Pengerjaan Proyek Jalan Provinsi di MATIM Picu Antrian Arus Mudik Nataru

Antrian Kendaraan pada periode Mudik Natal dan Tahun Baru, terjadi di Kampung Lewe, Kelurahan Bagka Pau Kecamatan Lamba Leda, Matim, Rabu, 22 Desember 2021 || dok. Akuratnews/Yohanes Marto.
Antrian Kendaraan pada periode Mudik Natal dan Tahun Baru, terjadi di Kampung Lewe, Kelurahan Bagka Pau Kecamatan Lamba Leda, Matim, Rabu, 22 Desember 2021 || dok. Akuratnews/Yohanes Marto.

AKURATNEWS - Kemacetan arus lalu lintas sepanjang 1 kilo meter itu terjadi di Lewe, Kelurahan Bagka Pau, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Rabu, 22 Desember 2021, dipicu oleh pekerjaan proyek hotmix pada ruas jalan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) linta Bealaing menuju Mukun dan Mbasang di Kabupaten Manggarai Timur (MATIM).

Aktivitas lalu lintas yang terpantau ramai dan padat di ruas jalan tersebut itu terjadi tepat pada puncak mudik Natal dan Baru. Sejumlah pengendara yang melintas adalah terdiri dari para pelajar, mahasiswa, dan pekerja dari berbagai wilayah di Manggarai Raya yang hendak berlibur natal dan tahun baru di kampung mereka masing-masing.

"Kami datang dari Labuan Bajo, mau pulang libur natal di Lamba Leda. Cape juga karena harus antrian lama di tempat ini sejak pukul 13:00 WITA," ungkap salah satu pengendara yang menyamarkan namanya, Kobus.

Sementara Leo (30), seorang pengendara lain menerangkan, sebelumnya telah terjadi kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tersebut, "Tadi sekitar pukul 13:00 WITA telah terjadi kecelakaan lalu lintas di sekitar ruas jalan yang sedang dikerjakan ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan kecelakaan tersebut dipicu oleh material kerikil HRS pengerjaan hotmix di sepanjang ruas jalan, "Ruas jalan yang sedang dikerjakan ini rawan kecelakaan karena material kerikil berserakan di badan jalan. Sebaiknya pengerjaan proyek hotmix ini untuk sementara dihentikan saja hingga selesai mudik natal dan tahun baru," ungkap Leo.

"Meskipun kita tau lokasi jalan sementara dikerjakan tapi arus lalu lintas menjelang natal dan tahun baru ini sangat padat dan musim penghujan juga kan, jadi badan jalan licin ditambah sisa material kerja bisa jadi pemicu kecelakaan," tambahnya.

Pantauan wartawan, hingga pukul 16:00 WITA belum ada tanda akan dibukanya antrian panjang kendaraan di ruas jalan tersebut.***

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga