8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar dari Kegelisahan

Makin Rajin

Doa Agar Hati Tenang

Padatnya aktivitas harian dapat memicu stres pada setiap orang, apalagi tidak semua peristiwa atau hal yang terjadi berada dalam kontrol diri. Ada kalanya hal-hal berjalan tidak sesuai dengan kehendak yang Anda inginkan. Jika sudah demikian, maka senjata berupa doa agar hati tenang harus segera dikeluarkan.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berdoa mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran lebih tenang. Hal ini sangat wajar terjadi karena doa menjadi “makanan” bagi rohani dan ketenangan merupakan salah satu kunci hidup bahagia.

8 Doa Agar Hati Tenang dan Hidup Lebih Baik

Ada kalanya banyak hal-hal kurang menyenangkan yang menghantam kehidupan dan Anda hanya punya dua pilihan, yaitu lari atau menghadapinya. Namun, sebagai umat Muslim yang baik, Anda harus bisa menghadapinya dengan penuh keberanian. Nah, agar hati tetap tenang, berikut ini bacaan doa yang bisa ucapkan:

1. Doa Penenang Hati Membersihkan Pikiran Kotor

Setan sangat mudah menghasut manusia melalui akal muslihatnya. Tak heran manusia menjadi tak segan untuk berpikiran kotor, negatif, dan hal-hal yang akan merugikan orang-orang di sekitarnya. Untuk menjadikan hati senantiasa tenang di kala pikiran yang kotor, Anda bisa melafalkan doa berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

 Allahumma inni a’udzu bika min munkarootil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa

Artinya: 

Baca Juga:  Sholawat Tibbil Qulub, Teks Arab & Terjemahan, serta Keutamaannya

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, perbuatan, dan hawa nafsu yang buruk.”

2. Doa Memohon Ketenangan dan Keberkahan

Apabila hati Anda senantiasa tenang, maka Anda akan mudah untuk memikirkan segala sesuatu secara positif. Bahkan, Anda juga akan mudah mendapatkan keberkahan dari Allah atas segala aktivitas yang dilakukannya. 

Berikut ini adalah doa agar hati tenang dan mendapatkan banyak keberkahan yang berasal dari Surat Ad-Dhuha.

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ

Wad-duhaa, wal-laili izaa sajaa, maa wadda’aka rabbuka wa maa qalaa, wa lal-aakhiratu khairul laka minal-ulaa, wa lasaufa yu’tika rabbuka fatardhaa

Artinya: 

“Demi waktu duha (ketika matahari sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu. 

Dan sungguh yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. Dan sungguh kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau menjadi puas.”

3. Doa Supaya Tenang dan Sabar

Saat dilanda cobaan dalam hidup, Anda perlu bersabar dan tetap tenang dalam menghadapinya. Meski tidak mudah, apabila Anda bisa melewatinya, maka akan ada pahala besar yang menanti. Berikut ini adalah bacaan yang bisa Anda lafalkan sebagai penguat kesabaran:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana minladunka rahmatan innaka antal wahhab

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong sesat setelah Engkau beri petunjuk kepada kami. Karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi kepada orang-orang mukmin.” (QS. Ali ‘Imran, ayat 8)

4. Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar dari Perasaan Galau

Apakah Anda kerap merasakan kegalauan yang menyiksa? Jika iya, maka itu artinya Anda perlu membekali diri dengan doa di bawah ini agar hati senantiasa tenang dan terhindar dari rasa galau. Doa ini juga merupakan bacaan yang senantiasa dilantunkan oleh Nabi Musa di kala menghadapi Firaun.

Baca Juga:  2 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Amalan dan Keutamaannya

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri, wayassirli amri, wahlul uqdatam millisani yafqahu qauli

Artinya:

“Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah simpul dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaha, ayat 25-28)

5. Doa Terhindar dari Kecemasan

Saat berada di momen yang tidak sesuai dengan ekspektasi, rencana tidak berjalan lancar, atau sesuatu terjadi tanpa mampu diprediksi, mungkin Anda akan lebih cepat merasa cemas. Agar cemas tersebut tidak berubah menjadi perasaan negatif, maka Anda perlu mengelola hati agar senantiasa tenang dengan membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penghinaan manusia.”

6. Doa Agar Hati Tenang dan Merasa Cukup

Sebagai manusia yang diciptakan dengan bekal hawa nafsu, mungkin Anda pernah merasa tidak pernah puas akan karunia yang Allah berikan. Alhasil, Anda selalu merasa kurang cukup dan hati menjadi gelisah. Oleh karena itu, berikut adalah doa yang bisa Anda panjatkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ‘atho-ika

Artinya:

Baca Juga:  Doa Naik Kendaraan Laut, Udara Dan Darat Yang Harus Hapal

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang dengan-Mu, yang percaya pada pertemuan dengan-Mu, dan yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang puas dengan pemberian-Mu.” (HR. Thabrani)

7. Doa Mendapat Ketenangan dan Kemudahan Atas Segala Urusan

Jika Anda belum menemukan jalan keluar yang tepat untuk permasalahan yang dimiliki, maka Anda bisa melafalkan doa agar hati tenang berikut sebanyak mungkin:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlili syani kullahu lailaha illa anta

Artinya:

“Ya Allah, rahmat-Mu lah yang aku harapkan, maka janganlah Engkau serahkan beban kepada diriku sendiri sedetik pun. Dan perbaikilah seluruh urusanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”

8. Doa Agar Hati Senantiasa Tenang

Hati yang tenang menjadi kunci kenyamanan dalam menjalankan segala aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa mengamalkan doa yang membuat hati tenang berikut ini:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya:

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kepada kami kesabaran, dan teguhkanlah langkah-langkah kami, dan menangkanlah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al-Baqarah, ayat 250)

Coba Amalkan dan Hafalkan Doa Agar Hati Tenang, Yuk!

Kedelapan doa agar hati tenang di atas dapat Anda hafalkan sesuai dengan kebutuhan. Hal yang terpenting adalah selalu yakin bahwa ketika seorang hamba bersedia bermunajat kepada Allah, maka akan ada banyak pertolongan di sana. 

Selain itu, memastikan bahwa aktivitas yang dilakukan memang menggiring pada perbuatan positif adalah hal yang penting. Lakukan amalan-amalan yang memang membuat hati tenang seperti berdzikir, sholat, dan membaca Al-Quran agar ketenangan itu senantiasa terjaga.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait