Dugaan Pelanggaran Kampanye

Panwaslih Aceh Tamiang Temukan APK Berlambang GAM

APK caleg yang diduga bermasalah karena memuat Logo GAM, (Foto dok. Akuratnews.com).

Aceh Tamiang, Akuratnews.com -Penemuan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 milik salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk DPRA Dapil 7 dari Partai Nasional Aceh (PNA) atas Nama Tgk. Rani yang terpasang menggunakan gambar bulan bintang (Lambang Bendera GAM) dan tokoh GAM  Tgk. Muhammad Hasan Ditiro pada Rabu ( 3/4/2019) masih menuai polemik bagi penyelenggara pemilu.

Baliho yang terpasang di salah satu dinding bangunan Ruko milik (Almarhum)  Abdul Jalil, tepatnya di Dusun Peukan Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh hingga saat ini masih berdiri.

Sementara itu, Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Feri Irawan Nst.l, mengatakan, pihaknya telah merespon dengan menegur langsung  Caleg yang bersangkutan,  agar baliho tersebut segera diturunkan namun hingga saat ini belum ada respon apapun.

"Pihak  Panwaslih  Kabupaten Aceh Tamiang juga sudah menyampaikan hal yang sama kepada pihak Gakkumdu setempat, namun sampai saat ini Gakkumdu masih mencari dasar hukum yang tepat untuk menjustice baliho yang diduga bermasalah itu," ungkapnya.

Fery juga mengatakan bahwa pihak Panwaslih tidak berhak untuk menurunkan baliho tersebut, "Kami Panitia Pengawas Pemilu  tidak berhak menurunkan secara sepihak dan hanya melakukan  pendampingan untuk mengawasi jika ada kegiatan  penurunan APK yang dianggap bermasalah atas instruksi  dari Gakkumdu maupun Panwaslu." pungkasnya.

Perlu diketahui, Tgk. Rani adalah salah satu tokoh GAM pada masa Konflik, dengan menjabat sebagai Gubernur GAM di Wilayah Aceh Tamiang.

Penulis: Iqbal
Editor: Redaksi

Baca Juga