Mencari ‘Karya Sang Juara’ di Nusantara Virtual Band Competition 2020

Jakarta, Akuratnews.com - Masa pandemi Covid-19 melumpuhkan nyaris semua aktivitas. Termasuk aktivitas para pegiat seni, khususnya musisi. Mayoritas mereka kehilangan pekerjaan.

Berangkat dari hal ini, CHK Entertainment bakal menggelar kompetisi band terbesar di Indonesia bertajuk 'Nusantara Virtual Band Competition 2020'.

Ricky Kevin, CEO CKH Goup menjelaskan, alasan menggelar kompetisi ini lantaran prihatin nasib band anak-anak muda yang tidak bisa lagi menyalurkan hobi dan kreatifnya lantaran terhambat pandemi Covid-19.

“Kami ingin industri kreatif, khususnya musik hidup lagi agar anak muda kembali berkarya walaupun di tengah pandemi. Dari sana kami create wadah 'Nusantara Virtual Band Competition' ini,” ujar Kevin dalam konfrensi pers virtual, Jumat (7/8).

Nusantara Virtual Band Competition 2020 ini menargetkan seribu band yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Pendaftarannya sudah dibuka di website nusantaravbc.com, sejak 1 Agustus 2020 dan berakhir pada 15 September 2020 mendatang.

“Acara ini juga akan kami daftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI). Kami berharap ini bisa membawa dampak positif anak muda kita selaku generasi penerus bangsa,” pinta Kevin.

Kompetisi ini terbuka untuk band dengan minimal tiga personel, tidak terikat kontrak dengan label musik dan wajib membawakan lagu berbahasa Indonesia.

Nantinya, seluruh peserta akan menjalani tiga tahap seleksi guna menyaring peserta dari 1.000 band menjadi 100 band.

“100 band ini nanti akan kami upload di kanal YouTube CKH Entertaiment untuk berkompetisi,” ujar Alex, project manager CKH di tempat yang sama.

Caranya, setiap band wajib mencari like sebanyak mungkin dari teman maupun dari fans mereka. Hasilnya, sebanyak 10 grup band akan maju ke babak grand final.

“Untuk itu, setiap band sebaiknya tampil sekreatif mungkin, dari segi komposisi lagu, pakaian, musik hingga pendukung penampilan lainnya,” pinta Alex.

Juara pertama nantinya akan mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp50 juta, juara dua sebesar Rp30 juta dan juara 3 memperoleh hadiah Rp20 juta.

Selain uang tunai, juara pertama akan mendapat kontrak eksklusif dari CKH Entertainment dan tampil di berbagai acara CKH Entertainment.

"Sang juara juga berhak mencetak album ‘Karya Sang Juara’," pungkas Kevin.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga