LSM LMR-RI Datangi Kejari Sinjai, Lapor Dugaan ‘Mark Up’ Proyek SPAM Perkotaan

Ketua Komda LMR-RI Sinjai, A. Bahar Dinata, SE (topi putih) menyerahkan bukti laporan ke Staf Seksi Intelijen Kejari Sinjai, Ali WP. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Pimpinan Komisariat Daerah Sinjai Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia Badan Hukum Untuk Negara dan Masyarakat (LMR.RI-BPH. NMS) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (12/8/2021).

Kedatangan lembaga kontrol Sinjai yang diketuai A. Bahar Dinata ini, guna melaporkan PT Ronald Primatama yang diduga kuat melakukan mark up pada proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Perkotaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sinjai tahun 2019.

Bahar mengatakan, proyek yang menelan anggaran sebesar Rp10 milyar lebih yang bersumber dari APBD Sinjai itu, ditemukan kuat terindikasi adanya kerugian keuangan negara yang jumlahnya milyaran.

"Lokasi pekerjaan oleh PT Ronald Primatama ini terletak di Kecamatan Sinjai Utara. Hasil investigasi kami di lapangan ditemukan pengadaan jaringan pipa dan pemasangannya dengan mutu SDR,17 (PN 10) dimensi (OD 250 mm, ND 10 inci) diduga kuat terjadi mark up," ungkapnya.

Lanjut dijelaskan bahwa hasil hitungan analisa sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 28/PRT/M/2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Cipta Karya, ditemukan kuat dugaan mark up berdasarkan analisa yang tercantum dalam isi RAB.

"Jadi hasil laporan perbandingan analisa, kami menemukan dugaan kuat terindikasi terjadi mark up sebesar Rp2,5 milyar lebih. Dalam laporan ini ke Kejari Sinjai, juga kami lampirkan RAB hitungan analisanya," tutupnya.

Atas laporan dugaan tindak pidana tersebut, Kepala Kejari Sinjai melalui Staf Seksi Intelijen, Ali WP telah menerima laporan dari Komda Sinjai LMR.RI-BPH. NMS

"Berhubung Bapak Kepala Seksi Intelijen Kejari sedang di luar kota, jadi kita tunggu dulu kedatangannya. Nanti setelah itu baru kita mintai keterangan lengkap dari beberapa pihak," pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga