Lestarikan Budaya Nasional

PAC Muslimat NU Selenggarakan Lomba Kebaya Kartini dan Gelar Produk Lokal

Bupati Saiful Ilah bersama para pemenang lomba kebaya Kartini. Tampak pula, Ketua PC Muslimat Sidoarjo, Ainun Jariyah (paling kanan) dan Ketua Panitia, Yuniar Safitri (2 dari kanan) serta Wakil Komisi B DPRD Sidoarjo, Moch. Dhamroni Chudlori (paling kiri). (Foto: Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna melestarikan dan mengembangkan budaya nasional, PAC Muslimat NU Tulangan, Sidoarjo menyelenggarakan "Lomba Kebaya Kartini dan Gelar Produk Lokal" saat memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Kantor Kecamatan Tulangan pada Minggu (18/8/2019) itu dihadiri dan dibuka oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah.

Dalam sambutannya, Bupati Saiful Ilah mengatakan, kebaya merupakan pakaian nasional yang perlu dilestarikan. Serta, produk lokal buatan warga Tulangan terus dikembangkan.

"Saya bangga, digelar lomba kebaya, karena kebaya itu salah satu identitas nasional. Begitu halnya, produk lokal hasil karya warga setempat, dibuat lebih berkualitas untuk dipasarkan secara kompetitif," harapnya.

Hal senada dikemukakan Sekretaris PAC Muslimat NU Tulangan, yang juga Ketua Panitia Penyelenggara, Hj.Yuniar Safitri, lomba kebaya ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa. Lomba ini diikuti 60 kaum ibu dan perempuan dari 26 ranting dan anak cabang Muslimat NU se-Kecamatan Tulangan.

"Sedangkan gelaran produk lokal tersebut, salah satu program PAC Muslimat NU Tulangan di bidang organisasi ekonomi dan tenaga kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC Muslimat NU Sidoarjo, Hj. Ainun Jariyah mengapresiasi dengan memberikan penghargaan atas pelaksanaan kegiatan yang diadakan PAC Muslimat NU Tulangan itu.

"Bila selama ini Muslimat dikenal dengan kegiatan pengajiannya, namun kali ini beda. PAC Muslimat NU Tulangan menggelar lomba kebaya. Saya harap kegiatan ini bisa menginspirasi bagi PAC Muslimat NU lainnya di Sidoarjo," pintanya.*

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga