Lebaran 2022

Kawasan Ciawi-Simpang Gadog Macet

Kawasan Ciawi-Simpang Gadog Macet
Kawasan Ciawi-Simpang Gadog Macet

AKURATNEWS - Kepadatan arus lalu lintas masih terjadi di Simpang Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Akibatnya, perjalanan kendaraan roda empat dari perempatan Ciawi sampai Simpang Gadog memerlukan waktu sekitar satu jam, padahal di hari biasa hanya 10 menit.

Dalam pantauan dilokasi pada, Kamis, 5 Mei 2022 pukul 10.05 WIB, kemacetan sudah dimulai sejak Pasar Ciawi sampai Simpang Gadog.

Akibatnya banyak pengendara roda empat yang beristirahat di pinggir jalan.

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor (Satlantas Polres Bogor) memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) dari Puncak, Bogor mengarah ke Jakarta pada Rabu pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 4 Mei 2022.

"Sebetulnya untuk one way sendiri kami berlakukan secara situasional, namun tadi saat ini untuk one way arah bawah itu kami mainkan pukul 14.00 WIB. Prediksi kami, ya kami upayakan secepatnya. Namun prediksi berakhir di pukul 22.00 WIB," kata AKP Dicky Anggi Pranata.

Rabu malam ini, kata Dicky, berdasarkan dari pantauan kamera pengawas (closed circuit television/CCTV) terlihat arus kendaraan dari arah Cianjur, Jawa Barat masih cukup tinggi.

Menurut Dicky, untuk saat ini yang paling efektif dalam mengurai kepadatan tersebut adalah dengan melaksanakan arus lalu lintas satu arah.

"Karena dengan adanya one way ini kami betul-betul fokus, total, melakukan penarikan arus kendaraan," ujar Dicky.

Dicky mengimbau agar pengendara dari arah Jakarta yang tertahan saat pemberlakuan arus kendaraan satu arah agar mengikuti terus perkembangan situasi saat ini yang sifatnya situasional.

Selain itu, pengendara juga diimbau untuk memanfaatkan sejumlah jalur alternatif yang tersedia.

"Besok pagi, karena kami masih memprediksi arus kendaraan yang cukup tinggi, besok pagi pukul 07.00 WIB, kami sudah menyiapkan one way arah atas kembali," tuturnya.***

Penulis: Sumantri Kalimantoro
Editor: Ahyar

Baca Juga