Ini Cara Ngabuburit KT&G SangSang Univ. Indonesia Bersama Panti Yatim Indonesia

AKURATNEWS - KT&G SangSang Univ. Indonesia menggelar bakti sosial di Asrama Pemberdayaan Yatim & Dhuafa, Panti Yatim Indonesia, Jakarta, Selasa (4/5).

Sebagai perwakilan dari komunitas, Salma Fathiya Zahrani dan Hanifah Az Zahra mengisi kegiatan ngabuburit dengan mendongeng dan mewarnai.

Sudah memiliki persiapan matang, mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Surabaya yang akrab dipanggil Ipeh menggambar seekor semut dan seekor belalang yang akan menjadi media bercerita.

“Aku gambar ini pake watercolor. Terus di rumah latihan berkali-kali supaya pembawaannya bagus. Tapi pas sampai sini nggak bisa dipungkiri agak gugup juga.” ujarnya usai kegiatan.

Dari gambar yang dibuatnya, dapat ditebak, Ipeh akan mendongeng kisah seekor semut dan belalang. Interaksi pun terjadi setelah Ipeh selesai mendongeng.

Anak yatim yang menonton dapat mengerti dan memahami dengan baik. Selain itu, mereka juga sudah dapat memberikan kesimpulan dan mengambil pelajaran dari kisah tersebut.

Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah mewarnai bersama. Setelah buku gambar dan pensil warna diberikan, anak-anak diminta untuk mewarnai beberapa karakter yang ada di buku tersebut.

Mereka pun menyambutnya dengan antusias. Bahkan, Maulana (5) anak paling muda di Panti Yatim Indonesia, Kebayoran Baru yang awalnya terlihat sangat pemalu menjadi peserta teladan dengan mewarnai tujuh karakter.

Di sela-sela kegiatan, Salma, mahasiswa Broadcasting Universitas Indonesia sempat bertanya-tanya kepada anak yatim tentang keseharian mereka.

Salah satu diantara mereka mengatakan selama pembelajaran daring, mereka secara bergantian menggunakan komputer yang tersedia untuk mengerjakan tugas sekolah.

Menyadari kondisi itu, KT&G SangSang Volunteer Indonesia memberikan donasi berupa 1 unit TV LED, medical kit, dan alat pendidikan senilai 5 juta rupiah. Lebih lanjut, direncanakan nantinya komunitas SangSang Volunteer akan memberikan pembelajaran tambahan kepada anak-anak yang ada di Panti Yatim Indonesia, baik offline maupun online.

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, KT&G SangSang Volunteer juga memberikan makanan yang cukup menarik untuk berbuka puasa. Karena makanan yang diberikan disertai dengan mainan anak-anak.

Tidak hanya melakukan bakti sosial di satu tempat, dua belas mahasiswa yang tergabung di komunitas kreatif mahasiswa, KT&G SangSang Volunteer Indonesia juga melakukan bakti sosial di sembilan panti asuhan di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Medan.

Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 6 Mei hingga 9 Mei 2021 mendatang dengan memberikan donasi berupa masker, hand sanitizer, dan makanan.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga