Ketua MA: Kami Melakukan Terobosan Untuk Terus Meningkatkan Kepercayaan Publik

Ketua MA Hatta Ali saat membuka pameran hukum

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengatakan pihaknya telah melakukan inovasi dalam bidang teknologi dan informasi demi menunjang penegakan di bidang hukum dan peningkatan pelayanan publik.

"Kami melakukan terobosan ini untuk terus meningkatkan kepercayaan publik," kata Hatta Ali saat membuka Pameran Kampung Hukum 2017 di Gedung Mahkamah Agung Jakarta, Kamis (9/2/2017).

MA dan satuan kerja di bawahnya telah melakukan pengembangan Sistem Informasi Pengawasan (Siwas), penerapan aplikasi penghitungan panjar biaya perkara (e-SKUM), penerapan audio to text recording (ATR), pengembanga fitur e-Exam sebagai bagian dari peningkatan fungsi E-Learning (Elmari), dan penerapan Sistem Peradilan Pidana Terpadu (SPPT).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Konstitusi Ridwan Mansyur mengatakan, pameran Kampung Hukum ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi lembaga negara dan lemabaga penegak hukum termasuk Mahkamah Agung, dalam memperkenalkan inovasi yang telah dikembangkan kepada publik.

"Inovasi ini merupakan respon terhadap perubahan jaman dan tuntutan reformasi dalam rangka menjalankan kebijakan strategis pimpinan Mahkamah Agung," kata Ridwan.

Dalam pameran Kampung Hukum yang digelar di pelataran Mahkamah Agung tersebut, tercatat sebelas lembaga dan institusi hukum turut berpartisipasi.

Sebelas institusi dan lembaga tersebut adalah; Majelias Permusyawaratan Rakyat (MPR), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Ombudsman RI.

Sebelas lembaga dan institusi bidang hukum ini turut memperlihatkan inovasi yang sudah mereka kembangkan untuk menunjang penegakkan hukum.

"Inovasi yang dikembangkan oleh lembaga dan institusi peserta pameran ini nantinya dapat bersinergi dengan MA," kata Hatta. (Fajar)

Penulis:

Baca Juga