Penyebar Hoaks di Facebook Diamankan Polisi

Waspada Hoax
Waspada Hoax

Medan, Akuratnews.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) meringkus seorang terduga penyebar hoaks yang menuding KPU daerah tersebut. Disebutkan bahwa surat suara pasangan calon nomor urut 01 telah dicoblos pihak penyelenggara pemilu.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, tersangka UR telah ditangkap petugas di kediamannya wilayah Jawa Barat (Jabar).

"Akun yang digunakan tersangka untuk menyebar video hoak tersebut adalah akun palsu. Selama ini akunnya selalu berubah-ubah," ujar Nainggolan saat dikonfirmasi wartawan di Mapolda Sumut, Kota Medan, Rabu (20/3/2019).

Dia mengatakan, penangkapan ini dilakukan setelah petugas bekerja keras dan menelusuri pertemanan di akun Facebook tersangka. Menurutnya, tidak mudah mendapati UR, karena perlu menjebaknya terlebih dahulu.

Nainggolan menyebutkan, saat ini tersangka UR telah berada di Polda Sumut, dan dilakukan penahanan. Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoaks itu.

"Kalau motifnya masih diselidiki Polda Sumut," ujar dia.

Sebelumnya, KPU Sumut dan Medan melaporkan video hoaks surat suara paslon 01 sudah tercoblos ke Mapolda Sumut, Minggu (3/3/2019).

Laporan tersebut dibuat karena video itu dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggar Pemilu.

Video hoaks tersebut diketahui di-posting akun Facebook atas nama Muhammad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif.

Komisioner Divisi Advokasi dan Hukum KPU Sumut, Ira Wartati mengatakan, video itu merupakan hoaks pertama yang menyerang KPU Sumut dan Kota Medan.

"Pelaporan ke polisi adalah bentuk pembelajaran kepada masyarakat agar tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum teruji kebenarannya," ujar dia. (Red)

Penulis:

Baca Juga