki mengklaim menguasai desa-desa di sebelah timur ke Ras Al Ain: Jan Tamr Sharqi dan Gharbi, Merkis Harb, Abah, Tel Baidar, Tal Qortal, Madabaa, Bab al-Khair, Daoudia, Al-Maqsaa, Al-Muharrama, Bairir.

Dalam pertempuran, Tank Tentara Turki menembaki target tentara Rezim SAA dan SDF di depan Tall Tamr. Tank Turki dengan Leopard2A4 maju ke desa di sebelah timur Ras al-Ain. Laporan mengatakan banyak tentara tentara pro-Assad ditangkap. Sekitar 12 tentara Rezim SAA telah ditangkap hari ini oleh Turki-SNA.

Dalam bentrokan di Tel Tamar, sekelompok pejuang pasukan pro-Assad ditangkap oleh SNA yang didukung Turki. Pertempuran ini adalah bentrokan pertama antara tentara Suriah Rezim Sosialis Assad yang membantu kelompok Komunis YPG Kurdi dengan pasukan Turki di Suriah timur laut.

Pejuang SNA yang didukung Turki menangkap 14 milisi pro-Assad, termasuk komandan, di garis Tel Temr di selatan Ras Al Ayn. Bentrokan sengit antara SDF/YPG, pasukan pemerintah Assad Suriah melawan militer Turki & kelompok-kelompok bersenjata yang berafiliasi di dekat desa Arisha, antara Ras al-Ain dan Tal-Tamr,

Rumah sakit di wilayah itu Kedatangan 6 cedera kritis tentara Rezim Assad SAA ke Rumah Sakit Tal-Tamr. Pejuang SNA juga mengambil kendali atas desa Amayr dan Hamash dalam kampanye Ras Al Ain. Pejuang SNA yang didukung Turki merebut desa Matmura dan Dede Abdal di timur Ras Al Ayn.

Pejuang Pembebasan Suriah SNA yang didukung Turki mengendalikan desa-desa Quseir, Asadiyeh, Bir Nouh, Mazraat Qrubit, Khirbet Al Khadraa, Qatof, Kamp Qatif Utara, Selatan dan Tengah, Tal Diab, Halaywa, Luthi, Alok Sharqi, Khirbet Hameed, Dallah, dan Halawa on Sumbu Ras Al Ain.

Tentara Turki dan Pejuang SNA juga telah merebut Al-Yaqudiyah, Jamalo, Al-Dawudiyah, Al-Mubarakiyah dari SDF/YPG. Tentara Turki dan pejuang SNA juga telah merebut Umm Ashba.

Di kota Rasul Ayn yang telah direbut sebelumnya, pencarian, investigasi dan survei yang dilakukan oleh unit-unit tentara Turki menemukan sebuah terowongan baru dari jaringan terowongan yang digunakan oleh Komunis YPG Kurdi/SDF.

Militer Turki hari ini memanggil atase militer AS ke markas besarnya setelah seorang tentara Turki tewas di zona aman Suriah karena serangan mendadak YPG/SDF.

Delegasi militer tinggi Rusia akan datang ke Ankara besok. Pasukan Perancis dan Inggris ikut meninggalkan wilayah Suriah Utara.

Sementara itu konvoi militer Amerika Serikat kembali memasuki Suriah dari Iraq untuk mengamankan ladang-ladang minyak di Suriah seperti yang di perintahkan Presiden AS Donald Trump.

Operasi Mata Air Perdamaian Turki dan Pejuang Pembebasan Suriah (SNA) di Utara Suriah bertujuan untuk Melawan Komunis YPG Kurdi serta Sekutunya dan Menempatkan 3 juta Pengungsi Suriah kembali di Zona Aman. Demikian dilaporkan. (*)

Penulis: Eddy Suroso
Editor:Hugeng Widodo

Baca Juga