KIPP Sayangkan Keputusan KPU Tunda Penetapan DPT

Jakarta, Akuratnews.com - Komite Independen Pengawas Pemilu (KIPP) menilai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum siap untuk menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 mendatang. Hal ini terlihat dari penundaan penetapan DPT oleh KPU.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KIPP Indonesia Kaka Suminta, menyayangkan hal itu terjadi. Menurutnya, DPT merupakan basis dan jaminan terpenuhinya hak konstitusional warga negara dalam pemilu. Sehingga harus disusun dan disajikan oleh KPU secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Ini menandakan ketidaksiapan KPU untuk menyusun DPT yang akurat dan final," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh Akuratnews.com, Kamis (6/9/2018).

"KPU bukan hanya tidak handal dan akurat, tetapi juga menimbulkan masalah, ketika di lapangan tak dapat digunakan secara utuh dan final, sebagaimana dilaporkan di berbagai daerah," sambung dia.

Selain itu, KIPP juga menyayangkan sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu seharusnya mengatasi masalah ini secara berjenjang dalam setiap tingkatan wilayah dibawah yuridiksi pengawasan Bawaslu.

Sebelumnya, Bawaslu menyampaikan, adanya angka pemilih ganda yang mencapai 130 ribu pemilih. "Dimana ini menunjukkan ada masalah dalam keakuratan data DPT," terang Kaka.

Kata Kata, KIPP menilai penundaan penetapan DPT ini dapat menimbulkan masalah kepercayaan publik atas penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan berintegritas. Sehingga diharapkan Bawaslu dapat mengawal setiap tahapan, termasuk penetapan DPT secara berjenjang dan berkelanjutan.

"Tidak hanya menunggu di saat penetapan DPT atau penetapan lainnya oleh KPU," tukasnya.

Bukan hanya itu, KIPP menyarankan KPU dan Bawaslu menjalin dialog yang lebih produktif, karena selain soal penundaan penetapan DPT juga masih ada persoalan lain seperti soal pencalegan yang menyeret debat publik yang berkelanjutan dan problematik.

Meskipun menyayangkan kejadian ini, KIPP tetap berharap kepada KPU agar penundaan penetapan DPT ini dapat memastikan tersusunnya DPT yang akurat. Selain itu juga menjamin bahwa penundaan ini tidak berakibat secara negatif untuk pelaksanaan tahapan dan program Pemilu 2019 yang sedang berjalan. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga